iklan header

Review Jurusan Statistika Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Politeknik STIS)



Bedah Jurusan Statistika STIS bersama Kak Gibran
Sesi 1

1. Biasanya pengetahuan umum yang keluar dites STIS itu yang seperti apa? Contohnya gitu?
=> Untuk kebutuhan informasi kalian, tes yang kemarin itu, bagian Pengetahuan Umum sudah ditiadakan, tapi kalau untuk soal tes saya, biasanya ya berbau kegiatan BPS sih.
Contohnya: "Kapan sensus pertanian dilaksanakan?"
Ada juga yang berbau komputer, "Kode biner dari desimal 28 adalah?"
Ada juga tentang NKRI kok, "Banyak bulu di Burung Garuda?"

2. Apakah STIS itu yang diliat cuma nilai Matematikanya aja, kak?
=> STIS biasanya melihat nilai Bahasa Inggris dan Matematika untuk tahap pra-seleksi, semacam seleksi di pemberkasan, minimal 75 biar aman dan lolos.

3. Statistika belajar apa aja ya? Apakah cuma anak IPA yang bisa masuk jurusan statistika?
=> Kalau di STIS, semua akan berujung dianalisis data dan analisis perilaku data, jadi kita bisa melihat pola hidup sampai pola ekonomi suatu wilayah dari datanya.
Pengantarnya belajar kalkulus, peluang, dan banyak lagi. Nah untuk STIS, cuma bisa IPA yang apply hehe.

4. Prospek kerja setelah lulus dari STIS apa ya, kak?
=> Kita pasti ditempatkan di BPS yang sedang membutuhkan tenaga kerja, kita harus mengabdi sebanyak 2n tahun, dimana n adalah lamanya tahun kita belajar.
Setelah itu, baru boleh keluar dari BPS dan cari kerja.
Kerja dimana? Statistika itu dibutuhin disegala bidang, mau hukum, mau perbankan pasti butuh ilmu statistik.

5. STIS harus ikatan pemerintahan dan setelah lulus harus ditempatkan kerja dimana aja ya, kak? Yang dibayarin pemerintah apa aja, kak? Termasuk kos gak?
=> Seperti yang aku jelasin di nomor 4, iya.
Kita ditempatkan di BPS yang membutuhkan tenaga kerja. Tapi, tidak selamanya disitu terus, misalkan tahun 1-5 di Bengkulu, mungkin aja kita bisa dipindah ke tempat lain.
Dan juga, kalau sudah mengabdi 4 tahun di BPS, kita bisa apply untuk program S2.
Semua gratis, kecuali buku. Kalau aku sih minjem buku di Perpustakaan aja haha.
Untuk masalah tempat tinggal dan makan, diberikan uang saku 1 juta per bulan dipotong pajak.

Bedah Jurusan Statistika STIS bersama Kak Gibran
Sesi 2

1. Apa aja yang lebih diprioritaskan saat mendaftar atau tes STIS?
=> Persyaratan penting? Prioritas? Setauku tidak ada.

2. STIS itu tidak pake sistem DO kan, kak?
=> Sistem DO? jelas ada. Di STIS itu ada 4 tingkat, karena D4 kan.
Nah, khusus di tingkat 1, nilai kita akan direview setiap akhir semester. Apabila tidak sesuai kriteria (ada mata kuliah inti yang dapat D, atau mata kuliah biasa yang dapat E), kita di DO.
Di tingkat 2, 3, dan 4, kita direview setiap akhir tahun (semester genap). Apabila tidak memenuhi kriteria, kita diberikan kesempatan mengulang di tingkat itu 1 kali.
Jika masih tidak memenuhi kriteria, maka kita akan di DO.

3. Tes kesehatan STIS itu gimana, kak?
=> Tes kesehatannya itu bukan tes fisik ya, jadi tidak ada lari atau push-up.
Tes kesehatannya sekedar cek tensi, gula darah, cek urin (cek narkoba), cek mata, rontgen dada, cek tato.
Untuk mata, STIS menerima calon mahasiswa yang matanya minus ataupun silinder kok.

4. Kak, bagi tips biar lulus di STIS dong hehe
=> Biar lulus di STIS? Ya, belajar dan turutin peraturan.
Kalau pertanyaanmu itu biar lolos masuk STIS, tipsnya sih niatin, jangan beban, pake alasan yang mantap buat masuk ke STIS, jangan sekedar karena suruhan ortu atau coba-coba.
Masalah tips akademik, sama seperti buku latihan di Toko Buku. Belajar, belajar, belajar. Tapi, jangan beban.

5. Kak, STIS menyediakan asrama atau tidak? Kalo iya, kita tidak boleh pulang kerumah seperti sekolah kedinasan lain ya?
=> Asrama? Dulu iya.
Sekarang enggak, maka dari itu STIS memberi uang saku 1 Juta per bulan, dengan anggapan akan digunakan untuk biaya tempat tinggal dan makan.
Masalah pulang kerumah? saya tiap hari pulang kerumah kok.

Bedah Jurusan Statistika STIS bersama Kak Gibran
Sesi 3

1. Kak, jurusan di STIS ada 2 ya? Nah, untuk masuk di Jurusan tersebut, dipilih dari pihak STIS-nya ya, kak?
=> Jurusan di STIS itu ada 3. Statistik Ekonomi, Statistik Sosial Kependudukan, dan Komputasi Statistik.
Saat kalian mau masuk ke tingkat 2, kalian akan ngisi angket sebagai pertimbangan, mau masuk komputasi, atau statistik biasa.
Saat mau tingkat 3, kalian yang masuk ke statistika akan dikasih angket lagi, mau masuk ekonomi atau kependudukan. Yang menentukan pada akhirnya, ya, pihak institusi, dengan mempertimbangkan minat kita di angket tersebut.

2. Di STIS masih dapat uang saku kah, kak?
=> Masih, selama tidak ada asrama, pasti dapet.

3. Di STIS ada kegiatan seperti magang gitu kah, kak? Atau langsung kerja?
=> Di STIS kok kerja? wkwk.
Kalau masuk STIS, pertamanya ada masa orientasi, baru kuliah. Nah setelah kuliah, kita akan menunggu beberapa waktu surat keputusan, yang menentukan kita kerja di BPS mana, kalau pas kerja di BPS, gaada magang, mentok-mentok hanya gaji yang kamu dapat tidak 100% (lupa istilahnya) sama kayak PNS yang baru masuk departemen pemerintahan.

4. Terus kalau udah lulus itu langsung diangkat jadi PNS atau ikut tes CPNS dulu, kak?
=> Disini maksudmu CPNS itu TKD? Kalau itu maksudmu, iya. Harus ikut tes TKD dulu, tapi tes-nya sewaktu kita lagi kuliah juga. Nyambi lah istilahnya.
Kalau kamu ga lolos-lolos tes TKD tersebut, kamu gabisa jadi PNS di BPS, tapi hanya menjadi "mitra kerja" dan tidak mendapatkan gaji, melainkan hanya honor.

5. Biaya hidup selama kuliah di STIS per-bulan kira-kira berapa, kak?
=> Anggap kamu ngekos 500 ribu perbulan. Dan biaya untuk makan 10 ribu per porsi cukup kok, jadi kalau kamu makan sehari 2 kali, berarti 500+(10*2*31)= 1 juta 3 ratusan lah ya.
Atau, ga ya makan jangan hedon, cukup sayur sama lauk aja 7000 juga jadi wkwk.

Bedah Jurusan Statistika STIS bersama Kak Gibran
Sesi 4

1. Alasan kakak masuk STIS apa? Kenapa kakak milih STIS?
=> Alasan saya milih STIS, biar tidak membebani orang tua hehe. Alasan lain, supaya mandiri juga.

2. Kak, tes kesehatannya ada yang tanpa busana ya?
=> Tanpa busana? Sebenarnya gini, tes kesehatan di tiap-tiap daerah itu berbeda-beda, jadinya metodenya juga beda-beda.
Tapi, yang saya sebutin dijawaban atas itu yang pokok-pokoknya, yang menjadi penilaian penting di STIS.
Di daerah teman saya ada yang disuruh lepas busana, untuk mengecek tato.

3. Sistem kuliah di STIS itu gimana? Mata kuliahnya ngambilnya perpaket gitu?
=> Untuk sistem kuliah di STIS, miriplah ya kayak kita SMA, nurut sama kurikulum.

4. Kak, ngomong-ngomong di STIS itu lebih banyak yang nerima cewek daripada cowok, itu bener gak, kak?
=> Kebetulan, yang lolos STIS memang akhir-akhir ini lebih dominan perempuan.
Tapi, itu karena memang sewaktu itu yang memenuhi kriteria ya prestasi perempuan-perempuan itu.

5. Selama kakak di STIS ini, hal yang paling sulit yang harus kakak lakuin apa?
=> Selama kuliah di STIS, paling sulit itu, belum ada. Hidup mah nyantai. Sulit itu sugesti haha.

1 Komentar untuk "Review Jurusan Statistika Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Politeknik STIS)"

  1. Terima kasih atas infonya, kak. Info-infonya sangat membantušŸ’œ

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel