iklan header

Review jurusan D4 Manajemen Perhotelan Universitas Brawijaya


πŸ“ [NOTULENSI] πŸ“


Disini aku mau jelasin sedikit tentang jurusan Manajemen Perhotelan.
Manajeman perhotelan adalah suatu kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi.

Secara garis besar yang akan dipelajari dijurusan ini adalah keahlian manajerial atau mengatur kegiatan operasional hotel(FO, FnB kitchen, Fnb Service, HK) kemampuan berbahasa asing dan kemampuan mengelola bisnis perhotelan(akuntansi,supervisi atau HRD,marketing)
selain itu juga akan belajar tentang bagaimana cara membuat suatu hotel mulai dari legalitas hukum sampai ke desain.

untuk prospek kerjanya sendiri sangat banyak karna kalian semua pada tahu kan kalau Indonesia sedang gencar melakukan promosi wisata. Jadi lulusan jurusan ini bisa bekerja di hotel, kapal pesiar, maupun ke sektor pariwisata seperti guide, dinas pariwisata atau bahkan pengajar.

Mungkin kalian akan bertanya bagaimana sistem perkuliahannya. Untuk dijurusan ini sistem kuliahnya menganut standar dari Sekolah Tinggi Pariwisata dimana mahasiswa/i nya berkuliah menggunakan seragam, makeup, bahkan beberapa aturan khusus lainnya. walaupun kalian kuliah di kampus manapun pasti aturannya seperti itu. selain itu kampus yang menyediakan jurusan ini akan memfasilitasi lab yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan hotel. Kalau di UB sendiri kita menggunakan UB Hotel untuk lab praktikum. Jadi kita akan belajar berhubungan dengan pengunjung secara langsung.

Di UB jurusan ini masuk ke dalam program Diploma 4 atau D4. Untuk masuk ke jurusan ini kalian bisa mengambil jalur seleksi khusus vokasi (diploma)

Ini Mata Kuliah Semester 2 dan Semester 3 Di Jurusan Ini



πŸ™‹ [TANYA JAWAB] πŸ™‹  



1.     kak mau nanya nih, apa setelah kita mengambil D4 itu uda cukup?? atau masih ngelanjutin lagi ke jenjang sarjana??
udah cukup. D4 itu setara dengan s1. nanti gelarnya pun Sarjana tapi Terapan
kalau untuk aku sendiri gelarnya nanti S.Tr.Par (Sarjana Terapan Pariwisata)
2.     Kenapa kaka minat di manajemen perhotelan?
karena orangnya memang suka travellingπŸ˜‚πŸ˜‚ kan kalau travelling ada pasti ada penginapan. jadi ya ngerasa banyak dibutuhkan
3.     Kak ekstensi ke s2 jur kakak di mana aja ya?
setauku di STP Bali atau Bandung ada s2.
4.     Suka duka Jurusan Kaka?
sukanya jurusan ini itu kita bisa jalan-jalan ke tempat wisata atau hotel-hotel. terus yang dipelajarin juga gak monoton. selain ilmu tentang hotel kita juga belajar bahasa, hukum, desain,komunikasi

dukanya apa yaπŸ˜‚ mungkin kuliahnya gabisa bebas karna harus pake seragam dan jujur aja kuliah dijurusan ini juga harus kuat duitnyaπŸ˜‚πŸ˜‚
5.     Kenapa kakak milih yg d4? Knp ngga s1?
karna kalau di universitas jurusan ini adanya di jenjang diploma aja
d3 atau d4
6.     Kak matkul nya manajemen biasa sama manajemen perhotelan sama engga ? Terus kalo udah lulus  apa harus selalu kerja di perhotelan gitu ?
kurang tau kalau manajemen biasa itu gimana, cuma mungkin basic yang diajarkan akan sama seperti Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,pengawasan
Gaharus di hotel. bisa ke kapal pesiar, atau ke sektor pariwisata, dinas pariwisata, pengajar
7.     Kak maksudnya bahasa asing pilihan itu gmna ka?
bahasa asing pilihan itu bahasa yang emang banyak digunakan di sektor pariwisata atau hotel. pilihan I itu Mandarin, Pilihan II itu Jepang
8.     itu jalurnya kek gimana
jalurnya itu tes tulis pengetahuan umum, bahasa inggris, dan matematika
tapi matematikanya bukan seperti sbm. matematika dasar aja kayak di sekolah
9.     Selain di UB manajemen perhotelan yg bagus dimana ya kak?
setauku manajemen perhotelan adanya di UB dan Unair
10.  Berapa biayanya dan pilihan kak pas seleksi vokasi?
biayanya 300rb dan 3 pilihan jurusan
ada beberapa option
option 1 : D4, d4, d4
2 : D4, D4, D3
3 : D4, D3, D3
4 : D3, D3, D3
11.  Kak manajaemen hotel itu apa ada syarat khusus untuk tinggi badan
ada syarat tinggi badan kalau di UB
untuk jurusan hotel dan bank lakilaki min 160
perempuan min 155
12.  Kak di UB vokasinya ada ngga jalur seleksi nilai raport?
gaada. cuma mandiri aja
oh ya mandiri vokasi gapakai uang pangkal. cuma ukt aja
13.  Vokasi ub bisa lewat bidikmisi atau ngga
bisa kok beberapa temenku ambil BM
14.  Trus beda nya ub yg di kampus kediri sama yang di kampus malang apa
                    beda dari segi fasilitas ajasih sebenernya sama ada beberapa jurusan yang kayaknya cuma ada si UB Malang
15.  Apakah yg tinggi nya kurang dari kriteria itu bisa diterima ka?  πŸ˜‚
kurang tau ya karna emang waktu aku lagi tes tulis itu ada beberapa pengawas yang keliling terus nyuruh berdiri  tegap satu-satu gitu untuk yang ambil jurusan hotel atau bank
kalau mau kepo-kepo jalur apa aja yang ada di UB bisa diliat di selma.ub.ac.id
16.  Kak katanya kalo sarjana itu banyak mempelajari materi, kalo D3 itu banyak praktek bener engga sih ? nah kalo D4 itu gmna ?
 iya bener kalau diploma lebih ke praktik karna kita praktisi sedangkan sarjana itu lebih ke teori karna akademisi   
17.  kak dep, boleh jelasin bedanya d4 sama s1 ngga??
bedanya kalau d4 itu setara sarjana tapi fokus ke praktik , s1 itu murni sarjana dan fokus ke teori
18.  Jadi kak kalo udah lulus D4 terus mau ngelanjutin ke sarjana harus S1 atau langsung S2 ?
kalau untuk s2 murni kurang tau bisa atau gak tapi kalau ke s2 terapan bisa langsung
jenjangnya itu gini
s1  d4
s2  sp 1
s3  sp 2
19. Murni sama terapan itu bedanya apa kak ?
murni itu yang dari s1 kalau terapan itu yang dari d4 terapan itukan disetarakan
ohya karna tadi aku bilang kalau jurusan ini harus kuat duit, bukan berarti yang masuk sini anak anak mampu aja, anak BM juga bisa kok
cuma memang banyak pengeluaran kayak buat seragam,buat kunjungan

Closing Statement 
motivasi ya? motivasinya jangan malas belajar
disaat kamu malas belajar, ribuan pesaingmu sedang berjuang matimatian untuk mendapatkan kampus dan jurusan yang kamu impikan
kalau kamu tetap malas ya sudah gausah mimpi dapetin jurusan atau kampus impian
dan kuliah dimanapun itu sama aja mau ptk ptn pts. semua soal individunya aja



4 Komentar untuk "Review jurusan D4 Manajemen Perhotelan Universitas Brawijaya "

  1. Kak,kalau saya lulusan tamatan tahun 2016,apa boleh saya coba ujian mandiri ambil fakultas vokasi jurusan manajemen perhotelan tahun 2019??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin bantu menjawab kak arham. Sepemahaman saya bisa daftar karena di jalur mandiri vokasi tidak ada ketentuan usia dan lulusan tahun berapa. Kebetulan saya bk manajemen perhotelan 2018

      Hapus
    2. mantappp, makasih sudah bantu jawab yaaaaa (y)

      Hapus
  2. Kak aku minat ambil adm.perhotelan tanpa ada basic perhotelan, cuma ada bakat di bing aja. Kira2 lebih baik masuk ke stp swasta/negeri ya? Terus prospek kerja lulusan adm.perhotelan tuh apa sih yang paling basic?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel