iklan header

Review Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada



Bedah jurusan Ilmu Komunikasi UGM bersama Kak Isvi

1. Kak ikom itu yg dipelajari apa aja

Ilmu Komunikasi itu belajar banyak banget, tergantung peminatan yg nanti mau kamu ambil. Semester 1, kalian bakal belajar pengantar ilmu komunikasi, pengantar ilmu politik, dasar2 penulisan, penulisan akademik, public speaking, filsafat modern. semester 2 mulai belajar komunikasi massa dll. semester 3 belajar sesuai peminatan

2. Belajar di ilkom itu gimana kak?

belajar di ilkom itu seruu! kalo di kampusku, dosennya gaul semua. pakaian juga bebas mau pake pakaian apa aja. belajarnya nggak kaku, banyak ke praktek meski materi juga banyak. karena di ugm kita di didik untuk jadi praktisi yg paham banget sama teori

3.Ka harus jago bahasa inggris ga? Sksnya apa aja? Disana udah ada studio sendiri?

di ilkom ugm, gaada mata kuliah bahasa inggris. kita nggak dituntut jago bahasa inggris, karena itu kesadaran pribadi masing2. aku juga masih belum lancar bgt kok. tapi buku2 literatur kuliah itu kalo di ugm kebanyakan pake bahasa inggris

4. Kak peminatannya ada apa aja? Mulai dari semester berapa? Lalu bisa milih peminatannya itu berdasar nilai ip kita atau memang kemauan kita aja. Terimaksih

menurutku, gaada yg sulit. karena aku bener2 milih jurusan ini sesuai keinginanku, jadi aku ngejalaninnya juga niat trus seneng dan ga ngerasa kesulitan

5. Kak peluangnya anak ipa yg mau msk ikom gmn kak??? Soalnya kan lintas jurusan..

Temen2 ku baik yg snmptn maupun sbmptn banyak kok yg ipa. yg snmptn terutama. ada lebih dari 5 orang yg ipa. bahkan dari jalur sbmptn ada yg dari smk pelayaran

6. Kak ilkom itu sistem belajarnya gmna ?

sistem belajarnya ya sama kayak jurusan lainnya. cuma kita lebih santai dan gaada praktikum

7. Kak klo ilkom itu hrus update mulu ya ?

nggak harus sih. kamu akan jadi orang yg paling update dengan sendirinya. karena lingkunganmu bakal update bgt

8. Kak,kalo ilkom itu yang harus dikuasai apa saja?

Yang harus dikuasai adalah niat. kalo masalah jago nulis, jago ngomong dll bakal dilatih karena ada mata kuliahnya tersendiri

9. Kak dulu pas sma nya kakak ipa atau ips? trus temen2 kakak di sana individualism gtu atau engga kak? makasi kak

Aku ips dan masuk lewat jalur sbmptn. Disana dapet temen gampang bgt dan ramah semua. Dikit bht yang individualism gitu. Aku aja betah hehe

10. Kak kalo kurang aktif ngomong apa bisa di ilkom?

Bisa klk. Karena ilkom nggak cuma sekadar ngomong

11. Sbnrnya prospem kerja kom apa ka?

kamu bisa kerja diseluruh bidang yang paling membutuhkan anak ilkom itu provider ilkan, media, stasiun tv, perusahaan,rumah produksi film, bahkan pemerintahan.

12. Ada nilai rata2 gasih ka kalo masuk ilkom?

Nggak ada.

13. Ada yg pernah bilang, kuliah jurusan ilmu komunikasi itu santai bahkan per matkul durasinya cuma 1-2 jam doang. Itu bener gak kak? Terutama kalo di ikom UGM itu sistem belajarnya gimana.

bener bgt. bahkan aku pernah kuliah cuma 15 menit. di semua jurusan, durasi kuliah tergantung dosen dan mata kuliah, dan diliat dari jumlah sks mata kuliah tsb. untuk sistem belajar udah dijawab yaa hehe

14. Kak peminatannya ada apa aja? Mulai dari semester berapa? Lalu bisa milih peminatannya itu berdasar nilai ip kita atau memang kemauan kita aja. Terimaksih

di ilkom ugm, peminatan dimulai dari semester 3. ada 2 peminatan atau konsentrasi yg bisa kamu pilih, yaitu konsentrasi media dan jurnalistik, sama konsentrasi strategis. media dan jurnalistik itu belajar film, jurnalisme, fotografi jurnalistik, dll yg berhubungan dg media. konsentrasi strategis itu belajar tentang dunia public relations dan periklanan

15. Kalo jurnalistik itu termasuk ikom jg kan? Biasanya yg diprioritaskan itu menguasai pel apa?

iya, bahkan ilkom ugm terkenal kuat di jurnalistiknya. gaada yg diprioritaskan

16. Kak, cara ngajar dosennya enak gak? Terus kita bisa jadi aktivis gak? Terus dosennya ada yg atheis gak?

enakkkkkkk!!!!! bisaa bisa, karena ilkom ugm masuknya fisipol, kamu bisa bgt jadi aktivis. kalo masalah atheis atau nggak, itu privasi masing masing individu. di dunia kuliah kamu bakal banyak menemukan orang2 atheis, lgbt, dll. kamu bakal diajarin sama lingkunganmu, kalo seseorang dinilai melalui kemampuannya atau seberapa berkompeten dia, bukan dari atheis atau tidaknya.

17. Kak, nih yaa.. aku kan udah ada di jurusan multimedia, mau masuk jurnalistik. Cuma aku mikir persaingan kerja di dunia jurnalistik itu masih luas apa ngga. Jd masih labil jugaaa. Pdhl udah senengggg bgt sm jurnaliss. Cuma org tua selalu ngomong kl "kamu tuh ceweee kl nanti mau kerja di jurnalis tuh susahhh karna dunia perfilman tuh diatas umur 35 bakal kegeser sm yg muda2 karna perkembangannya"

luas banget!!!! gini, kamu bayangin usia produktif orang secara subjektif kan beda. banyak bibit baru, dan banyak juga yg berhenti kerja karena banyak hal. peluang di dunia jurnalis itu selalu terbuka lebar. jangan dengerin omongan yg bikin kamu mempertimbangkan bahkan mempertaruhkan masa depanmu, karena itu masa depanmu bukan masa depan mereka.

18. Kak isfi, btw kakak peminatan apa?

aku belum semester 3 jd belum bs ambil peminatan. aku pengennya sih strategis

19. Kak ilmu komunikasi yang bagian hubungan masyarakat itu gimana sih kuliahnya? Apa aja yang di pelajarin?

hubungan masyarakat disebut juga public relations. kita mempelajari manajemen konflik, public speaking, komunikasi massa, dll yg berkaitan.

20. Ada bc gaksih ka?

ada, masuknya ke media dan jurnalistik

21. Pernah tugas keluar?

belum pernah

22. Kak pas test sbmptn apa aja yg di test?

mata pelajaran kayak un, cuma lebih mendalam materinya dan ditambah tpa.

23. Kakak anak ips dan keterima lewat sbm kan ya ka? Kakak dari kalimantan? Kenapa milih ugm?

iyaaaaa. aku milih ugm karena disuruh ortu sih hehe makanya aku simpen di pilihan terakhir dan alhamdulillah keterima, bahkan aku ngerasa bersyukur bgt masuk ugm karena enak bgtt

24. Kak, kalo mau kuliah di ikom, apa harus punya tambahan kemampuan bahasa asing selain english?

harus tapi tidak dituntut sama fakultas maupun jurusan. dunia kerja yg akan menuntutmu untuk punya kemampuan itu

25. Kaaa ilkom di ugm ada yg lulus jdi presenter gak?

Banyakkkk bgttt

26. Kakk lulusan ilkom yg kerja di tv (ex:trans/net/etc) biasanyaa bisa kerja dibagian apa aja kak? Selain jurnalis/prsenter gituu

semuanya bisaaa tergantung lowongan sama atasan yg menempatkan kamu di posisi apa

27. Kaaa klo mau jdi presenter ambil jurusan apa?

presenter itu lebih ke media dan jurnalistik.

28. kak, aku kan pengen jadi pembawa acara gitu ya kak. nah aku sering cari biografi presenter ternama gitu kak kayak najwa shihab, putra nababan, dll kak. tapi pas aku liat biografi mereka, kenapa rata-rata mereka itu lulusan hukum, ekonomi dan statistika ya kak? tolong bantu dijawab ya kak, kira kira seberapa menunjangnya jurusan ikom untuk jadi presenter? terima kasih kak!􀰂􀅖smile􏿿

Karena presenter itu nggak harus dari ilkom. gitu juga sebaliknya, anak ilkom ga harus kerja jadi presenter atau jurnalis. semua tergantung kemampuanmu, dan aku mau nambahin untuk jadi pembawa acara itu selain butuh pengetahuan yang luas, harus berkarakter, kritis juga punya "tampang yang menjual" lah gitu istilahnya hehe terus juga bertahap.. Mungkin awal2 itu kamu jadi humas dulu, reporter lapangan dulu, baru deh kalo memang sesuai kualifikasi dan berpengalaman kamu bisa aja dikasih program buat bawa acara itu sendiri.. Kalo jurusan komunikasi itu berguna bgt buat pondasi kamu jadi presenter
Tapi kenapa orang yg disebutkan di atas bukan jurusan ilkom? Karena mereka memenuhi kualifikasi yg dibutuhkan.
Aku masih inget Najwa Shihab bilang di salah satu talkshow yg aku hadiri waktu itu, katanya "yg terpenting saat kuliah itu segimana kamu aktif berorganisasi dan berurusan dgn orang2, event apa aja yang kamu tangani" dan kalo gasalah dia pernah menjabat posisi penting saat buat acara yg menghadirkan Gusdur saat jadi mahasiswa di hukum UI.
Gitusih, Bunga. Jadi selain pendidikan buat memperluas pengetahuan, harus aktif organisasi yg menunjang juga.

29. menurut kaka penting ga seorang jurnalistik itu harus pede, harus pintar mencari informasi, dan pandai berbicara di muka umum?

Penting

30. Oh gitu.. Ohiya td kan kakak bilang, ada jurusan strategis kan dan isinya itu public relation dan periklanan kan.. Nah prospek kerja yg realistis dr jurusan itu apa kak?

jadi public relator, jadi kreator iklan, jadi diplomat bahkan bisaaa

31. Satu lagi kakk, apa yg jadi kesulitan kakak selama belajar ilkom? (susahnya/tantangan dr jurusan ilkom itu apa)

gaada kesulitan hehe, paling kagok aja harus nulis esai buat tugas, dan aku kurang suka nulis hehe, harus nulis padahal aku gasuka nulis. itu tantangan terbesarku, dan 70% mahasiswa ilkom ngerasain itu.

32. Menurut kakak, tantangan hidup selama kuliah di ilkom apa aja? Tantangan yang paling kerasa banget dan mungkin hampir dihadapi setiap mahasiswa/i di jurusan ilkom?

seringnya sih esai kalo semester 1 dan 2

33. Berarti dituntut untuk berpikir aktif ya?

iya. semua mahasiswa jurusan apapun harus berpikir aktif dan kritis

34. Oh news reader sama news anchor itu beda ya? Kirain sama aja..

jadi kalo news anchor itu dia terlibat langsung dalam proses produksi, ngurusin script, bahkan live interview. ada news caster juga. kalo news caster itu dia jadi reporter juga selain bacain beritanya.

Sekian... semangaaat semuanyaaa!!! terima kasih banyak semuanya atas antusiasme dan partisipasi kalian! semoga sukses un, snmptn maupun sbmptnnya. semangaaat!!! aku tunggu di ugm ya bagi yg pengen masuk ugm hehe byeee! 􀄃􀆍moon grin􏿿 makasih banyak juga buat admin adminnyaaa􀸂􀅯heart􏿿

-Salam Isvi Ilkom UGM.

1 Komentar untuk "Review Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada"

  1. Kak, anak ipa punya peluang gak masuk ilkom? Aku sih minat tapi yang masih aku raguin itu kerjaannya terjamin apa engga?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel