iklan header

Review Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada




Bedah jurusan Hubungan Internasional bersama Kak Cinthya

1.Kak jelasin dong di HI itu belajar ajj sih? Ada gk sih pelajaran mtk?

"Ilmu Hubungan Internasional itu mempelajari pemikiran seseorang mengenai analisis interaksi antarnegara" (Pamuji, 2015)
Mungkin dengan definisi tersebut dari dosenku, teman-teman bakalan dapet gambaran luas mengenai Ilmu HI.

Ilmu HI itu sangat luas.
Jadi, di dalam Ilmu HI, teman-teman bakalan belajar segala unsur dan komponen yang berkaitan dengan interaksi antaraktor internasional dan interaksi antaraktor internasional itu sendiri. Juga, kita akan menganalisis perilaku interaksi-interaksi tersebut dengan menggunakan segala teori-teori HI.


Kenapa aktor internasional? Karena dalam dunia kontemporer, hubungan internasional tidak hanya terbatas pada hubungan antarnegara saja, tetapi sudah meluas kepada LSM, MNC, dan sebagainya.

Unsur dan komponen bagaimana? Nah, dalam interaksi antaraktor internasional, pasti ada ideologi, kepentingan, politik, dan sebagainya, yang menyertai.

Sehingga, pada saat para aktor internasional yang telah disebutkan di atas berinteraksi, kita akan mencoba menganalisis interaksinya.
Menganalisisnya pun menggunakan berbagai teori-teori HI yang sudah berkembang dan terkembangkan sedari dulu. Seperti dengan teori realisme, liberalisme, dan sebagainya.


Untuk HI UGM sendiri, setauku, tidak ada mata kuliah matematik.



2.Kak hi itu pake english full ya klo bljr ??

Di HI UGM, bahan bacaan kuliah menggunakan bahasa Inggris. Perkuliahan menggunakan bahasa Indonesia, kok! (Berlaku pada kelas reguler).


3.Kak, kalo lulusan HI itu pas lulus kl nyari kerja tp gapunya link/kenalan gt susah ga?

Link/kenalan kan, pada dasarnya, bersifat untuk mempermudah pencarian pekerjaan. Jadi, dengan menjaring link sebanyak-banyaknya ya semakin tinggi peluang untuk memiliki relasi dalam dunia pekerjaan nanti. Tapi, it really depends on yourself, sih. Tergantung juga tujuan kamu masuk HI itu apa dan prospek pekerjaan yang kamu inginkan itu apa.


4.Apa aja sih kaa yg dipelajarin? Shearing dong.

Di HI UGM, kami, secara detilnya, mempelajari diplomasi, politik luar negeri dan diplomasi RI, peminatan kawasan tertentu (ada amerika latin, eropa, asia timur, dan sebagainya), teori-teori HI, isu-isu kontemporer, pengantar studi perdamaian, dan sebagainyaa.

5. Utk masuk hi ugm susah ga sih kak? Apa yg mesti kita persiapin buat tes masuk hi?

Hmm, standar susah atau mudah setiap orang itu berbeda. Tapi dengan persiapan yang matang, kalian menuju selangkah ke arah lebih mudah.
Menurutkuu, banyak latihan soal dan perdalami konsep untuk tes-tes tulis. Kenali pola soalnya karena itu membantu kalian untuk mempermudah pengerjaan.
Oh, satu lagi, trust your instinct!

6. kk HI snm atau sbm?

Akuu masuk Ilmu HI dari SBMPTN dan UTUL nih.

7. Emang kalo jurusan pemerintahan dll dlm keadaan MEA gini jadi ga dibutuhin?

Justru, menurutku, peran pemerintah bakalan lebih sigap. Kenapa? Karena dalam tempo hubungan internasional yang semakin cepat karena adanya MEA, setiap negara tentu saja mencoba untuk mempertahankan kepentingannya dalam konstelasi kepentingan politis setiap negara. Walaupun batasan terasa "fana", tetapi pemerintah akan berupaya untuk tetap melindungi kepentingan nasionalnya. Dengan cara apa? Dengan cara diplomatis, membuat politik luar negeri tertentu, menghadiri konferensi, dan sebagainya.

8. Dari sbm sama utul? 2x ka?

Aku SBMPTN dapet HI UNPAD.

9. Tes UTUL itu kyk gima sih kak? Beda gk sih? Trus tesnya itu lebih deluan mana sih sbm atau utul?

UTUL adalah tes tulis yang diselenggarakan oleh UGM. Secara keseluruhan mirip, tetapi ada beberapa penilaian yang beda dan jumlah soal yang berbeda.
Bisa dicek langsung ke website resminya ya biar semakin clear :-)
SBMPTN dulu, lalu UTUL.

10. Kak tadi aku baca di blog kalau HI kan belajar second foreign language, itu cara kita pilih bahasa nya gimana? Dan ada berapa bahasa di second foreign language?

Pertanyaan begini selalu aku dapati. Well, i can say that it really depends on your need. Kenapa? Karena, pada dasarnya, tujuan mempelajari banyak bahasa kan agar bisa berkomunikasi dengan ragam orang. Nah, itu yang menjadi nilai plus. Bukan cuma di Ilmu HI aja.
Nah, karena memang kebetulan prospek HI selalu diasosiasikan  berinteraksi dengan orang-orang beda bahasa, maka selalu mahasiswa Ilmu HI distereotipkan harus bisa berbagai bahasa.
Padahal itu semua balik ke diri masing-masih karena itu sesuai dengam kebutuhan masing-masing.

11. Kak kalo media massa atau
 pertelevisian gitu ada kerjaany yg spesifik buat lulusan hi nggak? Biasanya kalau lulusan hi yg kerjanya bukan di pemerintah, kerjanya sbg apa? (hehe)

Masalah pekerjaan itu balik lagi ke diri masing-masing. Tapi dengan belajar Ilmu HI, kamu bakalan dapat bekal untuk menganalisis suatu interaksi antarnegara beserta unsur yang memengaruhinya. Jadi mungkin, menurutku, yang dirasa relevan tuh bisa jadi jurnalis, reporter, dan sebagainya. Menurutku, itu sih yang ada relevansinyaa.

Banyak, bisa jadi konsultan, jadi anggota LSM, di media, dan lain-lain tergantung minat kamuu.

13. Kalau yg kurang bisa bahasa inggris gimana tuh ka?

Hmm, bisa kok sembari belajar selagi menuntut Ilmu HI!


14. Peluang buat jdi dubes besar gak kak? Aku minat HI nih, tdi ada yg blg di HI buat jdi dubes itu harus dket presiden. mnurut kk gmna?


Hahaha, gimana ya. Duta besar kan "presiden"nya negara di teritori luar. Nah coba hitung aja berapa lulusan HI dan jumlah negara-negara berdaulat. Emang sebegitunya sih, tapi kan masih ada posisi-posisi lain di kedutaan. But if you want to be it, then strive for it!
Kalau yang masalah deket presiden, it really depends in the president. Ada jenis presiden yang memang ingin sistematis, ada juga jenis presiden yang lebih suka mengutus orang kepercayaan agar lebih mudah dikoordinasi.


15. HI yg bagus di ptn mana ka?

Di mana saja yang menurutmu bisa mewadahi dsn nge-cover kehausanmu akan Ilmu HI :') karena setiap universitas memiliki tujuan perkuliahan, orientasi, dan mata kuliah yang berbeda.

16. Kak emang bener ya soal utul lebih mudah dr soal sbmptn? Hehe

Lah, malah menurutku kemarin susahan UTUL. Tapi standar sulit/mudah kan tertantung setiap orang heheue


17. Kak di jurusan HI ada praktek gk sih? Atau kayak turun langsung ke lapangan gitu ada gk sih?
Praktek apa dulu nih maksudnya? Kalau praktik di kedutaan sih ngga menjadi bagian dari silabus. Tetapi ada kok kesempatan untuk ngikut sejenis MUN (model united nations) gituu.
Dan praktek langsung mungkin emang harus dicari sendiri. Kadang ada kok kedubes yang menawarkan "a day of being diplomat" dan sebagainya.

18. Kak utul ugm yang diselenggarain di jakarta tempatnya dimana ya kak?

Nanti ditentukan oleh panlok. Saya sendiri tidak tauu di mana pastinya.

19. Kaa mau tanya ilmu komunikasi ui bahasa inggrisnya harus mateng jga gak?

Saya bukan anak kom ui.......

20. Daya tampung hi ugm banyak ga kak?

Untuk kelas reguler 2015, daya tampungnya 83 mahasiswa.

21. Kak apa jurusan hi lapangan pekerjaan di bidang pemerintahan (pns) hanya sebagai dubes ya? Maaf kak nanya dua kali

Adik-adik dan teman-temankuuu, masalah prospek pekerjaan itu bergantung ke masing-masing orang. Jadi menurutmu yang mana terasa convenient, lakukanlah. Ilmu ngga selamanya bersifat rigid. Ngga selalu Ilmu HI jadi duta besar, Ilmu komunikasi jadi presenter, politik dan pemerintahan jadi DPR.
Ngga harus kok.
Jadi mana saja yang dirasa sesuai dan/atau aplikatif bagi teman teman :-)

22. Kak kalau SMA nya jurusan bahasa
Bisa ambil HI untuk SNM gak? Atau SBM aja?

Temenku ada yang dapet HI UGM melalui SNMPTN dan dia dari jurusan Bahasa :-)

23. Ka kenapa masuk HI? Apa yg membuat kaka tertarik buat milih jurusan HI?.-.

Weheee, ini harus dijawab di sini juga kah? Takut tidak terlalu relevan dengan semuanyaa heheu

24. Kak berarti kalo anak IPA mau sbmptn HI masuk ke IPC ya?

Boleh dipilih kok. Bilamana kamu ingin gabung ke rumpun soshum di ketiga pilihan yaa otomatis soshum. Kalau masih ada pilihan saintek beserta soshum yaa harus IPC :-)

25. KAK apa HI itu jurusan terfavorit...?

Hmm, standar favoritmu gimana dulu nih?

26. Kak tapi soal utul masih se alur sama sbm ga ka?atau beda banget kaya simak yang tiap tahun soalnya gabisa ditebak?

Masih sealur kok menurutku, masih bersifat konseptual. Jadi, ya, kalau kamu belajar konsep untuk SBMPTN, otomatis di UTUL kamu ngga terlalu kelabakan.

Pola soalnya lumayan berbeda seingatku antara SBMPTN dan UTUL. Tapi untuk soal UTUL setiap tahun hampir-hampir mirip kok di tahunku hehehe

1 Komentar untuk "Review Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada"

  1. ka aku kan bingung mau ambil HI UGM atau UNPAD karena menurut aku sama sama bagus, dan gimana cara belajar kaka buat sbmptn?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel