iklan header

Review Jurusan Teknik Kimia UGM


📝 [N O T U L E N S I] 📝
Narasumber : Tiara Zafira dari Teknik Kimia UGM angkatan 2016

Haiii dek kenalin aku Tiara Zafira dari Teknik Kimia UGM angkatan 2016 skrg semester 4 dulu masuknya lewat SBMPTN😁😁

Jadi tekkim itu salah satu cabang ilmu teknik, nah di tekkim itu belajar bagaimana mengolah sesuatu yg berdaya guna rendah menjadi berdayaguna tinggi:3

Nah pengolahannya itu kebanyakan melalui proses kimia makanya disebut teknik kimia:333

Yg dipelajari di tekkim itu matematika, fisika, kimia....😁😁

Ada sih biologinya dikit kalau misalnya kalian ambil peminatan bioproses:3

Biasanya lulusan tekkim itu kerjanya jd process engineer di pabrik2. Bisa pabrik sabun, pabrik bahan kimia, pabrik pengolahan makanan, dll

Jadi contohnya itu gini, misal pabrik sabun. Nah kasarannya bahan2 sabun kan minyak, alkali, air....nah orang2 tekkim itu mengolah bahan2 tersebut menjadi sabun:3

Daya guna sabun lebih tinggi dr bahannya alias harganya lebih mahal, hehehe

Tekkim itu sebenernya lebih fokus ke pengolahannya, jd kayak bikin sabun reaksinya apa, katalisnya apa, tekanannya berapa, volumenya, siklusnya gimana:3

Tapi jgn dikira tekkim cuma bisa kerja di pabrik sabun lho yaaa😂😂 Di pabrik minyak bumi bisa, di pabrik kosmetik bisa:3

Biasanya sih lulusan tekkim kerja di Pertamina, Chevron, British Petroleum, Unilever, Pupuk Kaltim, dll:3

Oiyaaa di tekkim lebih banyak cowoknya sih biasanya, wkwk jd lulus cepet dapet jodoh:p

Ga kok becanda, maksudnya yg cewek jgn takut masuk tekkim. Di tekkim ga selalu kerja di lapangan kok, yg kantoran juga ada:3

Nah ditekkim ada bbrp peminatan, per anak ngambil peminatan itu 10sks

🙋🏻‍♀[ T A N Y A  J A W A B]🙋🏻‍♂
Narasumber :  Tiara Zafira dari Teknik Kimia UGM angkatan 2016

1.      1.       Apa aja kak peminatan nya?
             Nah ditekkim ada bbrp peminatan, per anak ngambil peminatan itu 10sks 
Bener2 salah sih kalo dibilang banyakan fisikanya drpd kimianya....😂😂 . Namanya teknik pasti kan banyak fisikanya, hehehehe. Yg dipelajari lebih ke kayak kimia campur fisika sih contohnya termodinamika:333
2.       pemrograman nya gimana kak? ga kebayang :(
Kalo pemrograman itu km belajar kayak coding, jd kayak make aplikasi untuk menyelasaikan persamaan matematis di dunia industri:3
3.       Kalo peminatan bioproses itu maksudnya seperti apa?
Kalo bioproses itu proses2 di pabrik  yg melibatkan bio atau makhluk hidup kayak bakteri gitu contohnya:3 . Misal bikin natadecoco di pabrik gitu:333.  Atau kalo engga pengolahan sampah make bakteri:3  Pokoknya lingkup tekkim itu luas banget😂😂😂
4.       Motivasi milih teknik kimia apa kak?
Dulu aku ga suka biologi jd milih teknik deh, trs liat2 apa yg dipelajari sm prospek kerjanya nyantol deh sini:3
5.       Oh begitu, kalau di teknik kimia emang bakal langsung bljr tentang teknik kimia atau bakal ngulang dulu Pelajaran SMA waktu semester 1 ?
Bisa diliat di diagram alirnya dek, semester 1 masih belajar basic kayak kimia umum, fisika, matematika:3 .  Mulai masuk ke matkul yg bener2 tekkim itu di semester 2-3
Wadududu bisa dipelajari lambat2 kok, aku jg sebenernya biasa aja dulu sbm aja fisika cm ngerjain 2 soal
Apa yaaa, di tekkim cowoknya ganteng2 wkwk
Eh salah, di tekkim prospek kerjanya ciamikkk kalo kalian jd process engineer gitu fresh graduate bisa 7jt++
6.       Kaka pas sbm ngejawab soalnya kira kira berapa ka ?? Hehhe
TPA jawab semua 45 soal // Matdas 12 soal // B. indo jawab semua 15 soal // B. ing 2 soal // Mat ipa 7 soal // Fisika 2 soal wkwk // Kimia jawab semua 15 soal // Biologi jawab 8 soal huehehe
7.       Kak di teknik kimia ugm angkatan kakak ada berapa orang?
Kalo angkatanku 120an hehehe:3
8.       Enakan masa masa SMA atau kuliah kak? Wkkwkwk
Wkwkwk kalo aku sih lebih suka kuliah:333 . Kayak bajunya bebas gitu ngampus boleh make jeans, boleh tidur dikelas, wkwk
Terus juga lebih raket sm temen2 kadang kalo mau ujian belajar bareng sampe subuh😂😂😂
wkwk ga semuanya ambis kok, ambisnya kalo mau ujian aja kalo sehari2 mah dikelas pd tidur, tiap hr maen2 gitu ehehehe

PESAN
Sukses dalam meraih CITA dan CINTA ya:3
Jangan lupa berdoa dan berusaha. Jangan mudah puas juga, bisajadi saat km menyelesaikan 10soal lawan2mu menyelesaikan 25soal:"3

Luruskan niat buat cari ilmu, ehehehe see you!

2 Komentar untuk "Review Jurusan Teknik Kimia UGM"

  1. Ka mau tanya sebenernya bisa ga sih penderita buta warna parsial masuk tekim ugm? Aku email DTK sih bisa katanya, tapi baru kali ini aku lihat PTN yg ngebolehin tekim boleh buta warna parsial. Sebenernya ini bakal ngaruh banget ga kak?
    Dan aku mau tanya, fisika yg ada di semester 1 yg bobotnya 4sks itu fisika yg materi nya apa aja ya yg di SMA?

    Dan kalo boleh aku minta kontak kakak dong hehe.

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas Ahmad sudah membagikan tulisannya. Terima kasih juga ke Mbak Tiara, informasinya tentang Teknik Kimia UGM sangat bermanfaat.

    Untuk adek-adek yang penasaran tentang Mata Kuliah Teknik Kimia UGM , bisa kunjungi blog saya ya, Terima kasih :D

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel