iklan header

Review Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional




πŸ“ [NOTULENSI] πŸ“
Narasumber :  Anggita Saraswati (mahasiswi D1 Pengukuran Pemetaan Kadastral Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)


Perkenalkan nama ku anggita saraswati. Aku alumni D1 pengukuran pemetaan kadastral sekolah tinggi pertanahan nasional ( STPN) angkatan 2017. Kesibukan sekarang petugas ukur di ATR BPN Kota Adm Jakarta Pusat. Mohon kerjasamanya semua :) 


πŸ™‹ [TANYA JAWAB] πŸ™‹
Narasumber : Anggita Saraswati (mahasiswi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)



1.     Kak di stpn belajar tentang apa kak? 
- Base dari sekolah ini itu teknik pengukuran tanah dan Hukum pertanahan / Agraria Kalo di fh di hukum lingkungan ya kalo gasalahn mohon di koreksi
2.     D1 Pengkuran Penetaan Kadastral itu apa kak? serta prospek kerjanya? Terimakasih
- kalo D1 itu fokus ke teknik pengukuran sama pemetaan bidang tanah. Gajauh beda sama teknik geodesi sebenernya bedanya mah kita setahun ajaa. Prospeknya itu nantinya kita jadi asisten surveyor di kementrian bpn atau swasta contohnya kantor jasa pengukuran kadastral wika dll
3.     Kak Di stpn masa pembelajaraan emang sebentar atau Gimana? 
- ada dua macam. D1 san D4. yang dibuka umum hanya D1 sedangkan D4 khusus pegawai BPN untuk tugas belajar. Masa belajar full 1 tahun dan 4 tahun. Kita tidak mengenal libur semester :")
4.     Masuk lewat jalur apa kak?
- mandiri 
5.     pengukuran pemetaan kadastral STPN itu hanya ada D1 atau ada yang lain??
-D4 tapi khusus untuk pegawai aja itu ya
6.     Kak STPN dimana ya? 
-Jogjaaa tetanggaan sama poltekkes hehe
7.     Kalo masuk di stpn persyaratannya apa aja kak? kak masuk stpn di tes? soalnya kaya apa kaa?
- ku gabung ini ya karena hampir sama jawabannya. Persyaratannya banyak yaa bisa di cek di stpn.ac.id but yang terpenting sih ini khusus jurusan mia :"). Lulusan sma atau smk pengukuran dan sehat wal afiat. Untuk tes kita ada 4 macam. Tes tulis ( ipu inggris mtk fisika ), fisik, stereoskopis dan wawancara. Soalnya mah insha allah mudah kalo udah sering latihan sama soal un karena gajauh beda pengalaman gitu πŸ˜‚. Stereoskopis itu hmm google aja karena panjang banget penjelasannya :"). Intinya nanti kita disuruh lihat beda tinggi bayangan gambar yang disediakan pake stereoskop . Fisiknya cuman lari push up situp shuttle run chinning kalo cowok chinningnya diganti pull up yaa. Itu sajah
8.     Kak boleh kasih tips2nya bagaimana masuk di stpn?
Sama seperti masuk ke perguruan tinggi lainnya. PEDE. Kalo gak pede nanti grogi terus khawatir terus takut terus hari h lupa terus grogi lagi buyar deh. Ya persiapkan semua dengan baik yahh. Kalo aku siapin fisik banget ya pengetahuan inshaa allah sudah terlatih selama masa masa sbm yang indah :))). Dan satu lagi siapin mental. Fyi ini sekolah semi militer
9.     Kkak jalur masuk stpn apa aja kak? Sama kek univ lain gitu juga kak? 
-Dia mandiri aja ya dan paling belakangan bukanya

Suka = banyak kenalan. Faktanya ya sekolah di jogja tapi mahasiswanya kebanyakan bukan orang jogja kwkwk. Banyak pengalaman karena kan waktu pkl di kantor pemerintahan jadi tau medan medan yang harus dihadapi. Mulai dari di lapangan dan di kantor melayani masyarakat
Duka = apa ya. Aku tipe orang yang dinikmatin aja semua. Kalo semi militer ya seperti biasa beda lingkungannya ya. Dan ini juga kita diasramakan. Seru sih ada sensasi tersendirinya gituu kwkkw

10. Kak Kalo stpn itu Ada jurusan apa Aja? 
D1 pengukuran pemetaan kadastral dan D4 pertanah
11. Peminatnya rame kak?
Alhamdulillah ya lumayan deh kemarin  pendaftar 5000 yang diterima 200
12. Stpn nanti bakal bisa kerja dimana aja kak?
Utamanya di kementrian. Cuman jika ingin berpetualang bisa ke kantor kantor swasta yang membutuhkan tenaga surveyor


Ku akhiri sampai sini ya. Untuk para penerus bangsa, adik kakakku sekalian yang sedang mempersiapkan diri untuk berbagai ujian yang terdekan un ya. Semoga sukses. Kejar terus mimpi dan minat kalian. Bakat sekecil apapun jangan dianggap remen karena suatu saat akan menjadi berkah bagi kalian sendiri. Berbakti kepada orang tua karena selama hidup kita akan senantiasa meminta doa restu mereka dan rendah hati kepada sesama.  Bekerja selalu asah kemampuan kalian, berdoa selalu berdoa semoga tuhan selalu membimbing dan melindungi kita semua. Dan jangan takut untuk gagal. Karena dengan gagal kita lebih kuat dan berpengalaman Terima kasih. Mohon maaf bila ada salah kata perilaku. Jika ada yang kurang mohon dikoreksi. Wassalamualaikum wr wb

 Jika ada yang kurang mohon dikoreksi. Wassalamualaikum wr wb

13 Komentar untuk "Review Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional"

  1. Kak di stpn per semesternya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk uang kuliahnya 12 juta sampai lulus tapi belum termasuk uang katering dan asrama

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kak kalo lulus dari STPN, udh ditempatin kerja?

    BalasHapus
  4. Kak berapa gaji honor buat d1?

    BalasHapus
  5. STPN itu ikatan dinas atau tidak kak?

    BalasHapus
  6. Untuk STPN lulus lsg ditempatkan kerja kan yah kak?

    BalasHapus
  7. Kak sekolah D1,setelah tamat,langsung kerja kah kak? Email saya kak tiaraaryantia@gmail.com.teroma kasih

    BalasHapus
  8. Klo yg test inggris, itu apa aja yg ditest disitu kak? Sharing ilmu donk kk biar sm kek kakak aku

    BalasHapus
  9. Kalau daftar stan boleh daftar STPN ga sih?

    BalasHapus
  10. Kak pembukaan pendaftaran stpn tahun 2019/2020 kapan kak?

    BalasHapus
  11. Kak jika dari jurusan IPS bisa engga kak

    BalasHapus

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel