iklan header

Review Jurusan Matematika Unpad



📝 [NOTULENSI] ðŸ“
Narasumber :  Mutik Alawiyah (Mahasiswi Jurusan Matematika Unpad 2016

Assalamualaikum semua. Selamat malam Nama aku Mutik Alawiyah dari matematika unpad 2016. Aku sekarang lagi otw semester 4. Salam kenal semuanya 

Yang mau kenal lebih dekat tentang matematika unpad bisa ditanyain aja disini ya ô€°‚ô€„‚happyô¿¿ 

Matematika unpad itu berbeda sama matematika unj, upi dll ya temen temen. Jadi, disini kita itu matematika murni bukan pendidikan matematika. Jadi kalau udah lulus dari jurusan matematika kalian bukan untuk jadi guru atau dosen tapi kalian bisa bekerja di bank, aktuaria, di bidang industri bahkan kating aku ada yang kerja di stasiun tv.

Yang dipelajari di matematika unpad itu sedikiiiiiit sama apa yang kalian pelajari di SMA kalian bakal ketemu limit, turunan, integral dkk. Kalau kalian biasanya tinggal ngegunain rumusnya. Di matematika ini kalian diajari buat mendapatkan rumusnya.


Nah sekian ya penjelasan dari aku. Kalau masih ada yang kepo bisa langsung ditanyain aja yaa


🙋 [TANYA JAWAB] ðŸ™‹  
Narasumber :  Mutik Alawiyah (Mahasiswi Jurusan Matematika Unpad 2016


1.     kak katanya mtk murni lebih susah ya dari pend mtk? trus apa alasan kakak milih mtk murni?
Sebenernya aku mau masuk matematika pendidikan tapi ya rezeki akunya di murni. Tapi aku masih senang dan bahagia kok di matematika murni
2.     Kak masuk unpad lewat jalur apa ?
Suka nya karna aku seneng ngitung jadi aku senang aja ketemu angka terus dan di matematika unpad itu himpunannya aktif banget jadi di matematika unpad ga cuma sekedar ngitung aja tapi kegiatan organisasinya oke banget deh
3.     itu ada praktek nya ga kak?
da dek, jadi prakteknya tuh ngoding ( semacam bikin program). Jadi prakteknya komputer gitu mirip sama jurusan teknik informatika atau ilmu komputer. Tapi tenang kok ga banyak
4.     Tak denger denger nih kak kalau pingin jadi pegawai di badan statistika harus lulusan matematika ya?
huaah, aku belum tau banget sih, tapi kalau ada asumsi kaya gitu sih mungkin karna ilmi statistika sama matematika itu linier ( artinya berhubungan) karna di matematika unpad juga kalian bakal belajar statistika
5.     Kak aktuaria itu ngapain aja?
aktuaria tuh kaya ngitung premi asuransi, ngitung peluang orang meninggal dll yang berhubungan dengan asuransi gitu dek
6.     kak matkul di matematika itu semua nya emg fokus mtk gitu ga sih kak?
fokusnya ga di matematika aja kok, bisa ke ekonominya, komputer, industri dan matematikanya itu sendiri. Jadi nanti kalau kalian masuk jurusan matematika kalian di jurusin lagi ke 3 penjurusan, nah penjurusannya tuh aktuaria, bidang industri dan matematika murni
7.     Kak selama jadi mahasiswa matematika unpad Ada kendala dalam pembelajaran nggak?
kendala pasti ada, dari mulai soalnya yang makin aneh, atau bikin kode program yang pusing banget juga ada. Tapi balik lagi, kalau kalian suka kalian pasti bisa kok.
8.     Kak kenapa milih jurusan matematika ?
karna aku suka matematika. Dan ga tau kenapa pas penjurusan aku udah langsung milih matematika. Karna cinta ga butuh alasan #Eaaa
9.     Aku SBMPTN. Aku sebenernya lulusan 2015 tapi semper gagal sbm tahun 15 jadi aku ngulang lagi sbmptn 2016 . Tips nya : berdoa, berusaha, ikhtiar dan jangan nyerah
10.  Kak ada ga temen kaka / kenalan gt yang masuk jurusan matematika tp dia kurang pandai di bidang matematika nya itu?
ada kok. ada yang masih bertahan ada yang engga. Balik lagi ke diri kalian masing masibg
11. Selain itu apa kak?
ada kok. ada yang masih bertahan ada yang engga. Balik lagi ke diri kalian masing masibg
12.  Itu ekonominyaa kyk gimna kak
kalian bakal pelajari yang namanya matematika keuangan. Nah matematika keuangan ini mempelajari materi materi akuntansi juga kaya belajar tentang bunga dll
13.  Belajarnya gimana kak?
ku belajar sendiri kok cuma modal buku buku sbmptn sama tryout2.
14.  Teh, emg waktu awal semester kuliah itu mengulang dulu pembelajaran MTK waktu SMA atau langsung ?
awalnya kaget sih pas awal belajar. Berasa aneh lagi liat turunan dkk tapi yang dipelari di SMA itu beda bnget sama yang di kuliah. Jadi aku ga review. Tapi aku belajar pelan pelan kok dan bisa ngikutin
15.  Kak cara kaka belajar pas menghadapi sbmptn itu kaya gimana sih ka klo boleh tau
 ku belajar dari jam 7 sampe jam 10/11/12 malem. palibg latihan latihan soal di zenius, belajr dari youtube sama latihan soal sendiri. Kalo iseng dan males belajar coba ngerjain soal TPA nya
16.  Tips masuk unpad?
tips nya : berdoa, berusaha ikhtiar jangan nyerah
17.  Kak kan kls 12 super duper sibuk yah, bingung kak mau belajar sbm tpi banyak gangguan kyk tugas lah kti lah un lah usbn lah, yg gituan kak gimana yahh
awalnya bingung sih. Tapi belajarnya nyicil aja. Kalau anak FK di aku sih prinsipnya "Nyantai tapi narget" jadi kerja nya santai aja tapi ya harus mencapai target atau tujuannya
18.  Kakak kan tadi bilang kalo matematika Unpad itu beda sama Matematika UPI dll bedanya apa kak .kalo Matematika di univ lain
bedanya mtk unpad sama upi itu karna mtk unpad adanya di sumedang kalau mtk upi adanya di bandung. Hehehe bukan deh. Jadi bedanya itu kalau yang semacam upi, unj, uness dkk itu lebih ke pendidikan. Kalau yang di unpad itu murni
19.  Aku anak ipa tapi mtk nya masih kurang. Tapi ingin masuk mtk. Itu gimana kak ?
sukai dulu matematikanya. Kalau kalian suka pasti bisa ngikutin kok
20.  pas sbm pilihan 1 dan 2 nya apa kak?
pilihan 1 nya matematika UI, pilihan 2 nya Kimia UI ( kalau keterima di pilihan 2 juga ga bakal di ambil) hehe
21.  Kak ada tips gak buat suka matematika sm jago matematika?
buat yang ga suka matematika: pdkt sama matematika, abis pdkt terbitlah cinta kalau cinta pasti usaha buat dapet IPK bagus meningkat. Buat yang udah jago : terus berusaha dan jangan sombong
22.  apa yang menarik dari matematika ? Soalnya kan itutuh bikin pusing:d
yang menarik dari matematika itu dalam menyelesaikan masalahnya. Matematika itu belajar cara berfikir kita dalam menyelesaikan masalah. Biasanya sih anak matematika kalau ada masalah
udah punya solusi yang mantap banget deh

Closing Statement
Buat temen temen, inget perjalanan kalian masih panjang. Kadang apa yang direncanakan ga sesuai sama keinginan kita. Contohnya aku, aku pengeeeeen banget di ui tapi aku malah di unpad. Jangan lupa buat terus berusaha dan pantang menyerah kalau ga keterima sbm masih ada jalur lain, kalau ga keterima juga mungkin rezekinya belum tahun ini. Kegagaln itu mengajarkan kita buat tahan dan belajar atas kesalahan2 kita. jangan lupa buat minta doa atau berdoa sama yang diatas, karena kesombongan adalah awal kehancuran seseorang. Maaf temen temen aku harus pamit ya 􀬁􀄕cry􏿿 semoga temen temen bisa dapat ilmunya amiiiin. Maafin kalau aku ada salah salah kata dan makasih atas semua doanya




Belum ada Komentar untuk "Review Jurusan Matematika Unpad"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel