iklan header

Bedah Jurusan Agribisnis Unibraw



đź’¬ Bedah Jurusan, Agribisnis dengan Narasumber Ka Reyvan Maulid P dari Universitas Brawijayađź’¬

Sesi 1:

1. Kalo agribisnis itu fokus ke bisnis gitu apa gimana ka?
• Jadi agribisnis ituu hmm lebih kee bisnisnya hasil pertanian. Kalau kalian sering mendengar mungkin bisnis yang kayak di fakultas ekonomi dan bisnis dll. Sebenernya kalau dilihat dari matkul yang saya jalanin sampe sekarangg ituu ada sosial, ekonomi, kimia, biologi dll semua nyampur jadi satu. Jadi agribisnis ituuu sebuah serangkaian proses dimulai dari penyiapan lahan, budidaya, pengendalian hama dan penyakit sampe ke pemasaran dan terakhir dipasarkan sampe ke tangan kaliann untuk dikonsumsi.

2. Kak unbraw uktnya mahal ga kak?
• ukt di agribisnis paling tinggi 6 juta tp kalau seluruh UB ya tergantung jurusannya duluu kalau semisal ranahnya kedokteran, teknik semacam itu yaa uktnya muahal hahaha.

3.Ka prospek kerja agribisnis itu seperti apa?
• Terus prospek kerjanya ituu bisa jadi dosen, manager di perusahaan agribisnis, pns bisa di dinas pertanian, kementan dll.

4. Kak ikut organisasi gak diunbraw?kl iya organisasi apa kak
• Kalauuu organisasi akuu kemarinn cumann himpunan aja sii terus disambi sama ikutan kepanitiaan heheh

5. Apa ada kesulitan yg kakak rasain di mata kuliah tertentu jurusan agri? Makasih
• duluu di semester awal agak kesulitan soalnya akuu rada ga paham sama matkul tertentuu kayak misalkan ekologi, matematika ekonomi dll seperti ituu lambat launn pas semester 2 akuuu mulai menyesuaikan diri dannn ituuu yg semester 2 kebanyakan matkul agro makanya ituu akuu mulai belajar terus dan pas praktikum akuu bisa Alhamdulillah.

6.Bedanya agribisnis dengan agroteknologi itu apa kak
• Perbedaan Agroekoteknologi dengan Agribisnis.

Agribisnis dan Agroekoteknologi merupakan 2 jurusan yang ada di Fakultas Pertanian. Langsung ke intinya aja yahhh, Agribisnis ituuu lebih kepada bagaimana kaliannn mengelola atau memanage kegiatan bisnis pertanian yang terdiri dari beberapa subsistem mulai dari hulu-hilir (budidaya-pemasaran). Lalu agribisnis ini jugaa berkaitan dengan sosial ekonomi dalam pertanian. Bagaimana berusahatani komoditas hasil pertanian, bagaimana cara mengatur dan mengelola manajemen pemasaran hasil pertanian dll. Di agribisnis kaliann belajar berbagai disiplin ilmu mulai dari ekologi pertanian, sosiologi pertanian, pengantar ekonomi pertanian, teknologi pengolahan dan penanganan hasil pertanian, perilaku konsumen, pemasaran hasil pertanian, manajemen agribisnis dan masih banyak lagiii yang lainnya. Kalian juga belajar bagaimana berkomunikasi yang baik kepada petani, bagaimana strategi berwirausaha pertanian dengan profit yang sebesar besarnya dengan biaya yang seminimal mungkin, kalian juga praktikum lapang dan kunjungan lapang ke industri makanan dan minuman serta balai penelitian tanaman hortikultura. Dan masihh banyak lagiii
Prodikuu ituu lebih ke pemasarannya sama hasil tani nya ituu bakal dibuat jadi apa terus ada nilai tambah sosial ekonominya juga. Sebenernya prodiku tuhh kan bisnis pertanian sama sosial ekonomi tp pas wisuda kalian nanti akan  menyandang gelar sarjana pertanian tetep kudu belajar budidaya pertanian ilmu tanah hama penyakit pokoknya sesama pertanian kudu saling melengkapi dahhh wkwk istilahnya agro yang menanam agri yang menjual hasilnya. HPT yg memperkirakan apakah tanaman tersebut mengalami kehilangan hasil akibat serangan OPT apa tidak. Anak tanah kudu ngerti jenis tanah sama ph yg cocok buat komoditas ini itu nak budidaya kudu tauu komoditas mana yg cocok sama persebaran wilayah + pembagian hujannya + iklim yg tepat
Jadiii anak agro dan agri di UB ituu saling melengkapii yaaa. Karena nanti kalian akan menyandang gelar sarjana pertanian
Agroekoteknologi lebih fokus ke pemuliaan tanaman, pengendalian hama dan penyakit serta tanah. Dan juga dilihat fisiologi tanaman, morfologi tanaman, hama yg menyerang pada tanaman budidaya, jenis tanah yang cocok untuk pertanian, bagaimana cara menanam varietas unggul dan tahan akan serangan hama, manajemen pengendalian hama dan penyakit tumbuhan, iklim dan persebaran hujan di berbagai wilayah harus cocok

7.Sorry kalo rada ke pribadi , dulu masuk ub lewat jalur apa ?
• kuuu lewat jalur sbmptn Alhamdulillah soalnya snmptn aku gadapet dann ekspektasiku tidak berbanding lurus dengan realita

8.Kostan di unbraw mahal apa murah kak?denger2 mahal ya?
• Untuk koskosann, lihat letaknya duluuu hehehe dan harganya bervariasi wkwk. akuu aja kena 5 juta kosnya heuheuu

9.Unbraw ada cerita serem gitu ga kak? Wkwkw
• Kalau cerita seremnya katanya ada sihhh di deket asrama UB katanya ada hantu muka rata wkwkw. Tp gatau ahhh bener apa kagak wkwk.
Kalo cewekk mahhh bertebaran asad. Dari sabang ampe merauke behhh semuanya beragammm. Tinggal pilih saja mauu drmn orangnya, latar belakangnya apa hehehe.

10. Kak di agribisnis yang dipelajarin apa aja? 
• yang dipelajari beragam semua multidisiplin ilmuu bisa ada di jurusan ini. Sosiologi ada, ekonomi ada, manajemen ada, komunikasi ada, budidaya pertanian, hama dan penyakit tumbuhan, ilmu tanah, teknologi pangan juga ada. Jadii yaaa kalian ga belajar hanya patokan satu aja hehehe.

đź’¬Bedah Jurusan, Agribisnis dengan Narasumber Ka Reyvan Maulid P dari Universitas Brawijayađź’¬

Sesi 2;

1. Ka kalo lewat jalur mandiri, ub ada uang pangkal? Kira2 berapa?
Trus kena uktnya yg mana ka kalo lewat mandiri?
• Katanya sii ada uang pangkal. Soalnya kann ya tau sendiri mandiri itu kan mahal huhuu ada sumbangan tertentu kayak bandwidth dll. Kalau uktnya nantii diproporsionalkan kembali lagi ke kemampuan gaji ortu

2.  bedanya agribisnis sama teknologi hasil pertanian apa kak?
• Bedanya agribisnis sama THP ituuu jadii kayak cerita yaa. Agribisnis kann pemasaran hasil pertaniannya. Kann habis budidaya selesai pasti ada proses panen dan pasca panen. Kami agribisnis ituu memasarkan kalau thp ituu lebih ke penanganan pasca panennya kayak mutu produknya, kualitasnya, keamanan pangan dll

3. ceritain tentang biaya hidup di sekitar ub dong kaa
Dari kos an, makan, dllnyaa
• Biaya hidup... Ngomong ngomong biaya hidup sii kalauu kos akuu kena 5 juta terus makan paling akuu diberi uang sakuu 300rb aja hamdulillah cukup, kalau kurang ya minta lagii wkwkwk

4. Kak cara fokus kuliah di malang gimana? Secara kan banyak spot wisata kekinian disana
• Kalauu fokus kuliahh sii yaaa mindset kita kudu niat dulu heheh. Masalah liburan itu entar aja kalau masalah udah selesaii hehe.

5. Kak, apa kesan pesan ospek di ub. Dan apa saran kakak buat kita2 yang mau menghadapi ospek? :')     • Kesan pesan ospek di UB uuuu berkesan bangett. Aku angkatan pertama yang pake papermob waktu upacara pk2maba univ. Dan bentuk formasi tulisan UB. Terus sarankuuu kalian harus hargai waktu yaa dan hargai siapa yang bicara di depan dan hargai siapa yang berbicara, dengerin apa kata mereka. Soalnya di univ kalian ituuu pasti akan dididik yg namanya disiplin dll gituu makanya kaliann nanti akan dapet kejutan saat ospekk dan pasti berkesann bangett

Belum ada Komentar untuk "Bedah Jurusan Agribisnis Unibraw"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel