iklan header

Review Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia



Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 1
1. kaka lolos jalur apa?
=> Gue masuk jalur snmptn
2. matkul nya apa aja sih kak yg bakal dipelajarin nanti?
=> Wah kalo matkul byk bgt dek tp seru2 krn gak cuma bljr kesehatan aja tp jg bljr soshumnya jg
3. kak bener ga kalo kesmas materinya kaya fk tp prakteknya ngga seribet fk?
=>  kebyakan materinya beda, dan praktiknya pun bedaa pastinya
4. prospek kerja di kesmas apa aja kak?
 => prospek kerja kesmas itu byk bgt bs msk ke depkes, rs, ataupun bnn ke perusahaan ngo diluar kesmas pun msh bs
5.  bener ya kak di kesmas bisa jd kepala rs?
=> Iya bisa ketika kalian ambil peminatan manajemen rs dan biasanya hrs s2 dulu
Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika


Sesi 2
1. apa yg membedakan kesmas UI sama kesmas di univ lain kak?
=> Kesmas ui itu kesmas pertama kali di indonesia dan jg ada peminatan yg byk jg
2. apa lulusan kesmas hanya bisa kerja dipuskesmas kak?
=> Enggaa byk kok lulusannya kerja di NGO gt dan yg kerja di pabrik2 gt jg   byk
3. kalo dikesmas harus pinter public speaking ga kak? kan ada yg sosialisasinya tuh kalo gasalah
=>  Enggaa jg kok, kita bakalan diajarin buat bicara dgn baik dan menarik kalo lg sosialisasi gt, jd kita nanti terbiasa juga
4. kenapa kaka milih kesmas?
 => Karena aku bingung waktu itu mau pilih apa jdnya pilih kesmas aja
5. apakah yg bisa msk kesmas hanya anak IPA?
=> Iyaa ipa doang meskipun nanti bljr soshum jg


Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 3
1. kalo magang biasanya dmn kak?
=> Wah kalo magang mah byk bgt tergantung nanti peminatan dmn dan dosen pembimbing jg bs merekomendasiin kita mau dmn
2. prakteknya kesmas ngapain aja kak?
=> Sejauh ini sih kalo aku praktek kesmas nya itu msh yg gmn caranya kita buat lbh ngenal masyarakat kyk gmn, kalo untuk bljr intervensi ke masyarakat lbh byk lewat organisasi sih
3. prakteknya kesmas ngapain aja kak?
=>  Sukanya kesmas itu menurut aku gabut dan kita bs bljr matkul soshum meskipun kita anak kesehatan. Dukanya itu krn aku gaterlalu suka buat menghafal teori gt jd rada effort sih
4. kesmas kebanyakan teori atau praktek kak?
=> Semua praktek yg kita lakuin pasti ada teori yg mendasari dek, jd seimbang kok
5. bedanya kesmas, perawat, sama dokter apa nih ka?
=> Kesmas itu lbh bljr bagaimana sih kita mengintervensi masyarakat secara luas dan jg melakukan pencegahan penyakit2 gt, kalo dokter dan perawat intervensinya itu hanya face to face aja bukan secara masal. Kesmas jg bljr gmn sih memanajemen keuangan dan manajemen manusianya jg
Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika

Sesi 4
1. kesmas lebih banyak biologi atau kimianya kak?
=> Kalo buat kesmas sih yaa byk biologinya tp seru sih, tp kalo prodi lain beda2
2. kesmas bisa ga kak buka praktek sendiri?
=> Buka praktek gmn ya maksudnya? Buat nyembuhin orang sakit apa gmn nih?
Iyakk gue bingung mau jwb apa, mungkin gini ya gue lurusin aja kesmas itu tidak sama dgn dokter ataupun apoteker yg py surat izin buka praktek krn emg kita gada ilmu kesitunya jg, kita hanya tau nih penyakit2 kyk gmn tp ya kita krg mendalam buat tau gmn cara penyembuhannya gak kyk dokter yg tau penyembuhannya kyk gmn
3. biaya kuliahnya mahal ga kak?
=>  Engga kok kalo di ui masalah biaya itu dipermudah yg penting msk dulu aja ke ui
4. keunggulan dan kekurangan kesmas dibandingkan dgn jurusan medis yg lain apa?
 => Keunggulanya ya kalian bs tau perkembangan kesehatan masyarakat di luar sana kek gmn dan jg ya kalian bs lbh care sm masyarakat secara luas sih, kurangnya mungkin di indonesia kesmas itu blm byk yg tau krn emg kesehatan di indonesia yg msh bukan menjadi prioritas utama bangsa
5. kesmas kebanyakan perempuan atau laki2nya kak?
=> Banyak perempuannya tp gak menutup kemungkinan buat cowo msk ke kesmas krn toh bukan bljr yg terlalu feminim bgt kok


Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 5
1. kak dikesmas ada nyangkut materi yg related ke psikologi gak?
=> Adaa tp gak begitu mendalam sih kalo mau mendalam ya belanja matkul ke fakultas lain
2. bener ya lulusan kesmas susah cari kerja?
=> Engga juga sih buktinya alumni nya byk kok yg udh dpt kerja yg keren2 gt
3. matkul apa yg paling kaka sukaa dijurusan kesmas?
=>  Hmm matkul apa ya, lbh suka matkul yg rada2 soshum sih kyk komunikasi kesehatan gt
4. akreditasi kesmas di UI gmn kak?
 => A
5. peminatan kesmas UI apa aja kak?
=> Gue jelasin secara umum dulu ya, di fkm ui itu ada 7 departemen, 3 departemen diluar prodi kesmas (gizi, k3, KL) 4 departemen itu utk peminatan kesmas (epidemiologi, biostatistika, PKIP, AKK) nah kalo peminatan di kesmas itu tiap taun suka berubah2 kdg dibuka kelas kdg engga tp peminatan yg pasti dibuka setiap taunnya itu ada epidemiologi, biostatistika, manajemen rs, manajemen asuransi kesehatan, promosi kesehatan nah peminatan kyk kesehatan reproduksi, manajemen pelayanan kesehatan, manajemen k2, dan manajemen KL itu kadang dibuka kdg engga tergantung peminatnya

Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 6
1. kalo pilih k3 kesmas prospek kerjanya gmn?
=> K3 prospek kerjanya sangat amat dibutuhkan di perusahaan yg ada di indonesia
2. peminatan kesmas yg plg diminati biasanya apa kak? dan kenapa?
=> Apa yahh tiap taun suka berubah2 sih peminatan, tp byk tuh yg manajeme rs sm askes
3. apa benar kak kalau mahasiswa fkm nanti ada praktik untuk memantau perkembangan anak gt?
=>  Perkembangan anak kyk gmn tuh? Gizinya? Kalo gizi ya anak gizi yg mantau
4. mahasiswa fkm paling cepet lulus thn brp kak?
 => 3.5 tahun byk kok
5. susah ga sih kak survive difkm UI?
=> Engga gampang asal jalaninnya bener

Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 7
1. sebelum msk fkm kaka pernah minat dijurusan lain jg hak?
=> Mau teknik tp krn disaranin gk milih teknik jd milih kesmas itu pun coba2 aja
2. apa mahasiswa fkm setelah lulus ada yg bekerja diluar bidangnya?
=> Setau aku sih byk, kakanya temenku contohnya dulu di kesmas peminatan manajemen rs tp skrg kerja di peti kemas
3. banyak ga kak alumni fkm UI yg langsung lanjut s2?
=>  Lanjut s2 nya itu beasiswa luar negeri
4. kesmas banyak Data ga sih kak?
 => Gak banyak jg sih standar aja
5. kaka ada niatan lanjut s2 gak? kalo iya dmn?
=> Ada tp mau kerja dulu jd galangsung s2 dan maunya di ui lg
Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 8
1. kak kalo snmptn itu nilai biologinya flat terus nilai kimianya naik turun itu apaaa bisa keterima dikesmas?
=> Untuk proses penilaian di snmptn itu aku gatau ya dek sistemnya gmn dr panitianya, jd byk berdoa aja
2. kesmas itu kerjanya sosialisasi kesehatan gitu kak?
=> Kesmas bs kerja apa aja sih sbnrnya, gak cuma sosialisasi aja
3. kalo pilih manajemen rumah sakit, kerjanya harus dirumah sakit apa ya kak?
=>  Untuk yg di rs itu mah bebas mau dmn kita ngeapply cv
4. kalo pilih manajemen rumah sakit, kerjanya harus dirumah sakit apa ya kak?
 => Promosi kesehatan bs kerja di kemenkes atau dmn pun sih
5. bedanya kesmas UI itu udh jadi departemen kesmas ka?
=> Departemen2 itu adalah bagian dr kesmas ui kecuali departemen gizi

Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 9
1. jurusan kesmas UI itu udh jd departemen kesmas kak?
=> Kesmas itu umum dek, nah tp di kesmas ui tuh punya departemen gitu
2. event atau lomba yg akan diikuti kesmas UI apa kak?
=> Byk bgt yg konferensi jg sih dan fkm itu jg punya byk event yg diadain
3. lomba ttg kesmas UI udh dpt prestasi apa aja kak?
=> prestasi kesmas itu aku kurang tau, tp kalo nanya nya mahasiswa fkm berprestasi itu byk apa engga ya byk bgt
4. dosen yg mengajar kesmas itu semua doktor semua kak?
 => Minimal dosen fkm itu s2 dan byk jg yg prof dan guru besar
5. kesehatan masyarakat di UI ada dibagi2 lagi gak sih kak jurusannya?
=> Bukan jurusan tp peminatan coba dibaca lg jawaban disesi 5 ya mengenai peminatanya

Bedah  Jurusan Kesehatan Masyarakat UI bersama Kak Mustika
Sesi 10
1. seberapa sering ka study tour sama observasi dikesmas UI ka?
=> Study banding itu byk bukan cuma dr kesmas aja tp dr bem nya jg sering
2. toefl berpengaruh gak sih kak untuk msk dikesmas UI? kalo iyaaa scorenya brp?
=> Engga kok gak ngaruh
3. kesmas kkn nya gmn kak?
=>  Kkn itu gawajib, tp kalo di kesmas ui udh ada matkul wajib yg hampir sm kek kkn
4. gizi msk ke kesmas ga kak?
 => Gizi msknya ke fkm bukan prodi kesmas
5. kalo kesmas gt kemungkinan akan ditempatkan
=> Ditempatin apa maksudnya ya? esmas gada yg pengabdian gt setau gue dek ya kalo lulus ya cari kerja nanti kalo dptnya di luar jawa ya berarti rezekinya disitu

Motivasi : Closing statemen dr gue ya semangat aja kalo mau masuk ptn mana pun dan lewat manapun, perbaiki diri kalian jg dgn tuhann semangat buat sekolahnyaaa yaaaa

1 Komentar untuk "Review Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia"

  1. Kak, mau minta saran nih. Aku disaranin masuk sini sama temen, karena katanya dari minat sama kemampuan aku cocok disini. Tapi, aku bicara sama ortu kalo aku pengen masuk sini. Terus ortu malah nanya, " kesehatan masyarakat mau jadi apa.." gitu kak. Saran kakak gimana kak?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel