iklan header

Review Jurusan Administrasi Pendidikan UPI


📝 [N O T U L E N S I] 📝
Narasumber : Mohammad Ajid Abdul Majid, Prodi Administrasi Pendidikan UPI

Departemen Administrasi Pendidikan adalah salah satu departemen/jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Di LPTK sejenis administrasi pendidikan nomenklaturnya sama dengan Manajemen Pendidikan. Fokus utama kajiannya adalah Pengelolaan Pendidikan, Perencanaan Pendidikan dan supervisi/pengawasan pendidikan serta penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam praktik Manajemen Pendidikan.

Jadi, Kalau teman' dengar adm. Pend itu disamakan dengan calon Tata Usaha, ini agak keliru meskipun memang ada beberapa lulusannya yang bekerja di bidang Tenaga Adm Sekolah. Tapi, jika berpikir lebih komprehensif, Lulusan Administrasi Pendidikan itu Garda Terdepan Bangsa dan Negara Indonesia untuk memajukan Kualitas Pendidikan Indonesia. Lulusannya tidak hanya bekerja menjadi tenaga "clerical work" tetapi bisa menjadi perencana pendidikan, guru,kepala sekolah, pengawas, kepala dinas, widyaiswara, peneliti dan pengembang,, yang pasti sesuai dengan standard yang berlaku.  Terimakasih

Monggo, bagi teman teman yang tertarik dengan dunia pengelolaan pendidikan dipersilahkan. Santai saja 😀

🙋🏻‍♀[ T A N Y A  J A W A B]🙋🏻‍♂  
1.       Administrasi pendidikan itu masuknya saintek apa soshum kak?
Administrasi Pendidikan masuknya Soshum ya
2.       Ka kenapa tertarik dengan  administrasi pendidikan ? Dulu waktu daftar lewat jalur apa?
Dulu saya sudah bekerja di dunia pendidikan sejak SMA, jadi melanjutkan untuk mendalami pengelolaan pendidikan, dan alhamdulillaah akan lanjut terus sampai program doktoral.

Dulu saya masuk jalur tertulus nasional, kalau sekarang SBMPTN.

3.       Administrasi pendidikan itu,  basic mapelnya apa ya kak?
administrasi pendidikan basic mata kuliahnya tentang pengelolaan pendidikan (Manajemen sekolah, kebijakan pendidikan, komunikasi organisasi, perundang2an pendidikan, pengawasan pendidikan, supervisi pendidikan, dan banyak lagi yang berhubungan dengan tata laksana pendidikan)
4.       Administrasi gak terikat dngn kontrak negara kak?
Tidak terikat ya. Kecuali mahasiswa yang memang program kerjasama dengan pemda, dia harus mengabdi di daerahnya untuk mengelola pendidikan di daerahnya.
5.       Awal masuk belajar apa aja kak?
awal masuk belajar mata kuliah umum seperti B. Indonesia, B. Inggris, Agama, PKn, Olahraga, Tutorial, dan mata kuliah dasar kependidikan
6.       Jd sejak SMA kakak udah ngajar gt kak? Semacem ngajar les kah?
ya saya sudah mulai ngajar sejak SMP, tapi mulai dapat status guru bantu itu sejak SMA. Bukan hanya les tapi guru untuk sekolah non formal
7.       Widayaismara itu apa?
Widyaiswara itu pendidik/pengajar/pelatih di balai pendidikan dan pelatihan (diklat)
8.       Administrasi pendidikan lbih fokus ke mapel ap kak?
kita gak ada fokus mapel kaya matematika atau ekonomi. Kita fokusnya ke pengelolaan pendidikan karena lulusannya memang disiapkan untuk jadi pengelola pendidikan, kalau mau jadi guru, fokus mapel yang diambil biasanya mata kuliah administrasi perkantoran, kewirausahaan, komunikasi organisasi (Hanya memungkinkan jadi guru SMK)
9.       Pernah baca di web, tentang salah satu kegiatan di UPI kak, itu banyak banget, dan salah satu program wajibnya kaya pengajian gitu ya? bener ngga sih kak? Makasih. Kegiatan wajib untuk Mahasiswa di upi apa ya kak? Terimakasih
iya itu namanya tutorial, khusus mahasiswa muslim. Ini termasuk kegiatan wajib ya soalnya masuk ke nilai mata kuliah agama islam.
10.   Konsentrasi di Administrasi Pendidikan UPI apa aja kak?
Konsentrasi Perencanaan Pendidikan dan Pengawasan Pendidikan/Manajemen Sekolah
11.   Sekolah non formal misalnya apa kak?
Sekolah Agama, Sekolah Kesetara
12.   Hal unik yg ada di UPI aja, ngga ada di kampus lain apa kak? Dan apa yg paling berkesan di UPI untuk kakak sendiri?
Hal unik dalam aspek apa ya? Mungkin UPI punya gedung kebanggaan peninggalan Belanda, namanya gedung ISOLA yang dijadikan tempat kerja rektor dan jajarannya.
Yang paling unik dan tidak ada di kampus lain adalah Bahwa UPI merupakan kampus Pendidikan yang menjadi contoh bagi kampus" Pendidikan lain di Indonesia.
13.   Sebelum SBMPTN ikut bimbel ga ka?
Saya gak ikut bimbel apapun, karena dulu di tahun 2010 UN bulan Maret, sedangkan ujian masuk PTN bulan Mei/Juni,jadi saya belajar otodidak dari berbagai buku sumber. Lumayan ada waktu 2-3 Bulan buat ngasah kemampuan kita jawab soal soal sbmptn
14.   Suka duka jadi mahasiswa upi apa kak?
suka dukanya banyak, kalau dirunut gak cukup kayaknya. Hehee, yang pasti kuliah di UPI bikin saya sadar bahwa menjadi seorang pendidik adalah panggilan hidup saya dan Allah swt memberi jalan.
15.   Kak kalau administrasi pendidikan sama teknologi pendidikan sama atau beda?
Adm Pendidikan itu BEDA dengan Teknologi Pendidikan, tapi tetap satu Fakultas.
16.   Kak katanya di upi diwajibin upacara ya?
Hanya beberapa prodi salah satunya PGSD/PGPAUD.
17.   itu prospek kerja bsa jadi curiculum kan ?
Bagian Kurikulum bisa, banyak lulusan adm. Pendidikan yang bekerja menjadi staff/waka kurikulum di sekolah swasta maupun negeri. Kita dibekali juga dengan mata kuliah Manajemen Kurikulum. tapi lebih baik lagi kalau mau jd staff kurikulum masuknya ke jurusan Kurtekpend (Kurikulum dan teknologi pendidikan)
18.   Kak kalau biaya hidup Upi gimana?
Biaya Hidup? Harus dihitung dulu ya soalnya beda beda, tergantung kebutuhan masing".
19.   Upi ad asramanya kak?
UPI menyediakan asrama
20.   Bedanya apa kak sama TP?
Bedanya di fokus kajiannya
21.   Kak sistemya udah ukt belum?
UPI sudah menerapkan sistem UKT ya
22.   Masuk upi susah ga kak?hehe
Masuk UPI gampang de, masuk gerbang aja 🙏 Yang sulit lolos dari berbagai test masuk UPI. Sama halnya masuk PTN lain seleksinya ketat.
23.   Biayanya asramanya berapa kak?
Untuk biayanya saya kurang tahu pasti untuk tahun ini. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak universitas karena berbeda" tiap tahunnya. Mohon dimaafkan ya 🙏
24.   Ka klalu jurusan yang di upi sepi peminat apa ka?
sampai tahun saya masuk kedua kalinya ke UPI, alhamdulillah UPI sekarang kayak jalanan jakarta -Ramai- Hehee, yang dianggap jurusan kurang peminat pun malah banyak yang masuk. Tapi kalau penasaran di web UPI sudah dishare tentang peminat prodi pada masing" fakultas.
25.   Oh iya kak, Kalau Mahasiswa Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI itu rapi rapi dan berseragam ya anaknya? Terus setau kak Abdul dan pandangan tentang mahasiswa MPP UPI gimana?
iya betul tapi mereka bukan mahasiswa kependidikan. Mahasiswa MPP ya, mereka rapi bersih wangi tinggi tinggi cantik cantik, hehee. Maklum kan calon pekerja bidang pariwisata ya. Mohon maaf ya soalnya belum pernah ngajar di jurusan MPP
26.   Kak aku juga mau tanyaa,kalo lulus dr upi lgsg dapet sertifikat mengajar gt atau harus ambil tes tes dl gt kak?
Soalnya setau ku kalo mau jd guru ada sertifikat kususnya gt
Terakhir dapat sertifikat ngajar itu lulusan angkatan saya tahun wisuda 2014. Setelahnya tidak dapat lagi sertifikat menngajar/akta IV.  Sekarang harus mengikuti lagi pendidikan profesi keguruan.
27.   Iya gapapa kak, itu batas asramanya berapa lama kak? Apa kaya ipb yg awal semester/bebas kapan aja?
Sejauh yang saya tahu, asrama itu dikhususkan buat mahasiswa kerjasama atau mahasiswa tertentu (itu waktu dulu saya masih jadi mahasiswa sarjana) hehe, kalau sekarang bisa dipakai juga untuk mahasiswa pendidikan profesi guru
28.   Kakak anak rantau atau asli sana kak?
saya asli Bandung 🙏
29.   Untuk pendidikan profesi keguruannya berapa tahun kakk?
Paling sebentar pendidikan profesi 1 Tahun sesuai linieritas program studinya.

Berikut Closing statement dari saya untuk adik adik. Mengutip Ungkapan dari Jujun Suriasumantri, bahwa:

"Ilmu memiliki fungsi yang bersifat estetik, yang kalau kita konsumsikan dengan baik, memberikan kenikmatan batiniah atau kepuasan jiwa.  Jiwa kita tergetar, terharu,  tersenyum oleh komunikasi artistik, menyebabkan dunia makna yangvtak terjangkau kasat mata. Jiwa kita bertambah kaya, persepsi kita bertambah dewasa,  yang selanjutnya akan mengubah sikap dan kelakuam kita. "

Pesan dari Saya :
Untuk menjadi seorang pengajar, dia harus menjadi seorang Pembelajar. Seorang pembelajar harus mau belajar. Setidaknya belajar tentang dirinya sendiri.

Semoga Bermanfaat ya, ini hanya sedikit informasi. Jika resah dan gelisah melanda, silahkan cek web upi di upi.edu atau adpend.upi.edu , jika semakin galau jangan lupa rapalkan doa doa di sepertiga malam kalian ya (bagi yang muslim) 🙏🙏🙏

Adpend. Citra Pendidikan Indonesia ❤ Mari Masuk Adminitasi Pendidikan untuk kemajuan Pendidikan Indonesia...
                               


1 Komentar untuk "Review Jurusan Administrasi Pendidikan UPI"

  1. Ka kalo adm.pend itu dapet kerja nya bisa di kantoran gitu ga ka? Makasihh:)

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel