iklan header

Review Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta



Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 1
1. kakak masuk lewat jalur apa? kalau sbm kakak jawab berapa pertanyaan?
=> Snmptn (undangan)
2. alasan kakak mengambil jurusan ini apa?
=> Karena saya sadar bahwa pendidikan yang ada walaupun di daerah terpencil adalah sekolah dasar.
3. apa aja yg dipelajari di pgsd ? apa belajar semua mata pelajaran sd ?
=>  Kami mempelajari seluruh pelajaran mulai dari ipa, ips bahkan seni (lengkap, mulai tari sampe musik pun belajar) ,  ilmu komunikasi, olahraga dan psikologi
4. Matkul apa yang paling menarik menurut kakak di pgsd?
=> Matakuliah yang menarik yaitu pra kondisi ke-Sd an dan perkembangan peserta didik, soalnya, di ppd itu kita belajar teori gak cuma tentang psikolog anak sd bahkan ke lansia, dan di terapkan lapangan di matkul pra kondisi ke sd an
5. pgsd belajar psikologi juga ngga ka?
=> Iya belajar psikologi. Mulai dari filsafat psikologi sampe pendidikan psikologi.
    lengkap pokoknya pgsd belajarnya. Dari akademik sampe non akademik

Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 2
1. jalur untuk masuk pgsd unj ada apa aja kak? teknisnya gimana?
=> Ada undangan atau snmptn, ada seleksi bersama nasional (sbmptn) dan kalo di unj ada penmaba (mandiri) nah biasanya kalo soal jadwal kakak kurang paham, soalnya dari tahun ke tahun suka berubah dek.
2. kalo pgsd tu disuruh bikin kayak lagu lagu gitu nggak kak? Atau kerajinan-kerajinan gitu?
=> Kalo lagu mah enggak, tapi kalo keterampilan dan kerajinan sudah pasti ada. Karena ada matakuliahnya yaitu matkul keterampilan
3. Dalam snmptn, mapel yang menjadi pertimbangan masuk pgsd apa kak?
=>  Pgsd itu masuknya di ipc. Nah yg di pertimbangin itu jarak antara rata2 nilai rapot kamu sama nilai un kamu. Ex: rata2 nilai rapot saya 7,5 nah nilai un saya touchdown di 7,2 nah itu berpeluan.
4. gimana cara mengajar anak sd itu? apa di pgsd ada pelatihannya?
 => Ngajar anak sd itu mesti sabar dek. Ga bisa sembarangan karena kita bangun fondasi awal dari pendidikannya dia. Ada pelatihan di matakuliah Keterampilan Komunikasi yang Mendidik dek.
5. Persaingan untuk masuk PGSD ketat dan banyak peminatnya tidak kak?
=> Karena pgsd unj itu termasuk jurusan fav. Di kampus dan berakreditasi A jadi gak saya pungkiri. Agak ketat.karena dari total tahun ini yg daftar sebesar 2500 hanya 320 saja yg di terima menurut data dari TU pgsd

Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 3
1. pgsd unj apakah bisa lintas jurusan ketika snmptn ?
=> Bisa karena ini masuk ke jurusan Ipc. Atau campuran.
2. pgsd  apakah termasuk jurusan terfavorit di unj?
=> Iya ini termasuk jurusan terfavorit di unj karena setiap tahun yg daftar nambah tapi kuota kadang berkurang
3. di pgsd unj setelah lulus dari sana apakah langsung di salurkan atau tidak kak?
=>  Nah ini salah satu keunggulan. Karena saat daftar jadi cpns guru sd, kampus unj, upi dan seluruh kampus pendidikan di indonesia berhak atas kursi prioritas, gak cuma itu. Ada beberapa sekolah swasta yg malah minta tenaga kerja atau guru lulusan dari pgsd unj
4. Apakah nanti setelah lulus kita harus menjadi guru sd kak? Apakah bisa tersalurkan untuk pekerjaan lainnya? Kalau iya mohon penjelasannya
 => Gajuga. Karena ilmu akademik yang di ajarkan lebih dari tingkat sma. That's mean kalian juga bisa ngajar di smp atau sma swasta. Tapi itu jarang. Karena sekarang itu harus linier kan. Atau, kalo emang
5.  Apakah lulusan pgsd selalu banyak dibutuhkan dari tahun ke tahun?
 => Always. Apa lg kalo ip kalian bagus. Beh. Gausah di tanya. Alumni saya pada ngajar bahkan ada yg bikin sekolah swasta bareng2. Bahkan di tahun 2020 nanti akan ada pengangkatan guru sd dan pns besar2an dek. Soalnya yg pengangkatan 1960 udah pada pensiun di tahun segitu.





Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 4
1. klau s1 pgsd utk ngambil magisternya apa ya ka yg sesuai?
=> Nah. Teman-teman disini bisa ambil dikdas (pendidikan Dasar) itu kalo mau target di diknas atau pemda. Tapi kalo mau jadi kepala sekolah, pastilah manajemen pendidikan.
2. peluang bekerja di SD, antara asli lulusan pgsd sama seumpama jurusan matematika gitu besar mana kak?
=> Jelas lebih berpeluang pgsd , karena sesuai dgn peraturan mentri tahun 2009 bahwa seluruh guru harus memenuhi min. Strata 1 yang linier atau sejurusan. Jadi buat yg jurusan lain sudah pasti kecil peluangnya.
3. peluang bekerja di SD, antara asli lulusan pgsd sama seumpama jurusan matematika gitu besar mana kak?
=>  Praktek. Banyak. Mulai dari ngajar sd, buat media pembelajaran, sampe praktek olahraga pun dijalanin
4. Suka duka ngambil pgsd?
=> suka: bisa kuliah sambil kerja jadi guru privat anak sd buat nambah uang jajan, mudah jadi dkt sama anak kecil karena terbiasa sama anak kecil, maen sama adek yang super gemesin setiap praktik ngajar. Dan the best time is. Ngeliat anak didik berkembang dan meningkat pengetahuannya. Tentang apapun itu. dan!!! UAS dan UTS  sering bgt take home.
Duka : bikin rpp, silabus, bikin media pembelajaran, ngadepin anak yg agak hiperaktif, nyiapin seluruh materi pelajaran dari hari ke hari
5. minta kesan selama kuliah dan pesan buat adik adik kakak yg milih prodi pgsd/pgmi sebagai prodi kuliah
=>  Pgsd itu seru bgt!!! Kapan lg dapet jurusan yg matkul nya akademik bgt, tapi belajar psikologi juga. Pgsd itu jurusan yang akan mengajarkanmu tentang arti keikhlasan membagi ilmu dan ketulusan kalian mengajar dan menyayangi anak didik kalian sebagai adik bahkan anak kalian sendiri.







Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 5
1. kenapa ngambil guru sekolah dasar? bukannya lebih capek ngajar anak kecil daripada yg smp/sma gitu?
=> capeknya itu capek enak dek. Anak sd itu nangkepnya lebih cepet. Dan seru juga karena mereka masi polos. Jadi suka lucu gt.
2. hal apa yang menyulitkan banget saat jadi mahasiswa pgsd?
=> Hmm pas bikin Rpp. Sungguhlah. Materinya sama. Tapi kita kadang ga boleh ngopas punya yg lain karena setiap guru punya cara mengajar yg beda2
3. pgsd unj akreditasi nya apa ka?
=>  Alhamdulilah pgsd unj pas saya masuk kampusnya A jurusan nya juga A.
4. kalo jurusan bahasa kira2 bisa ambil pgsd pas snmptn ga?
=> Bisa dek. Temen saya yg satu sma dan skarang sekelas sama saya dia dari jurusan bahasa dan dia masuk dari snmptn.
5. apa pgsd itu termasuk jurusan dri ips?
=> Iya. Kan ipc. Campuran. Bisa masuk ke ipa dan ips juga
6.  kak, lulus nanti kalu mau jadi guru harus tes cpns dulu gak?
=> Nah. Bukan tes cpns tapi kalian tes dan pelatihan pengambilan sertifikat profesi. Dimana dia itu menjamin bahwa kalian adalah guru yang profesional.

Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 6
1. Kan mama aku guru sd, dia juga jurusan unj, nah di jaman mama aku kuliah itu paling cepet 4 atau 5 tahun kalau untuk sekarang kelulusan menuju S1 berapa tahun ,Maksudnya kuliahnya juga di unj
=> Kalo di unj pgsd yg sekarang itu sering bgt ni lulus 3,5 tahun. Kenapa? Soalnya alhamdulillah dosen baik bgt ngasih nilainya jadi bisa ambil sks maksimal.
2. Emang benar ya ka kalo mau diangkat jadi guru harus 6 tahun dulu setelah lulus?
=> Ga ah. Kakak kelas saya 2 tahun lulus di angkat jadi pns golongan 3A.
3. Kak pgsd itu guru SD aja atau tk paud juga?
=>  Pgsd itu guru sd. Tapi bisa ngajar di tk atau paud jg bahkan ke smp . Nah kalo Pg-Paud itu bisa ngajar dari tk atau paud sampe sd kelas 3.

4. Aku mau tanya ka,itu bener pgsd masuknya ke ipc? Tp pas aku liat di web snmptn resmi dia adanya di ips ka.
 => pc dek, saya dari jurusan ipa. Snmptn tapi saya bisa ambil pgsd. Hehe.
5. Kaak, emang sebelum jadi guru pns  itu harus ngajar dulu yaa di pelosok?
=> Iya. Tapi itu jatohnya di kkn. Tapi kata isue yg lg hot si mulai dari lulsan 2014 harus siap di tempatkan di plosok. But the prove. Masih aman2 aja. Gak ada yg kayak gt kok alumni saya.
Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 7
1. Kalo mau gitu kak ke plosok? Harus apa?
=> Oh, bisa mengajukan diri untuk penempatan di plosok. Seru si. Jadi pengen.
2. Trs kalo kita mau jadi pns guru itu maksimal brp tahun sm minimalnya kak?
=> Kurang tahu dek. Tapi ya tadi kakak kelas saya aja ada yg bru 2 tahun aja udah di angkat.
3. Terus kakak rencananya habis wisuda mau kemana?
=>  Lanjut s2 sambil ambil s1 yang ke dua hehe long life education~
4. Manajemen pendidikan tu gimana kak?
 => Ya ilmu manajemen tapi di barengi dgn ilmu pendidikan.
5. Biasanya yang ke pelosok itu sampe berapa tahun kak?

=> Gausah ditanya. Yang sampe puluhan tahun juga ada. Kalo betah si. Tapi kebanyakan, bru 5 tahun sudah minta pindah :(Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 1
1. kakak masuk lewat jalur apa? kalau sbm kakak jawab berapa pertanyaan?
=> Snmptn (undangan)
2. alasan kakak mengambil jurusan ini apa?
=> Karena saya sadar bahwa pendidikan yang ada walaupun di daerah terpencil adalah sekolah dasar.
3. apa aja yg dipelajari di pgsd ? apa belajar semua mata pelajaran sd ?
=>  Kami mempelajari seluruh pelajaran mulai dari ipa, ips bahkan seni (lengkap, mulai tari sampe musik pun belajar) ,  ilmu komunikasi, olahraga dan psikologi
4. Matkul apa yang paling menarik menurut kakak di pgsd?
=> Matakuliah yang menarik yaitu pra kondisi ke-Sd an dan perkembangan peserta didik, soalnya, di ppd itu kita belajar teori gak cuma tentang psikolog anak sd bahkan ke lansia, dan di terapkan lapangan di matkul pra kondisi ke sd an
5. pgsd belajar psikologi juga ngga ka?
=> Iya belajar psikologi. Mulai dari filsafat psikologi sampe pendidikan psikologi.
    lengkap pokoknya pgsd belajarnya. Dari akademik sampe non akademik

Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 2
1. jalur untuk masuk pgsd unj ada apa aja kak? teknisnya gimana?
=> Ada undangan atau snmptn, ada seleksi bersama nasional (sbmptn) dan kalo di unj ada penmaba (mandiri) nah biasanya kalo soal jadwal kakak kurang paham, soalnya dari tahun ke tahun suka berubah dek.
2. kalo pgsd tu disuruh bikin kayak lagu lagu gitu nggak kak? Atau kerajinan-kerajinan gitu?
=> Kalo lagu mah enggak, tapi kalo keterampilan dan kerajinan sudah pasti ada. Karena ada matakuliahnya yaitu matkul keterampilan
3. Dalam snmptn, mapel yang menjadi pertimbangan masuk pgsd apa kak?
=>  Pgsd itu masuknya di ipc. Nah yg di pertimbangin itu jarak antara rata2 nilai rapot kamu sama nilai un kamu. Ex: rata2 nilai rapot saya 7,5 nah nilai un saya touchdown di 7,2 nah itu berpeluan.
4. gimana cara mengajar anak sd itu? apa di pgsd ada pelatihannya?
 => Ngajar anak sd itu mesti sabar dek. Ga bisa sembarangan karena kita bangun fondasi awal dari pendidikannya dia. Ada pelatihan di matakuliah Keterampilan Komunikasi yang Mendidik dek.
5. Persaingan untuk masuk PGSD ketat dan banyak peminatnya tidak kak?
=> Karena pgsd unj itu termasuk jurusan fav. Di kampus dan berakreditasi A jadi gak saya pungkiri. Agak ketat.karena dari total tahun ini yg daftar sebesar 2500 hanya 320 saja yg di terima menurut data dari TU pgsd

Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 3
1. pgsd unj apakah bisa lintas jurusan ketika snmptn ?
=> Bisa karena ini masuk ke jurusan Ipc. Atau campuran.
2. pgsd  apakah termasuk jurusan terfavorit di unj?
=> Iya ini termasuk jurusan terfavorit di unj karena setiap tahun yg daftar nambah tapi kuota kadang berkurang
3. di pgsd unj setelah lulus dari sana apakah langsung di salurkan atau tidak kak?
=>  Nah ini salah satu keunggulan. Karena saat daftar jadi cpns guru sd, kampus unj, upi dan seluruh kampus pendidikan di indonesia berhak atas kursi prioritas, gak cuma itu. Ada beberapa sekolah swasta yg malah minta tenaga kerja atau guru lulusan dari pgsd unj
4. Apakah nanti setelah lulus kita harus menjadi guru sd kak? Apakah bisa tersalurkan untuk pekerjaan lainnya? Kalau iya mohon penjelasannya
 => Gajuga. Karena ilmu akademik yang di ajarkan lebih dari tingkat sma. That's mean kalian juga bisa ngajar di smp atau sma swasta. Tapi itu jarang. Karena sekarang itu harus linier kan. Atau, kalo emang
5.  Apakah lulusan pgsd selalu banyak dibutuhkan dari tahun ke tahun?
 => Always. Apa lg kalo ip kalian bagus. Beh. Gausah di tanya. Alumni saya pada ngajar bahkan ada yg bikin sekolah swasta bareng2. Bahkan di tahun 2020 nanti akan ada pengangkatan guru sd dan pns besar2an dek. Soalnya yg pengangkatan 1960 udah pada pensiun di tahun segitu.





Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 4
1. klau s1 pgsd utk ngambil magisternya apa ya ka yg sesuai?
=> Nah. Teman-teman disini bisa ambil dikdas (pendidikan Dasar) itu kalo mau target di diknas atau pemda. Tapi kalo mau jadi kepala sekolah, pastilah manajemen pendidikan.
2. peluang bekerja di SD, antara asli lulusan pgsd sama seumpama jurusan matematika gitu besar mana kak?
=> Jelas lebih berpeluang pgsd , karena sesuai dgn peraturan mentri tahun 2009 bahwa seluruh guru harus memenuhi min. Strata 1 yang linier atau sejurusan. Jadi buat yg jurusan lain sudah pasti kecil peluangnya.
3. peluang bekerja di SD, antara asli lulusan pgsd sama seumpama jurusan matematika gitu besar mana kak?
=>  Praktek. Banyak. Mulai dari ngajar sd, buat media pembelajaran, sampe praktek olahraga pun dijalanin
4. Suka duka ngambil pgsd?
=> suka: bisa kuliah sambil kerja jadi guru privat anak sd buat nambah uang jajan, mudah jadi dkt sama anak kecil karena terbiasa sama anak kecil, maen sama adek yang super gemesin setiap praktik ngajar. Dan the best time is. Ngeliat anak didik berkembang dan meningkat pengetahuannya. Tentang apapun itu. dan!!! UAS dan UTS  sering bgt take home.
Duka : bikin rpp, silabus, bikin media pembelajaran, ngadepin anak yg agak hiperaktif, nyiapin seluruh materi pelajaran dari hari ke hari
5. minta kesan selama kuliah dan pesan buat adik adik kakak yg milih prodi pgsd/pgmi sebagai prodi kuliah
=>  Pgsd itu seru bgt!!! Kapan lg dapet jurusan yg matkul nya akademik bgt, tapi belajar psikologi juga. Pgsd itu jurusan yang akan mengajarkanmu tentang arti keikhlasan membagi ilmu dan ketulusan kalian mengajar dan menyayangi anak didik kalian sebagai adik bahkan anak kalian sendiri.







Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 5
1. kenapa ngambil guru sekolah dasar? bukannya lebih capek ngajar anak kecil daripada yg smp/sma gitu?
=> capeknya itu capek enak dek. Anak sd itu nangkepnya lebih cepet. Dan seru juga karena mereka masi polos. Jadi suka lucu gt.
2. hal apa yang menyulitkan banget saat jadi mahasiswa pgsd?
=> Hmm pas bikin Rpp. Sungguhlah. Materinya sama. Tapi kita kadang ga boleh ngopas punya yg lain karena setiap guru punya cara mengajar yg beda2
3. pgsd unj akreditasi nya apa ka?
=>  Alhamdulilah pgsd unj pas saya masuk kampusnya A jurusan nya juga A.
4. kalo jurusan bahasa kira2 bisa ambil pgsd pas snmptn ga?
=> Bisa dek. Temen saya yg satu sma dan skarang sekelas sama saya dia dari jurusan bahasa dan dia masuk dari snmptn.
5. apa pgsd itu termasuk jurusan dri ips?
=> Iya. Kan ipc. Campuran. Bisa masuk ke ipa dan ips juga
6.  kak, lulus nanti kalu mau jadi guru harus tes cpns dulu gak?
=> Nah. Bukan tes cpns tapi kalian tes dan pelatihan pengambilan sertifikat profesi. Dimana dia itu menjamin bahwa kalian adalah guru yang profesional.


Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz
Sesi 6
1. Kan mama aku guru sd, dia juga jurusan unj, nah di jaman mama aku kuliah itu paling cepet 4 atau 5 tahun kalau untuk sekarang kelulusan menuju S1 berapa tahun ,Maksudnya kuliahnya juga di unj
=> Kalo di unj pgsd yg sekarang itu sering bgt ni lulus 3,5 tahun. Kenapa? Soalnya alhamdulillah dosen baik bgt ngasih nilainya jadi bisa ambil sks maksimal.
2. Emang benar ya ka kalo mau diangkat jadi guru harus 6 tahun dulu setelah lulus?
=> Ga ah. Kakak kelas saya 2 tahun lulus di angkat jadi pns golongan 3A.
3. Kak pgsd itu guru SD aja atau tk paud juga?
=>  Pgsd itu guru sd. Tapi bisa ngajar di tk atau paud jg bahkan ke smp . Nah kalo Pg-Paud itu bisa ngajar dari tk atau paud sampe sd kelas 3.
4. Aku mau tanya ka,itu bener pgsd masuknya ke ipc? Tp pas aku liat di web snmptn resmi dia adanya di ips ka.
 => pc dek, saya dari jurusan ipa. Snmptn tapi saya bisa ambil pgsd. Hehe.
5. Kaak, emang sebelum jadi guru pns  itu harus ngajar dulu yaa di pelosok?
=> Iya. Tapi itu jatohnya di kkn. Tapi kata isue yg lg hot si mulai dari lulsan 2014 harus siap di tempatkan di plosok. But the prove. Masih aman2 aja. Gak ada yg kayak gt kok alumni saya.
Bedah Jurusan PGSD UNJ bersama kak fairuz


Sesi 7
1. Kalo mau gitu kak ke plosok? Harus apa?
=> Oh, bisa mengajukan diri untuk penempatan di plosok. Seru si. Jadi pengen.
2. Trs kalo kita mau jadi pns guru itu maksimal brp tahun sm minimalnya kak?
=> Kurang tahu dek. Tapi ya tadi kakak kelas saya aja ada yg bru 2 tahun aja udah di angkat.
3. Terus kakak rencananya habis wisuda mau kemana?
=>  Lanjut s2 sambil ambil s1 yang ke dua hehe long life education~
4. Manajemen pendidikan tu gimana kak?
 => Ya ilmu manajemen tapi di barengi dgn ilmu pendidikan.
5. Biasanya yang ke pelosok itu sampe berapa tahun kak?
=> Gausah ditanya. Yang sampe puluhan tahun juga ada. Kalo betah si. Tapi kebanyakan, bru 5 tahun sudah minta pindah :(

2 Komentar untuk "Review Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta"

  1. kak mau tanya dong.. di thn 2019 ini, anak ipa bisa ambil unj pgsd ga ya?

    BalasHapus
  2. Adakah kelas karyawan untuk pgsd unj?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel