iklan header

Review Jurusan Teknik Industri Universitas Pamulang


πŸ“ [NOTULENSI] πŸ“
Narasumber :  Fitri Nurlaela (mahasiswi Teknik Industri Universitas Pamulang)

Perkenalkan Saya Fitri, kebetulan saya Mahasiswi dr Universitas Pamulang, dari Fakultas Teknik
Dan saya ngambil Program Studi Teknik Industri.

Naahh disini saya ngebahas lebih ke tentang Teknik Industri, dan apasih itu Teknik Industri?? 😁

Kalo temen temen yg kepo sama teknik industri itu apa, jadi Teknik Industri itu yg mempelajari gimana sih caranya ngerancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor mulai dari manusia, mesin, metode, material, lingkungan sampe analisis keuangan.

Pokoknya semuanya yg berhubungan dengan fungsi industri itu sendiri kayak penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan produk baru, desain produk, perancangan sistem kerja dan ergonomi, perawatan mesin, pengendalian kualitas dan mutu, otomasi sistem produksi hingga pada analisa kelayakan pabrik yang mencakup pula kajian manajemen secara komprehensif dan aplikatif.

Yaa bisa dibilang hampir semua bidang diborong buat dipelajarin di teknik industri.. hehehee πŸ˜…

oiya, lumayan banyak praktek dan bikin makalah hehee
Tapi kalo di Unpam sendiri sih prakteknya nyenengin, soalnya berkelompok mulai dari ngaplikasiin mesin bubut, buat alat bantu sesuai standar ergonomi, ngerancang tata letak perusahaan/pabrik dll masih banyak lagi.. 😊

Yaa mungkin segitu dulu kalih yaa gambaran tentang Teknik Industri.
Kalo ada yg mau ditanyain lagi tentang Teknik Industri boleh banget kok.
InsyaAllah saya jawab sesuai kemampuan saya hehhee
Yaa disini santai aja okeokee gak usah formal formal amat πŸ˜„


πŸ™‹ [TANYA JAWAB] πŸ™‹
Narasumber : Fitri Nurlaela (mahasiswi Teknik Industri Universitas Pamulang)

1.    Kakak waktu jadi mahasiswi teknik industri, Ada Suka duka yang dialami Selama pembelajaran?
Suka nyaaa..
Kalo ngerjain praktek dan buat laporan itu bareng bareng..
kalo duka nya yaaa pas ngerjain laporan pribadi ampe subuh..
Tapi di nikmatin aja prosesnyaa.. 😁
2.    Apa keunggulan teknik industri di universitas pamulang dengan teknik industri di universitas lain?
~ kalo di Unpam menurut saya lebih fleksibel, alhamdulillah dosen dosen nya baik semua dan gampang dicari. Kalo masalah tugas itu tergantung kitanya mau nerima dan ngerjain atau sebaliknya
3.    Hallo kak fitry, saya mau nanya nih. Tantangan paling sulit yg kakak hadapi selama kakak kuliah dengan jurusan tek. Industri kak?
~ yg paling sulit yaa hmm, alhamdulillah kalo dirasain banget cuma pas skripsi aja..
Kalo tugas, ujian dll itu mah dinikmatin aja
4.    Apa keunggulan teknik industri di universitas pamulang dengan teknik industri di universitas lain?
~ kalo di Unpam menurut saya lebih fleksibel, alhamdulillah dosen dosen nya baik semua dan gampang dicari. Kalo masalah tugas itu tergantung kitanya mau nerima dan ngerjain atau sebaliknya 😊
Saya baru punya perbandingan antara Unpam dan UMT. Semua kurikulum nya hampir sama..
Yg dipelajari semua matakuliah itu hampir sama..
5.    Kak bedanya teknik industri sama teknik kimia apa?
~ kalo industri itu mahasiswa/i nya dipersiapkan lebih ahli merancang suatu perusahaan/pabrik agar lebih efisien mulai dari perancangan awal sampai barang jadi.
Kalau kimia, hampir sama yg ngebedain paling tek. kimia itu mulai dr awal bahan baku yg dipakai itu harus bener bener detail kualitas hingga hasil akhirnya..
6.    Kak emang Dari awal milih jurusan teknik industri atau sebelumnya mau pilih jurusan lain?
~ awal tes di Unpam milih 2 jurusan.
Option 1 TekInd
Option 2 Mipa
7.    kak, alasan pilih jurusan teknik industri apa?
~ kalo menurut saya, tek.ind itu fleksibel. Kalo saya mau terjun ke perusahan di bagian produksi (teknik) itu bisa, kalo saya mau terjun ke bagian manajemen pun bisa 😊
8.    Kak, teknik industri itu mempelajari banyak kimia gk atau mempelajari tentang apa ?
~ kalo kimian gak terlalu, paling di matakulian tentang bahan baku aja..
tek.ind itu lebih ke Fisika dan Matematika dan itu harus kuat di matematikanya 😁
9.    Kakak penelitian dimana pas mau nyusun?
~pas nyusun saya penelitian di PT. Clariant, perusahaan bahan baku kimia.
10. Kalo mau ke teknik industri, kita harus kuat di pelajaran apa aja kak yang ada di sma? Apakah semua yang mapel mipa?
~ kalo mipa itu, matematikanya lebih detail lagi, dan setau saya anak mipa kebanyakan ditempatkan di Badan Statistik milik negara
11. Kak mau tanya, dulu kaka bimbel ?
~ enggak, dulu gak ikut bimbel. Soalnya awal masuk kuliah saya masih kerja
12. Kak, mau tanya. Kalau tek. Industri itu prospek kerjanya gimana?
~ prospek kerja untuk lulusan Tek.Ind itu Fleksibel. Kamu mau masuk di perindustrian bisa, di bagian perusahaan mengelola management bisa dan  kalo kamu mau buka usaha sendiri pun bisa..
Karna lulusan tek ind itu di persiapkan untuk dapat mengelola dan memañajement semuanya.. 😊
13. Kak, di Prodi Teknik Industri, dan lebih tepatnya Fakultas Teknik Unpam, banyak cewenya ngga kak? Dan sekarang kan jg banyak cewe cewe masuk teknik. Perasaan kakak, atau kesan cewe yg belajar di Fak. Teknik, khusnya Teknik Industri, gimana? Terimakasih
~ Alhamdulillah wanita di teknik lumayan banyak..
Di teknik elektro pun di Unpam Ceweknya ada walaupun bisa dihitung dengan jari sih, tapi emang salut sama semua wanita yg bisa mengambil teknik yg kebanyakan orang mikir itu bidang untuk laki laki..
14. Kak temen kk yg msk teknik industri itu ada ngga yg dari smk?
~ ada kok. Contohnya saya sendiri πŸ˜…
15.  Klau misalnya kakak minat ke mippa, cara milih optionnya di pilihan jurusan bagaimanna?
~pilih optionnya..
Taro jurusan yg paling di minati di option pertama 😊
16.  pernah gak sih kak fitri di pandang sebelah mata karena masuk jalur mandiri bukannya snm atau sbm?? maaf dan makasih((:
~ jalur mandiri itu tes (tesnya ada MTK, B.indo, B.inggris, pengetahuan umum, sama psikotes)
Alhamdulillah saya gak dipandang sebelah mata. Dan alhamdulillah saya lolos tes..
Soalnya ada beberapa temen saya gak lolos tes juga waktu itu..
17.  nah itu dia, lebih dikenal ke arah yang negatif.. padahal kan juga test?? terus gimana menghadapi orang2 yang menilai bahwa jalur mandiri itu kayak gabaik??
~ intinya mah selama kita jujur ngejalaninnya, buat apa nanggepin pendapat orang yg gak tau apa yg kita laluin 😊
Lagi pula pendapat orang kan banyak, dan yg gak baik gak usah diambil tapi dijadiin cerminan diri aja kalo kita gak boleh seperti itu πŸ˜‰
#eaa apasiihh πŸ˜…

Closing Statement
Oke, makasih ya semuanya buat yg nanya yg nyimak. Semoga pengalaman yg saya sedikit ceritain tadi bermanfaat buat semuanya.

Oiya, temen temen yg nanti mau ngambil jurusan diusahain ambil jurusan sesuai dibidang yg kalian sukain ya. Karena kalo udah suka pasti seneng ngejalaninnya 😊

Oke, makasih ya semuanya buat yg nanya yg nyimak. Semoga pengalaman yg saya sedikit ceritain tadi bermanfaat buat semuanya.


Oiya, temen temen yg nanti mau ngambil jurusan diusahain ambil jurusan sesuai dibidang yg kalian sukain ya. Karena kalo udah suka pasti seneng ngejalaninnya 😊

5 Komentar untuk "Review Jurusan Teknik Industri Universitas Pamulang"

  1. Boleh minta nomor nya teh. Saya mau nanya² yang lebih detail.
    Tahun sekarang saya mau daftar di unpam ngambil fakultas teknik industri...

    BalasHapus
  2. Ka fitri reguler A atau smbil kerja? Klo pendapat kaka gmna nih, aku kerja dan kuliah ambil teknik industri dengan jarak kampus yg sangat jauh pula dari rumah dan aku juga lulusan smk ka

    BalasHapus
  3. Mau tanya kak. Kalau tes masuk untuk teknik industri itu untuk soal industrinya seinget kk kyk apa gtu kak buat gambaran...

    BalasHapus
  4. rector Teknik indusri itu di witana apa di viktor sih ga mau ngajuin surat permohonan magang nich
    wkwkw

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel