iklan header

Review Jurusan Psikologi Saintek Universitas Sebelas Maret




Bedah Jurusan Psikologi UNS (IPA/KLINIS)  bersama Kak Nurin Nurastina
Sesi 1
1. perbedaan psikologi ipa dan psikologi ips apa?
=>  Secara materi pembelajarannya gaada yg beda kok, jadi psikologi ipa dan ips sama aja materi2nya. Yang ngebedain itu cuma cara masuknya aja, jalur ipa atau ips.
Tapi, masing2 univ punya konsentrasinya sendiri2, terlepas dari ipa atau ips nya. Misal, psikologi UNJ menekankan ke psikologi pendidikan, sedangkan psikologi UI menekankan ke social
Contoh di UNS kan ipa yah, tapi tetep belajar psikologi sosial, di UI kan ips tapi tetep belajar biopsikologi
2. apa saja yang dipelajari dijurusan psikologi ipa?
=> Yg dipelajari di jurusan ipa banyak banget, kita ada sekitar 70an mata kuliah. Yg pasti itu mata kuliah dasar kaya bahasa, agama, pkn, dll. Terus ada psikologi umum, psikologi klinis (kesehatan mental, psikologi perkembangan, dll), psikologi sosial (psikologi lintas budaya, psikologi komunikasi, dll), psikologi industri dan organisasi (manajemen organisasi, penilaian kinerja, dll), wawancara, tes psikologi, observasi. Banyak banget sih sebenernya kalo yg dipelajari di psikologi :)
3. prospek kerjanya apa?
=>   Prospek kerja lulusan psikologi banyak kok, secara garis besar bisa di rumah sakit, perusahaan, dan LSM. Kalo lulusan s1 biasanya kerja di perusahaan sebagai karyawan HRD (human resource development yg ngurus2 rekrutmen, seleksi, pelatihan karyawan, dll). Lulusan s1 bisa juga kerja jadi asisten psikolog.
Kalo lulusan s2 magister profesi, itu udh bisa jadi psikolog (bisa kerja di rumah sakit, perusahaan, bisa juga ngediriin biro psikologi sendiri).
Nah kalo di LSM itu bisa kaya kerja di BNN, KPAI, Komnas HAM
4. kalo dipsikologi, lintas jurusan itu berapa persen kemungkinan untuk masuk psikologi?
=> Wah jujur kalo persentase kemungkinan diterimanya aku juga kurang tau, soalnya itu nanti kebijakan masing2 univnya, dilihat juga dr nilai tesnya. Kalo lintas jurusan gitu, sepengetahuan aku, yg penting kita bisa mengimbangi (atau bahkan melebihi) kemampuan anak2 lain yg basicnya di jurusan itu. Misal jurusan ipa mau masuk ke psikologi ips, yaa berarti hrs berjuang belajar ipa dan ips gituu hehe
5. . diterima lewat jalur apa?
=>  Dulu aku alhamdulillah diterima di psikologi uns lewat jalur SBMPTN :)

Bedah Jurusan Psikologi UNS (IPA)  bersama Kak Nurin Nurastina
Sesi 2
1. suka duka masuk jurusan psikolog apa?
=> Sukanya di psikologi itu, pengetahuan yg kita dapet luas banget, dari berbagai bidang pelajaran semua dipelajarin di psikologi. Contohnya, kita belajar ttg fisiologi tubuh, gangguan jiwa, terapi. Tapi kita juga belajar ttg budaya, sosial, komunikasi, organisasi, manajemen. Terus kita juga tau tes psikologi.
Kalo duka nya apa yah, yaa mungkin tugas2nya kadang review jurnal, bikin esai, paper, analisis, gitu2 hehe
2. kenapa harus psikologi?
=> Kenapa hrs psikologi? Mungkin jawabannya bisa jadi satu sama nomer 1 yg suka nya kuliah di psikologi. Selain itu juga, di psikologi kita bisa lebih aware thd diri kita dan org lain, karna di psikologi kita belajar mekanisme2 jiwa di dalam diri kita. Misal regulasi emosi, motivasi
3. apa orang yang kuliah dijurusan psikologi, orangnya pendiam dan tertutup?
=>  Nggak gituu kok, di psikologi uns malah anak2nya heboh2 semua :D
Semua orang bisa belajar psikologi kok, yg penting terus berusaha sama terus oenasaran aja biar bisa menggali2 terus ilmu psikologi
4. apa kesulitan jurusan ini?
 => Kesulitan jurusan ini hmm tantangan sih sebenernya, tetep harus kepo sama ilmu2 psikologi. Karna ketika kita terus kepo sama ilmu2 psikologi kita bakalan dapet ilmu banyak banget yg bisa diaplikasiin
5. apakah masuk jurusan psikologi harus orang2 peka?
=> Nggak harus juga kok, psikologi bisa dipelajari sama semua orang :D
Kepekaan itu juga bisa dilatih soalnya, kaya yg aku bilang tadi sih, tetep harus kepo yg penting

Bedah Jurusan Psikologi UNS (IPA)  bersama Kak Nurin Nurastina
Sesi 3
1. trik buat masuk psikologi apa kak?
=> Trik buat masuk psikologi gaada sih sebenrnya. Mungkin yaah trik2 umum aja, belajar yg giat, dilatih terus soal2 tesnya, perhatiin juga passing grade psikologi biar kita bisa punya target dan usaha kita juga bisa menyesuaikan biar mencapai target itu :)
2. psikologi ipa gabisa dmskn sama anak ips?
=> Bisa aja sih sebenernya, tapi berarti anak ips harus belajar fisika, kimia, biologi karna jalur masuknya kan jurusan saintek yah, biar nggak kalah saing hehe. Kayanya ada beberapa univ juga yg bisa ipa dan ips, tapi maaf aku juga kurang tau univ mana aja
3. kak lulusan psikologi itu kebanyakan kerja diposisi apa?
=>  Secara pastinya, aku gatau kebanyakan kerja di posisi apa.
Kalo lulusan s1 sepengetahuan aku banyak yg kerja di perusahaan.
Kalo lulusan s2 lebih bervariasi, ada yg di perusahaan, rumah sakit, biro psikologi, sama LSM
4. kak bener gak sih psikologi itu ada keterkaitan sama filsafat
=> Hmm ada benernya juga sih hehe. Di awal2 semester itu, ada mata kuliah filsafat umum & filsafat manusia. Beberapa materi psikologi emang topiknya rada2 mirip sama filsafat, tapi nggak semua kok, cuma sebagian kecil aja.
Sebenernya filsafat itu, induknya segala ilmu, jadi di jurusan2 lain juga bakal dipelajarin filsafat, dan materinya disesuaikan sama jurusan itu.
5. univ yang psikologinya ipa ada dimana?
=> Univ yg psikologinya ipa setau aku uns, unpad, univ lambung mangkurat, udayana, sriwijaya. 
Tapi kayanya masih ada lagi yg lain, tapi aku kurang tau hehe, mungkin bisa searching :D

Bedah Jurusan Psikologi UNS (IPA)  bersama Kak Nurin Nurastina
Sesi 4
1.  kak kalo psikologi ipa apakah langsung jd psikiater? katanya kalo jadi psikiater itu kalo di psikolog biasa harus s1 baru s2, apa kalo psikolog ipa s1 langsung jd psikiater
=> Nggak kok. Jadi psikiater itu beda sama psikolog.
Kalo psikiater itu s1 kedokteran, s2 spesialis kesehatan jiwa.
Kalo psikolog itu s1 psikologi, s2 magister profesi psikologi.
Jadi kalo psikiater itu s1 nya kedokteran :)
2. psikologi ipa ada biologinya dong kak?
=> Iyaa ada biologinya, tapi nggak banyak sih. Biasanya di awal2 semester aja, selebihnya yg paling berhubungan sama ipa itu paling gangguan2 jiwa gitu, sama ada psikologi perkembangan juga
3. apa manfaat setelah mempelajari psikologi?
=>  Manfaat setelah mempelajari psikologi itu, kita bisa melihat kembali ke diri kita, jadi kaya kita bisa tau "oh ternyata di diri aku kaya gitu toh, kalo aku kaya gitu berarti aku harus berbuat ini"
Setelah kita belajar, kita bisa langsung membandingkannya sama diri kita "kita udh bener belum sih?"
Tapi semua itu kembali lagi ke diri masing2, kalo kita bisa memahami dan menjiwai materi2 itu, akan lebih mudah buat kita :)
4. kak apa benar buku buku psikologi itu rata2 berbahasa inggris dan banyak teorinya?
 => Buku2 psikologi itu tergantung univ dan dosennya kok sebenernya. Ada univ dan dosen yg seneng pake buku bahasa inggris, tapi ada juga yg sukanya pake buku bahasa indonesia aja. Soalnya emg buku psikologi itu banyak, banyak yg bahas inggris tapi banyak yg bahasa indonesia jugaa. Kalo teori, kayanya menurut aku semua jurusan itu banyak teorinya. Tapi di psikologi itungannya banyak prakteknya juga kok dan sebelum praktik itu pasti ada teorinya dulu
5. apa bedanya psikologi ipa sama dokter ahli jiwa?
=> Dokter ahli jiwa itu psikiater. Dan jawabannya hampir sama kaya soal nomer 1 tadi hehe.
Psikologi ipa dan ips alurnya tetep sama kok utk menjadi psikolog :)


Bedah Jurusan Psikologi UNS (IPA)  bersama Kak Nurin Nurastina
Sesi 5
1. kak psikologi ipa kalau pake snmptn nilai yg jd prioritas apa kak?
=> Wahh jujur aku kurang tau maaaf, karna pertimbangan diterima atau nggaknya itu murni keputusan univ dan jurusan. Terus berdoa aja yg penting :))
2. jika ingin mempelajari psikologi hal apa yang harus dikembangkan?
=> Hal2 itu maksudnya secara keilmuan atau secara keahlian? Kalo secara keilmuan, karna psikologi itu beda dari pelajaran2 pas sma, jadi psikologi itu hal baru menurut aku. Dan menurut aku, keilmuan yg hrs dikembangkan itu nantinya bisa diketahui ketika kalian udh masuk di psikologi.
Kalo secara keahlian, yaa pokoknya tetep kepo aja, gali2 terus ilmu2 yg berhubungan sama psikologi. Terus kemampuan analisis juga lumayan diperlukan dalam psikologi, karna nanti kadang nulis esai dan paper.
Tapi jangan takut, dulu aku juga jarang nulis apalagi analisis2 gitu, tapi lama 2 ntar terlatih dengan sendirinya kok :)
3. dipsikologi uns peminatannya apa aja kak?
=>  Di psikologi uns itu sebenernya gaada peminatan secara formalnya. Tapi di psikologi itu biasanya ada psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi industri organisasi, psikologi pendidikan, sama psikologi perkembangan
4. bisa dijelaakan tahap2 perkuliahan di psikologi?
=> Tahap2 perkuliahan di psikologi itu gimana maksudnya? Hehe
Aku jawab sebisanya yah, awalnya tuh pastinya mata kuliah dasar, terus nanti ada matakuliah2 yg berhubungan sama psikologi klinis, sosial, industri organisasi, pendidikan, sama perkembangan.
Nah pas di bagian itu ada univ yg langsung penjurusan jd cuma mempelajari bidang2 tertentu. Tapi ada univ yg gaada penjurusan secara formalnya, jadi tetep fleksibel bisa milih mata kuliah bidang apapun.
Nah terus setelah itu, baru ngelanjutin s2.
S2 dibagi jadi 2, ada psikologi sains sama magister profesi. Psikologi sains itu nanti bisa jadi ilmuwan, sdgkn magister profesi itu nanti bisa jadi psikolog
5. kalo dipsikologi ipa, cuma dibutuhkan dimedis saja?
=> Nggak kok, jadi jurusan2 di univ itu hanya menentukan jalur masuknya, apakah lewat ipa atau ips.
Setelah udh masuk di psikologi, semuanya sama kok, mulai dari materi2nya sampe lulusan2nya.
Lulusan psikologi uns (ipa) banyak yg kerja di perusahaan, lulusan psikologi ugm (ips) banyak yg jadi psikolog klinis

Motivasi
Nurin Nusratina Tetep semangatt buat kalian semua, belajar yg giat tekun rajin, dicoba2 terus soal2nya. Kalo semisal kalian jenuh, refreshing dulu biar nggak semakin jenuh, tapi jangan lupa belajar lagi yahh hehehe
Nurin Nusratina Pinter2 cari peluang, tanya sana sini hehe

1 Komentar untuk "Review Jurusan Psikologi Saintek Universitas Sebelas Maret "

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel