iklan header

Review Jurusan Ekonomi Syariah IPB



📝 [NOTULENSI] 📝
Narasumber : Muhammad Damar  (Ilmu ekonomi syariah Institut Pertanian Bogor 2015 dan  Atika Ayuning Tyas dari ekonomi syariah 53 Institut Pertanian Bogor 2016

Saya awali dengan beberapa pertanyaan yang sering kami, mahasiswa ekonomi syariah dapatkan dari adik-adik kelas atau orang lain di luar sana.

Ekonomi syariah memang seperti apa belajarnya? Belajar apa saja?
Sebenarnya pertanyaannya sedikit ambigu, kalo bertanya seperti apa belajarnya ya seperti belajar sebagaimana halnya kita belajar mata kulliah atau pelajaran lainnya dong hoho, dan ketika ditanya belajar apa saja? ya jawabannya jelas, belajar ekonomi syariah 􀰂􀇨lol􏿿

Belajar ekonomi syariah khususnya di IPB yang kami rasakan sampai saat ini adalah, kami belajar apa itu ekonomi secara umum, konvensional. 
Kami belajar bagaimana praktik dan perhitungan-perhitungan lainnya sebagaimana kita belajar untuk menjadi ekonom biasa, dan kemudian yang menjadi pembedanya adalah kami juga belajar bagaimana ekonomi diatur dalam prinsip syariat Islam. 
Tentang apa itu akad, bagaimana praktiknya, apa itu keridhoan transaksi, bagaimana kemaslahatan menjadi prioritas utama dalam berkehidupan bukan hanya profit oriented atau hanya bertujuan untuk keuntungan saja. dan seterusnya.


Dan mempelajarinya di IPB, kita akan diajak untuk belajar bukan hanya tentang teori dalam kelas namun lebih sering berdiskusi mengenai praktik dan perkembangan ekonomi syariah baik di Indonesia maupun Internasional, in syaa Allah kalo mau hidup sejahtera di dunia maupun akhirat belajar ekonomi syariah atau cari aja pasangan dari ekonomi syariah kalo kaliannya engga kuliah di jurusan ekonomi syariah :)

Saya masuk IPB jurusan eksyar (ini singkatan ekonomi syariah) lewat jalur SNMPTN alhamdulillah


kalo kenapa saya milih eksyar? sebenernya dari kelas 2 SMA belum ada kepikiran ksana, karena dari bbrapa hasil psikotes saya (terahir di kelas 12 saya tes 3 kali) hasilnya semuanya sama 2 besarnya, yaitu Kedokteran dan Arsitektur

Tapi alasan akhirnya saya memilih eksyar adalah karena pertanyaan dari guru saya ketika kurang lebih 2-3 minggu sebelum penentuan jurusan dari sekolah,

"Damar pengen kaya?"
"damar pengen kayanya bisa membahagiakan orang tua dan aman dunia akhiratnya?"

Tentu saya jawabnya iya, nah langsung aja guru saya bilang "yasudah jurusan ekonomi syariah IPB saja"

dan sejak saat itu saya nentuin pilihan kesana wkwk


*ini nyata ya

karena IPB jurusannya semua IPA, maka ya pas SBM tetep ke saintek

🙋 [TANYA JAWAB] ðŸ™‹
Narasumber : Muhammad Damar  (Ilmu ekonomi syariah Institut Pertanian Bogor 2015 dan  Atika Ayuning Tyas dari ekonomi syariah 53 Institut Pertanian Bogor 2016

     1.Kak, di ekonomi syariah ipb bakal mempelajari apa Aja? 
In shaa Allah bakal mempelajari tentang ekonomi dek . Baik mikro maupun makro . Baik konvensional maulun syariah . Dengan tujuan kita bisa membandingkan perbedaan  konvensional sama syariah . Tapi kita lebih fokus ke syariahnya . Karena ekonomi syariah memperbaiki dari yang konvensional sesuai syariat islam 😊

kalopun kalian ada yg dari IPS dan ingin masuk IPB, berarti nanti pilih IPC

Karena di IPB ada TPBnya (cuma ada d IPB sama ITB) jadi sebut saja SMA kelas 13 atau kelas 4, kalian belajar lagi Biologi, Kimia, Fisika dan lain2 meskipun kalian jurusan eksyar,

kenapa ada seperti ini? karena untuk penyetaraan standar di IPB, cara belajar dan standar akademik dari sabang-merauka kan beda2 nah salah satu upaya IPB untuk meniadakan kesenjangan cara dan standar belajar tadi ya dengan TPB dan sekaligus ada pendidikan karakter di Asrama :)

Eh tapi untuk yg SBMPTN/UTM saya saranin coba cari tahu lebih detail yaa, saya takut salah soalnya


2.     Jadi SMA kelas 13 atau kelas 4 itu udah termasuk semester 1 ga?
iya, semester 1 dan 2 di IPB itu yg saya sebut kayak SMA kelas 13 wkwk
3.     ka, kalo misalnya anak smk jurusan akuntansi gabisa nyimpang fakultas eksyar gitu ka di ptn ipb atau ptn yg lainnya?
Nah ini coba cek teknis SBMPTNnya ya
4.     Kalo tadi ada pendidikan karakter di asrama itu wajib semua mahasiswa baru ipb? Berapa lama ka?
kalo di IPB dikenal ada "Duta IPB" yang isinya mahasiswa2 kece ganteng2 yg dipilih dari sekian mahasiswa (ada seleksi dan pendaftarannya), nah adik2 kalo mau tanya2 cara masuk IPBnya kakak2 saranin coba tanya2 ksanaa

in syaa Allah lebih jelas :)

cek di ig cari dutaipb aja

ya, di IPB satu tahun pertama mahasiswa baru ada pendidikan karakter di asrama. Sebutnya asrama PPKU

Nah ini serunya kuliah di IPB, kalian bisa punyaa banyaaak temen dari semua daerah di Indonesia disini, kalian bisa nyicipin makanan khas banyak daerah ya disini, kalian bisa belajar banyak bahasa ya disini juga. Seru pokoknya
5.     terkait Prospek kerja, hm

Ekonomi syariah di dunia sekarang sedang berkembang pesat. di Inggris sedang jadi tren rakyatnya untuk beralih ke bank Syariah (meskipun bukan dari agama islam), dan negara2 eropa lainnya

Termasuk indonesia.

Itu dari sisi perbankan, nah perlu ditekankan bahwa jurusan ekonomi apalagi eksyar ga melulu kalian akan jadi pegawai bank, tapi banyaak pekerjaan2 yg butuh ekonom2 skrg ini.

intinya sih kalo prospek kerja masih sangat besar dibutuhkan SDM yang paham ekonomi khususnya ekonomi syariah, karena ternyata skrg ini praktikan2 di perbankan syariah banyaknya masih diisi sama org2 jurusan ekonomi konvensional, artinya kalo ada SDM ekonomi syariah tersedia in syaa Allah kalian bakal punya daya tarik tersendiri yg lebih tinggi daripada yg konven :)

kalo prospek kerja bisa adik2 searching juga kok di om google apalagi terkait perkembangan ekonomi syariah di indonesia, kalian bakal dapet kejutan2 perkembangannya :)

karena eksyar bukan hanya untuk muslim aja, banyak yg bukan agama islam tapi sangat tertarik untuk mempelajari bahkan untuk sekedar buka atm di bank syariah :)

6.     apasih kaa yang ngebedain ekonomi ipb sama yang lainnya? kan yang lain soshum which is ipb saintek gtt dan how about materinya gitu apa ada yg ngebedain apa gmn hm
bedanya di IPB satu tahun pertama kamu bakal belajar mata kuliah IPA mau kamu jurusan apapun itu (ini yg saya sebut tadi TPB)

kalo di STEI TAZKIA, SEBI, Ekis (ekonomi islam) UI dan lain2, kalian lgsung belajar ekonomi syariah di tahun pertama

Materinya gimana? sama saja kok in syaa Allah, hanya di IPB memang lebih masuk ke jurusan di tahun kedua, tapi kelebihan kuliah di IPB adalah salah satunya ada asrama di tahun pertama dan itu bikin softskill kalian bakal lebih dibanding dari univ lainnya (kalo kalian manfaatkan dgn baik). Karena kuliah bukan cuma soal SKS, bukan cuma soal jurusan apa, univ apa, tapi juga tentang membangun relasi, jaringan, softskill untuk kehidupan setelah di kampus :)

saya punya temen alhamdulillah kuliah di jurusan ekonomi islam mulawarman kalimantan, punya kenalan anak ekonomi islam ui, ada temen tazkia, sebi dll

Nah tapi ternyata meskipun saya baru bener2 belajar di tahun kedua tentang ekonomi syariahnya, saya ga merasa minder atau tertinggal dgn mereka :) karena pas diskusi bahkan ga jarang justru lebih paham saya di pengetahuan dan praktik jaman sekarang ekonomi syariah :)

7.     kak  kalau rumah daerah bogor apa tetep harus asrama ???
Iyaa tetep, karena ini agenda wajib mahasiswa IPB. termasuk syarat kelulusan punya IP asrama :)

Bahkan yg rumahnya di Bara (ini daerah dekeeettt bgt sama IPB, sampingnya IPB) tetep asrama kok :)
8.     Kalau bayar kaya asrama nya gitu berapa ka?
Sewaktu tahun saya satu tahunnya 1,2 jt dek . Murah meriah . Bisa kenal temen" se-Indonesia . Free wifi juga 😁
oh iya tambahan untuk prospek kerja.
                    Pada dasarnya kalian bakal tau rincian dunia kerja seiring kalian masuk ke tingkat akhir perkuliahan,

masuk ke suatu perusahaan ternyata patokannya bukan berapa IPK kalian, berapa nilai mata kuliah kalian dst. Tapi justru tentang softskill kalian, tentang kemampuan kalian dan itu ga bisa kalian dapatkan kalo hanya duduk di kelas aja


Mau jurusan apapun kalian, mau kuliah dimanapun kalian, salah satu hal penting yg harus kita semua tau adalah, jadilah mahasiswa yg aktif. Ga harus jadi organisator, tapi juga bisa menjadi mahasiswa yg punya segudang prestasi, baik di bidang karya tulis ilmiah, debat atau lain2nya :)

Nah itu biaya asrama :)
Tenang yaa, in syaa Allah di IPB banyak info beasiswa bertebaran dimana2, tinggal kitanya aja mau gerak dan usaha untuk daftar atau engga :) hunting beasiswa tuh seru apalagi beasiswa yg sambil pelatihan prestasi diri
oh iya, sekalian promosi IPB juga deh yaa

kalian pernah tau ospek IPB kek gimana? nah coba bayangin gimana asiknya ospek IPB :)

ga ada perpeloncoan, bahkan keknya full kalian dapet hiburan selamat datang, bakal berkesan dan tak akan terlupakan :)

dan pastinya stiap tahunnya pasti ada gebrakan inovasi dari panitia ospek. Dua tahun lalu rekor dunia, tahun lalu ospek berkomik di line webtoon. Dan ipb punya stiker line ospeknya :)

penasaran? coba search MPKMB IPB, jgan salahin saya kalo makin greget masuk IPB yaa

"...sesungguhnya Allah (Tuhan) tidak mengubah keadaan suatu kaum (manusia) kecuali kaum itu sendiri yang mengubah keadannya.." (Q.S Ar Ra'd : 11)

sedikit cuplikan ayat tentang usaha.

Usaha itu pasti sulit, pasti banyak sedihnya, tapi justru itu serunya usaha.
Tapi usaha akan sia2 bila tidak dibersama dengan berdoa. Berdoa kepada Sang Pencipta, kepada Sang Mahakuasa

Tetep semangat adik2 semua :) kalian generasi penerus bangsa, tunjukkan bahwa Indonesia ga salah punya warga negara kalian, tunjukkan bahwa orang tua kalian ga salah buat selalu berdoa untuk kalian, tunjukkan bahwa dunia ga salah dipijaki oleh kalian. Dan tetep inget, kalian ga hidup sendiri di dunia ini, ada manusia lainnya di skitar kalian, ada tanaman, hewan dan lain2, jadi tetep perhatikan lingkungannya, jangan jadi manusia sampah yg cuma bisa buanh sampah sembarangan yaa :)

Saya tau IPB bukan satu2nya univ di Indonesia ini, tapi bagi saya IPB adalah satu2nya univ yg saya cintai :)

Searcing and serving the best

Kurang lebihnya mohon maaf,
Wassalamualaikum

*kalo ada yg mau tanya2 di luar grup ini silahkan bisa add kak tika atau saya :)

mau liat2 ig juga boleh 􀜁􀅔laugh􏿿

@damarmuhammad246

1 Komentar untuk "Review Jurusan Ekonomi Syariah IPB"

  1. Kakk, saya pengen bgt ikut snmptn ngambil ipb ekosyariah tapi saya dri ips. Kalau misal saya coba buat sbm ambil ipc dan belajar ipa lagi susah berarti ya kak? Terkahir kali belajar kimia kelas 10 masalahnya

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel