iklan header

Review Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran



🌏 Bedah Jurusan Kesejahteraan Sosial- Unpad bersama Ka Femil Unpad 🌍

sesi 1.
1. kaka lolos jalur apaa?
=> Aku lolos jalur snmptn (jalur undangan)

2. kenapa kaka lebih memilih msk kesos unpad?
=> Aku anak ips dan suka ips bgt dari sd. Semenjak sma dan masuk ips aku suka sama ilmu psikologi (walaupun bukan pelajaran ips). Awalnya pen masuk psikologi ui karna di ui psikologinya anak ips dan kalo di unpad anak ipa. Tapi gaboleh sama ortu kalo di depok/jakarta karna kejauhan dan gaada sodara. Hehe. Terus akukan cerewet ya dan hamdalah hobi bgt sama ngmc (udah jadi pekerjaan dr smp sampe kuliah skrg) nah aku pengen bgt masuk fikom tp aku masi bingung, bimbang dll. Aku berusaha cari jurusan2 lain yg sesuai dengan passion aku dan ketemulah kesos (singkat cerita) aku milih kesos karna ngerasa emg cocok dan aku suka karna menyangkut dan berhubungan langsung (berinteraksi langsung) sama orang dan lingkungan sosial apalagi aku terbilang org yg banyak dan suka ngomong dulu aku sering bgt di julukin siswi kritis pas sd dan suka disuruh masuk HI pas SMA. Kenapa ya harus kesos unpad?
Akreditasinya A
Univ dan jurusan yg terakreditasi bagus itu bisa menentukan karir kita nanti, emg si masih ada kesos ui yang "mungkin" lebih bagus tapikan aku gaboleh di ui. Hehe. Fix akhirnya aku milih kesos unpad dan aku ngerasa apa yang kita miliki (bakat) yang kita punya ga harus terus lurusss berjalan sesuai dengan bidangnya. Toh aku di kesos unpad pun masih sering ngmc ko :) Dari sekian banyaaak peminat kesos unpad, alhamdulillah aku nyempil diantaranya. Kan ada stks yaaa ituuu juga baguuss kooo tapii itu ga s1 tapi d4 (walaupun sama aja ko) tapi aku nyarinya yang s1. Hehe

3. mempelajari nya apa aja ka?
=> Kesos tuh buanyaaak banget yang dipelajari. Mulai dari mengenal diri sendiri dulu, mengotrol diri sendiri, memotivasi diri sendiri. Banyak yg blg kesos tuh hampir sama kaya psikolog tapiiii tidaaak kesos lebih dalam menggali suatu masalah (keberfungsian sosial orang yg bermasalah) lebih dalaaam dan menggunakan metode2 yang uda di ajarin. Kesos juga belajar ilmu komunikasi, ilmu psikologi, ilmu filsafat, ilmu dinamika kelompok. Dan dibagi juga jadi mikro (antar personal), makro (sekelompok orang --> desa) dan mezzo (keluarga). Uh jangan salah belajar bahasa inggrinya juga lumayan looh :') tapi jangan takut ko aku juga masi bleng kalo masalah inggris2an..haha

4. peluang kerja nya dmn aja kak?
=> peluang kerja kesos tuh sebenernya banyak ada yang lurus dengan jalannya yaa bahkan ada juga yang belok2. Haha. Kesos tuh paling atas bisa jadi mentri, bisa kerja di kementrian, bisa kerja di berbagai perusahaan sebagai HRD (kesos industri), bisa kerja di lembaga2 sosial, bisa kerja di rumah sakit jiwa, bisa kerja di panti jompo, bisa kerja di pbb & bisa kerja  di save the children (tingkat dunia), bisa kerja dan buka praktekkkk sendiri,dan juga bisa kerja di bank dan lain-lain.
Guyyys smstr kemarin tuh dari kementrian indonesia pernah ada yg dateng ngasih pengarahan ke kesos unpad (ke kelas aku) dia banyak bgt cerita berbagai hal. Dan kalian tau ga? Kesos di indonesia tuh sedikit banget yg kerja di kementriannya cuma ada 2 peksos (pekerja sosial (lulusan dari kesos)) di setiap kota dan kebanyakan kesos indonesia sukses di luar negeri, makanya lulusannya pada lari ke luar negeri hmm dan gajinya jelaas lebih besar di luar sih karna emg di luar butuh peksos bgt. Tapiii jangan takuuuttt sekarang2 di indonesiaaa sangat2 dibutuhkan dan sangat2 diperlukan peksos/lulusan2 kesos loh :) karna pemerintah baru menyadari betapa pentingnya peran seorang peksos:)

5. kesos itu msk soshum ya kak?
=> Iya sayang kesos itu soshum. Hm kebanyakan dari lulusan ips yg bisa masuk kesos jalur undangan tp ga menutup kemungkinan anak ipa juga bisa masuk mungkin lewat sbmptn atau um yaa :)

sesi 2.
1. cowo atau cewe yg paling banyak jurusan ini?
=> Setaraaa ko cewe cowonyaaa :)

2. ada prakteknya ga kak? kalo ada ngapain aja kak?
=> Prakteknya ituu tadi yang terjun langsung ke desa-desa, langsung cari klien (kontak, kontrak, asesmen, treatment, pemutusan kontrak) nanti juga ada kkn (kuliah kerja nyata) kkn itu diikutin sama semua jurusan. Terus nanti disuruh milih mikro, mezzo, atau makro buat penelitian.

3. kaka pilih jurusan ini ortu dukung gak?
=> Alhamdulillah dukung ko setelah dijalanin. Hehe. Hm waktu SMA dan pas penjurusan ipa ips, nilai aku hamdalah seimbang dan bisa masuk ipa ato ips naaah aku suka bgt ips kaaann tapiii ortu aku terutama ayah aku marah sempet ngata2in aku gitu di depan wali kelas aku grgr aku bukannya milih ipa malah milih ips. Tapi akhirnya aku yang menang. Haha walaupun wali kelas aku dan ayah aku lbh setuju aku ipa. Tapi yaa menurut aku ipa ips sama aja, yang tau kemampuan dan kesukaan diri kita kan cuma diri kita sendiri dan bukan orang lain :) jadi aku kekeuh masuk ips. Haha. Dan pas aku mau masuk fikom juga ayah aku sempet ga setuju dan marah gitu sih grgr aku pernah milih fikom. Haha (alasannya di sensor aja yaa takutnya kalian ke hasut ato aku jadi intervensi kalian tentang fikom) haha

4. dosen yg ngajar dijurusan kesos bagaimana kak? seru? menegangkan? atau sulit memahaminya?
=> Kalau dosen relatif ko. Ya sama aja kaya guru di sekolah ada yang nyebelin, baik banget, baik aja, galak bgt dan jutek aja. Hehe tapi alhamdulillah ko gaada yang kejam sama nilai :) aamiin

5. materi dasar saat msk kuliah jurusan kesos apa aja?
=> Hm materi tuh kebetulam beda beda daaan kebetulan bgt jaman aku (angkatan 2015) kurikulumnya beda sendiri. Hiks. Haha
Tapi yaa dasar2 ilmu sosial, dasar2 ilmu sosiologi, dasar2 ilmu komunikasi

sesi 3.
1. pergaulan antar sesama mahasiswa jurusan kesos itu gmn kak?
=> Hm pergaulan ya? Setiap angkatan punya gaya dan ciri khasnya masing2 ko dalam pergaulan, ya ada yg kompak, ada yg individualis ada yg berkelompok dan hmm kebanyakan si ya berkelompok (sesuai dengan kenyamananya) biasanya disebut klik dan emg budaya itu tdk akan hilang dari tk sd smp sma kuliah dan kalian berumah tangga pun dengan tetangga pasti ada klik ya. Haha sangat realistis dan harap dimaklum. Main boleh sama siapa aja yg menurut kalian nyaman, asal baik dan mau mengenal sama semua orang :)

2. kesos tuh kerjanya kaya di LSM gitu? atau bisa kerja didepsos?
=> yaaapsss betul ko di depsos bisa, di LSM bisaa :) tadi loh udah aku ceritain dan jabarin. Hehe itu masuk kedalam lsm dan depsos jugaa koo

3. harus pinter ngomong ga kak?
=> Pinter ngomong? Guys yg namanya mahasiswa tuh udah jelas2 bukan siswa lagi yaa. Kita dituntut harus kritis dan jangan pernah takut salah, karna org yg pinter ipk tinggi tapi diam dan adaptasi atau sosialisasi dan kecakapannya kurang akan kalah sama org yg biasa saja dengan ipknya tetapi dia aktif berbicara (public speakingnya good) karna apa? Pada saat kalian melamar kerja, hanya sedikit perusahaan ato pekerjaan yg terpaku pada nilai yaa kebanyakan mrk melihat realita personal yg ada dalam diri seseorang itu. Lebih bagus lagi kalo seimbanh yaa, otak jalan dan encer, cakapnya juga jalan dan bagus :) ga cuma di kesos ko yg menerapkan itu, akubrasa di seluruh univ dan yg diinginkan seluruh dosen dari berbagai jurusan, yuk jadi org yg kritis dalam hal apapun dan jangan terima2 aja apa yg org lakukan :)

4. tantangan jd anak kesos apa?
=> tantangannya, berani berbicara, berani bertanya, berani maju, berani terjun langsung, non judge mental terhadap apapun apalagi kalau dihadapkan langsung dengan klien, tata krama dan bahasa yang tertata itu penting :)
Tantangannya praktek kerjanya, ngerjain tugasnya, kuisnya.  Haahahahahha duh yaAllah..
Doain lancar yaa. Aamiin. Hehe

5. matkul yg paling susah apaa kak
=> Relatiifff sayang kalo matkuull. Haha kadang2 gitu loh. Huhu
Hmm paling kalo ditanya spesifik yaitu tadiii praktikum mikro makro mezzo. Hee

sesi 4.
1. kesos itu ada di univ mana aja kak?
=> setau aku kesos tuh kalo di negeri ada di unpad, ui, unsoed deh kalo gasalah (masih banyak lagi). Kalo di swasta ada di stks (sekolah tinggi kesejahteraan sosial), unpas dll.

2. apa pandangan yg salah ttg jurusan kesos?
=> pandangan yg salah? Hm yaitu suka di sama2in sama psikolog. Hehe. Terus juga suka di pandang cuma bisa kerja di lsm. Wakak

3. anak ipa bisa msk kesos ga kak?
=> skip

4. kak kalau dikesos itu perbandingan teori sama praktek ya gmn ya kak?
=> Teori yaa kita belajarnya tentang teori keilmuan secara teoritis, kalo praktek ya langsung terjun ke lapangan tapiii ga jarang juga yang disatuin antara teori dan langsung terjun kelapangan

5. menurut kaka peluang kerja kesos skg ini gmn? apakah sedang dibutuhkan atau gmn? mengingat kondisi negara kita skg kak?
=> skip.

sesi 5
1. persaingan untuk msk kesos gmn kak?
=> persaingan masuk ks. Hmmmm
Dibilang gampang tapi susah, dibilang susah tapi lolos. Wahahaha. Hm kalo persaingan tergantung kursi dan yang mendaftar yaaa. Taun maba sekarang sih yang daftar dan peminatnya ada 200 lebih org tp yang keterima hanya 80 orang. Tp itu semua tergantung kursi tiap tahunnya ko

2. kak bisa kerja dikemenlu gak?
=> di kemenlu
Bisa dong say..
Kan tadi banyaknya lulusan kesos ind banyak yang kerjanya di luar negeri :)

3. kesibukan kaka saat ini? apaaa cumaa mahasiswa biasa? pengurus himpunan mahasiswa kesosm pengurus bem? apa gmn kak?
=> Aku skrg kebetulan udah ga begitu sibuk sih dalam masalah proker aku paling kacau dan sibuk2nya semester 2 kemarin. Semester 3 masih di organisasi yang sama tapi ga sekejam semester2 kemarin..
Aku sekarang sibuk di himpunan mahasiswa kesos di departemen CSR dan bakalan ada proker HGTC (ke desa2) dan itu merupakan proker besar kesos, aku menjabat sebagai ketua koordinasi fasilitator. Aku juga sekarang aktit di BEM FISIP UNPAD dan nanti bakalan ngMC di familyday bem fisip unpad tgl 23. Kemarin aku juga jadi divisi acara sekaligus MC ospek fakultas fisip. Dan yang lagi sibuk2nya rapat sekarang aku jadi ketua divisi educare go to school edufest yang diadain di kotaku dari berbagai universitas :) doain semuanya lancar yaaa.. hehe

4. apa bedanya kesos dengan sosiologi?
=> Bedaaaa banget :) kesos juga belajar ilmu sosiologi. Kalo sosiolog hmm kayanya sih lebih ke teoritis... tp aku juga kurang paham sih ya. Suka takut kalo ngomongin jurusan lain atau fakultas lain, takut salah ngomong bahaya ntarnya. Haha

5. berniat buat jd mapres ga kak? kalo niat kira2 bakal lakuin langkah apaa aja?
=> Gaaa berniaaat sih sebenernya untuk jadi atau ikut mapres tapi gatau yaaa apa yang akan terjadi kedepannya ya insyaAllah dan mudah2an aku jadi lebih baik lagi dan siapa tau nanti ikutan. Hahahahahaha

sesi 6.
1. ada ga si prodi kesos diluar negeri?
=> Banyak dan emg paling banyak dan dibutuhkan kesos tuh kebanyakan diluar negeri.

2. kesos diuniv dgn kesos distks apa bedanya ya kak? yg dipelajari sama aja kan?
=> Hm kebetulan aku dapet tugas tentang perbandingan kesos unpad, ui dan stks. Nanti kalo tugasnya udah selesai aku bakalan share ke kaluan yaa. Paling bedanya yg terlihat jelas tuh kesos unpad s1 dan kalo stks D4.

3. kaka lbh srg berorganisasi sehingga kuliahnya agak terabaikan atau sebaliknya? atau seimbang?
=> Aku dari SD smp sma seneng bgt beorganisasi, dari smp sampe sma aku osis terus tapi alhandulillah ga bikin aku malah lupa sama pelajaran pokok aku. Tapiiii semenjak masuk kuliah dan aku ikutan bem, hima, sinemaks jujur aku malah down dan turuuunn bgt ipknya dari smstr1 ke smstr 2. Aku terbilang masih kaget dan belom bisa bagi waktu dengan baik :( aku ngekos pun masi berantakan. Haha jadi aku bakalan ngurangin kegiatan2 kepanitiaan dan organisasi aku akhir taun ini biar kuliahnya lancar dan ga terlalu cape. Hehe. Harus masih banyak belajarrrr aku jugaaaaaa :')

4. cara menyiasati agar organisasi dan kuliah tetap jalan dan seimbang?
=> lebih cerdas untuk memilih mana yang lebih penting dijalanin aja sekarang mah. Harus banyak belajar aku juga. Hehe

5. kak yg kaka tau alumni kesos unpad yg bekerja diluar negeri itu dmn ajaaa?
=> banyak ko yg kerja diluar negeri bahkan beberapa dosen ada yg bolak balik ind luar karena dia tergabung dalam persatuan peksos gituuuu.. kan yg udh aku kasi tau sblm2nya kalo lulusan kesos ind banyaknya di butuhin dan kerja di luar negeri. Tapiiii skrg peksos kesos juga di indonesia sangat dan sangat2 dibutuhkan dan sangat penting ada di indonesia :)

⏩⏩⏩⏩⏩⏩⏩ sesi motivasi ⏪⏪⏪⏪⏪⏪⏪

"Iyaaa temen-temen sama sama yaaa. Makasih jugaaa 😄 Jangan lupa dibaca dan ditelaah lagi pertanyaan dan jawabannya biar kalian ga salah memahamin...
Daaaan cari banyak sumber yaaa yg pengen kalian ketahui tentang kesos khususnya, jangan hanya terpaku dan percaya sama aku ajaaa.. ngomong itu gampang loooh :)
Kalian harus banyak cari apa yang kalian ingin tauuuu jangan dari satu sumber aja oke? Hmm motivasinya apa ya? Yaa terus semangaat ya kalian, kejar cita2nya, banyak pintu sukses, kalo satu pintu tertutup rapat coba ketuk pintu lain. Aku juga sama ko kaya kalian masih terus nyari pintu dan masih terus berusaha. Saling mendukung dan mendoakan satu sama lain yaa, karna doa yg baik akan menghampiri orang yang mendoakannya lagi. Pendidikan penting, kuliah dimana aja cari ilmu dimana aja kapan aja semua tergantung diri kita sendiri masing2 lagi.. Semangaat ! 😄😊 Okeeeyyy dadah temen-temeeennn..
Sukses yaa
Jangan lupa semangat dan bahagia 🎉🎉
Yang mau masuk unpad, fisip unpad atau kesos unpad sampai ketemu, assalammualaikum.."

4 Komentar untuk "Review Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran"

  1. Kak, STKS itu bukan swasta 🙁
    STKS itu Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementerian Sosial 🙁

    BalasHapus
  2. Ka kebetulan aku snmptn milih kesos unpad ka pas udh keterima ditagih uang pangkal atau kedatangan pertama gitu ga sih

    BalasHapus
  3. Kak, aku minat masuk kesos unpad 2020, trs rencananya mau dijadiin pilihan pertama snmptn nanti, boleh tau tips2 nya biar lolos kak?😢

    BalasHapus
  4. halo kak, bisa tanya-tanya lebih lanjut?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel