iklan header

Review Jurusan Pendidikan Dokter Universitas Padjadjaran




Bedah Jurusan FK-UNPAD-kak Fabian Gamal Sesi 1

1. Jalur masuknya dari mana kak?
=> Kalau saya pribadi masuk lewat snmptn, dek.

2. Bener ya kedokteran itu pake blok? Bukan sks?
=> Tiap universitas beda-beda, dek. Ada yg per-blok, ada juga yang tidak. Kalau FK-Unpad sendiri sistemnya per semester itu mempelajari setengah sistem, itu yang angkatan saya pakai.
Kalau untuk 2016, saya kurang tau karena ada sistem baru yg dipakai.

3. Banyakan maba fk dari sbmptn atau snmptn, kak?
=> Kalau fk unpad angkatan saya menerima mahasiswa dari 2 jalur snmptn dan sbmptn. Lalu, ada juga yang lewat jalur afirmasi (beasiswa) meskipun hanya sebagian kecil.
Biasanya snmptn dan sbmptn itu jumlahnya sama, masing-masing 130an, dan sisanya lewat beasiswa.

4. Apa aja pelajaran yang dibahas? Biasanya perbab apa gimana?
=2> Kalau angkatan saya sendiri satu semester itu mempelajari setengah sistem. Kaya kemarin semester 1 saya belajar fbs (basic science), dan semester 2 belajar rps (reproduksi).

5. Bener ya kalau fk itu belajarnya pake cara "penyelesaian masalah" gitu? Jadi harus banyak tau isu isu penyakit sekarang dan baca artikel?
=> Yap, sekarang kebanyakan fk belajar pake sistem pbl (problem based learning).
Jadi, kita dikasih tau dulu yang salah, baru kita cari tau yang benernya.
Contoh, kita dikasih kasus keguguran, kita bahas dulu apa masalahnya, baru belajar basic science nya dan clinical science yang benernya.
Kalau masalah tau isu-isu penyakit, itu emang selalu harus kita tau. Membaca artikel pun bakal sering, karena kira bakalan butuh info dari sana.

Bedah Jurusan FK-UNPAD-Kak Fabian Gamal
Sesi 2

1. Kak, peluang masuk berapa persen sih kalo kita tidak memiliki senior yang berada di FK-Unpad? Masih bisa keterima gak, kak?
=> Untuk rincian persenan saya tidak tau, karena hanya pihak fakultas yang tau. Tetapi memang, peluang kalian akan menjadi lebih besar apabila punya alumni, apalagi jika alumni kalian berprestasi. Setahu saya, nilai alumni memang masuk penilaian. Tapi, ada juga teman saya yang gapunya alumni tapi bisa masuk FK-Unpad.
Maaf gabisa terlalu rinci karena hanya pihak fakultas yg tahu pasti.

2. Kak, katanya tahun ini FK-Unpad gratis ya kak? Itu gratisnya dalam bidang pembayaran apa saja ya kak? Kalau boleh tau syaratnya apa aja ya kak? Pas penempatannya, ditempatin di pelosok, cuman putra daerah, atau gimana ya, kak?
=> Nah betul, FK-Unpad gratis (info sampai saat ini). Gratisnya sendiri dalam biaya pendidikan (uang kuliah), kalau untuk kost, buku, dan peralatan kuliah tidak ditanggung.
Iya, nanti mahasiswa/i yg lulus harus mengabdi sesuai tahun pendidikan nya dan harus mau ditempatin dimanapun.

3. Tips dan trick supaya masuk FK-Unpad lewat jalur snmptn dan sbmptn?
=> Intinya, belajar dan berdoa. Kalian harus sungguh-sugguh dari awal masuk SMA untuk bagus nilainya sehingga di akhir nilai kalian akan stabil.
Gaada kata "terlanjur" untuk belajar. Kalau kalian udh maksimal dalam belajar, akan ada faktor x yang menentukan yaitu keberuntungan.
Ingat, beruntung itu bukan sesuatu yang kebetulan, itu harus dicari. Gimana nyarinya? Berdoa, Ibadah, Hormati orang tua dan guru, Minta doa mereka, Sedekah. Cari hoki kalian disana. Kalau semua udah dilakuin, inshaa Allah apapun hasilnya pasti yang terbaik buat kalian.

4. Biaya ukt fk unpad kak berapa kak?
=> Macam-macam kalau angkatan saya, mulai dari 2,5 juta-13 juta, tergantung dari pendapatan dan tanggungan hidup.

5. Bagaimana peluang masuknya jika ada seorang maba yang tahun pertamanya kuliah di FK-Unpad lalu tahun kedua dia pindah ke universitas lain ex : FTI ITB tetapi dengan suatu alasan ia ingin kembali menjadi mahasiswa FK-Unpad pada tahun ketiga apakah dia masih berpeluang untuk diterima di FK-Unpad pada SBMPTN tahun ketiganya?
=> Saya kira saya belum ketemu kasus itu, maaf saya gabisa jawab takut salah info :')

Bedah Jurusan FK-UNPAD-Kak Fabian Gamal
Sesi 3

1. Apa saja mata pelajaran yang diambil buat penilaian untuk masuk kedokteran?
=> Saya gabisa pastikan itu, hanya fakultas yang tahu rincinya. Tetapi, menurut saya pribadi, semua nilai masuk penilaian, mungkin ada beberapa yang bobotnya dilebihkan seperti matematika, biologi, inggris.

2. Apa saja persiapan untuk menjadi mahasiswa kedokteran?
=> Mental, kalau mental kita kuat pasti bakal gigih apapun yang terjadi. Kalau masalah materi, bisa kita kejar asalkan ada kemauan.

3. Apa perbedaan fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran gigi dari segi pelajaran?
=> Dari namanya saja sudah terbayang, kedokteran umum itu mempelajari setubuh-tubuh, fkg fokus ke gigi dan persyarafannya secara dalam meskipun memang belajar juga basic lainnya.

4. Perubahan apa saja yang terasa ketika memasuki jenjang perkuliahan kedokteran bila dibandingkan dengan jenjang SMA?
=> Banyak sekali, mata kalian akan terbuka disini. Kalian akan ketemu orang-orang hebat, kalian juga akan lebih sering begadang (jangan diikuti), lalu kalian juga akan selalu ter-push untuk selalu memanfaatkan waktu kalian. Jadi, gaada lagi santai-santai, arus terus bergerak, kalau engga kalian bakal kegusur.

5. Benar gak kak kalau SNMPTN FK-Unpad, cuman nerima putra/putri daerah?
=> Salah, FK-Unpad memang mendahulukan anak daerah,tapi banyak juga yang dari luar Jawa Barat bahkan dari luar Jawa pun ada.

Bedah Jurusan FK-UNPAD-Kak Fabian Gamal
Sesi 4

1. Apa pendapat kakak selama menjadi mahasiswa kedokteran, apa aja kendalanya dan apa aja serunya ya, kak?
=> Meskipun awalnya terasa sulit, tapi makin kesini jadi makin terbiasa sama kehidupan FK kok. Buat kendala sendiri biasanya adaptasi, kalian harus bisa cepet-cepet adaptasi sama lingkungan baru disini, serunya? Banyak banget! ;)
Tapi, intinya sih saya sekarang jadi punya pikiran yang lebih luas tentang segala hal, karena di FK saya belajar betapa luar biasanya tubuh manusia itu, begitu sempurnanya ciptaan-Nya. Saya juga bisa ketemu orang-orang hebat yang bisa saya jadikan mentor.

2. Apa saran-saran untuk kedepannya bagi maba FK?
=> Tetap semangat, jangan pernah menyerah, dan terus berdoa.

3. Kalau misalnya kita mau ambil spesialis gitu, apa akreditasi ptn sebelumnya itu mempengaruhi?
=> Saya kurang tau masalah itu, yang saya tau sampai sekarang, IPK berpengaruh untuk pengambilan spesialis.

4. Katanya kakak kan masuknya lewat snmptn tuh, apa nilai kakak selalu naik? Atau menyantumkan piagam? Terus, piagam itu lumayan ngaruh gak sih kalau untuk snmptn?
=> Nilai kakak gak selalu naik, jangan takut hanya karena nilai turun dikit, daripada ngegalauin itu lebih baik kalian fokus kedepannya belajar lebih giat. Piagam juga disertakan, berpengaruh tapi sedikit saja.

5. Apakah perbedaan FK Reguler dan FK Internasional hanya dari segi bahasa, biaya dan universitas mitra?
=> Bedanya dari bahasa, biaya, itu yang saya tau, kalau universitas mitra saya kurang tahu detail.

6. Menurut pandangan kak bian, kalau udah sarjana gitu apakah hanya bisa jadi dokter praktek, dokter penelitian, atau dosen saja? Soalnya saya sering menemui seseorang yang kuliahnya di FK tetapi hanya kerja sebatas dosen maupun dokter praktek saja.
=> Banyak pilihan, dek. Setelah kita lulus, tergantung kita mau pilih karir yang seperti apa. Bisa jadi dosen, bisa jadi peneliti, bisa praktek, bahkan bisa juga kita ambil karir sebagai polisi atau tentara.

Belum ada Komentar untuk "Review Jurusan Pendidikan Dokter Universitas Padjadjaran "

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel