iklan header

Review Jurusan Teknik Metalurgi Dan Material Universitas Indonesia



Bedah jurusan Metalurgi UI bersama ka Agung Cahyadi.( Sesi I)

Pertanyaan:
1. Kak,masuk lewat jalur apa?
    Lewat SIMAK hehe

2. Di metalurgi&material belajar apa aja? Asyik nggak?
 Di metalurgi dan material kalau di UI belajar banyak nih trntang aplikasi kimia, misalnya ekstraksi, korosi, manufaktur, sampai advanced material. Untuk jenis material sendiri kita belajar 4 jenis : Polimer, Logam, Keramik, dan Komposit

3. Metalurgi lebih dominan pelajarin apa? Yg ditekankan gt kak.
Metalurginya sih lebih belajar Kimia dek, kalau yang arahnya ke Material bakal lebih ke Fisika, ya kurang lebih komposisinya 60% Kimia dan 40% Fisika :)

4. Keahlian dasar apa sih yg harus dimiliki kalo mau masuk jurusan itu kak ?
 Keahlian sih gaada, cuman bagusnya Dasar2 kimia dan fisika di SMAnya dimantepin

5. Metalurgi kerjanya pasti kerja lapangan ga kak?
 Metalurgi gak harus dilapangan kok kerjanya, kalau kerja di bidang manufaktur bakal banyak di Industri, Tambang dan minyak iya ke lapangan, di ruangan bisa juga jadi dosen :)

6. Prospek kerjanya di mana aja?
Prospek Kerja : Di Pertambangan (Ekstraksi), Otomotif/Mobil/Pesawat (Manufaktur), Peneliti (Advance Material), Perminyakan (Korosi)

7. Kerja setelah lulus itu di pabrik gt ya kak? Soalnya aku punya temen kantor metalurgi juga UI.. Selain dipabrik jd apa?
Mostly di pabrik sih, cuman di offshore kayak perminyakan juga bisa, atau jadi peneliti gitu hehe

8. Banyak peminat ga sih kak metalurgi itu?
Peminat tiap tahun meningkat sih, kalau kayak metalurgi UI untuk yg jalur sbmptn misalnya persaingannya bisa 1:20

9. Banyak cewek ga kak metalurgi?
Lumayan haha, aku seangkatan 131 orang, ceweknya 41

10. Dosennya killer2 ga kak?
 Dosen ada yang killer ada yg nggak, tapi santai sih budaya di teknik gak bakal terlalu menyulitkan mahasiswa :)

Sesi 2

11. Kak, Metalurgi itu kan terbagi atas 3 program jurusan ya? Reguler, pararel, dan KKI.
Sebenarnya apa yg membedakan setiap program jurusan tsb. dari segi pembelajaran secara general?
Sebenernya gak metalurgi aja, Elektro, Mesin, Teknik Kimia, Arsitektur dll juga buka 3 Program tadi, untuk perbedaan secara mendasar sih lebih ke biaya, Reguler itu biayanya normal, bisa cicilan, gaada uang pangkal, jadwal lebih leluasa, KKI biayanya masyaAllah, susah beasiswa jg, tapi bisa double degree di luar negeri,  trrus paralel biayanya full,ada uang pangkal, jadwal kuliah agak susah (siang gitu barh mulai), tapi seleksinya lebih longgar. Nah yg disebut seangkatan sama aku tadi itu Reguler + Paralel, kalau KKI itu punya departemen khusus namanya Program internasional

12. Kakak les gitu2 nggak? Atau belajar sendiri? Lewat mana kak? Bisa nggak bagi tips2 cara belajar kakak?
Dulu sempet les sih, tapi nyambi2 belajar juga misalnya dari zenius, tips belajar sih sebenernya normal2 aja, utamain mapel yg bisa dulu buat jalur tulis, sama bab2 yg mudah dikhatam, sisanya strategi ujian tulis :)

13. Susah nggak kak materi2nya? Biasanya pada dapet ipk berapa?
Materi2nya gak susah sih, soalnya aku dulu kimia sempet ikut olim gitu jadi ada dasar2, tapi  dasar2 kimia dan fisika sma udah cukup kok :), IPK alhamdulillah selalu diatas 3 :)

14. Ada yang kuliah sambil kerja gitu nggak? Katanya ui menyediakan lapangan kerja juga ya buat mahasiswanya?

15. Kk dr smk/sma?
ku SMA dek hehe

16. Praktikum fisika dasar di upp mipa ya kak?
Iya haha, kok tau? Fisika cukup menyebalkan praktikumnya lho wkwk

17. Pelajaran apa yg sulit dipahamin pas masuk2 metalurgi kak
Pelajaran sih fisika, soalnya emang dari sma ga pernah merhatiin gurunya wkwk, saran sih buat kalian pelajaran2 dasar di jurusan yg diinginkan dikhatamin aja biar ga usah belajar lagi

18. Praktiknya metalurgi ngapain kak
Praktikum macem2, praktikum kimia dasar, kinia analitik, Praktikum cor, XRD, dll

19. Ngabisin banyak waktu di fakultas buat apa kak? Praktik atau apalah
Di fakultas lebih banyak ikut organisasi sih hehe

20.  Dtmm katanya keras ya kak?
Nggak keras juga sih, cuman pembinaan maba di metal ui lumayan baik, gaada kekerasan dan plonco2 gitu, murni seniornya ngedidik mental dan pemikiran kita :)

21.Lulus nya lama apa ngga ? Paling lama lulus ada sampe berapa taun sih??
 Kalau metal ui rata2 lulus 3,5 tahun sih, yang angkatan 2012 kemarin yg lulus 3,5 tahun ada 60 orang, setengah dari jumlah angkatan. Bisa dilihat sih dari kurikulumnya (kita pake yg 2012), emang dirancang buat lulus 3,5 tahun

22. Kak aku penasaran sama perpus pusat gimana sih kak? Hehe
Perpusat UI kalau ga salah yg terbesar dan koleksi bukunya terlengkap se Asia Tenggara, thats why disebut Crystal of Knowledge, ada starbucknya di dalem wkwk..

23. Metalurgi buka brp peminatan kak? Ada apa aja tuh?
Peminatan sih setauku gak secara langsung gitu, cuma ngeliat interest masing2 aja kayak pengen ke korosi, ekstraksi, manufaktur gtgt seperti di gambar awal

24. Ospek di fakultas teknik gimana sih kak? Ceritain dong hehe
 Ospeknya disebut MADK sih, Masa Adaptasi Dunia Kampus, pokoknya seru sih, kenal teman seangkatan, ditanemin nilai2 solid dan konkrit, dibiasain bangun pagi, tugas berat gtgt, sejauh ini teman2 di ft pada bilang banyak perubahan positif setelah di madk, setelah madk ada proses mabim (masa bimbingan) ini dibimbing sama senior, bukan plonco atau kekerasan, asli mendidik dari orang2 terdidik, ditanemin nilai2 gitu seangkatan, interaksi, buat pkm dll.

25. Kakak ikut ukm apa aja?
Aku gak ikut ukm, ikutnya tahun ini BEM sama himpunan :)

26. Apa yg ngebuat kakak tertarik sama jurusan teknik metalurgi dan material? Dan kenapa pilih ui? Tantangan terberat menurut kakak jadi seorang materials engineer tuh.apa?
 Yang membuat tertarik sih lebih ke keinginan untuk balik ke daerah setelah lulus, kebetulan d daerah saya ada antam, dan rugi aja sih kalau putra daerahnya cuma liat2 aja dan gabisa manfaatinnya hehe.

27. Kakak pilihannya apa aja dulu selain metalurgi?
Milih Kedokteran, sama Teknik Kimia 😅

28.kak apa bedanya metalurgi,geologi,sama geodesi?
Metalurgi itu objeknya material kayak logam, keramik, polimer, sama sekarang ada nanomaterial, kalau geologi lebih ke batuan2, sementara geodesi lebih ke pemetaan lokasi strategis misal lokasi kemungkinan ada minyak atau bahan tambang. cmiiw

29. Kenapa pilih ui?kenapa ngga itb/its/untirta? Tantangan terberat menurut kakak jadi seorang materials engineer tuh.apa?
Jadi kenapa pilih ui, soalnya untuk jurusan metalurgi prefer metalurgi ui, dari tenaga pendidik dosennya udah banyak yg professor. Plus untuk metalurgi, metalurgi ui itu yg tertua se-Indonesia, kebetulan rektor ui juga dari metalurgi (promosi) haha..Kalau unjani/untirta sih mungkin karena lebih nyaman depok sih, akses kemana2 gampang, sama dosen2 disana beberapa itu dari ui, dekan ft untirta kalo ga salah metalurgi ui dulunya.Nah kalau dibandingin sama itb sebenernya beda fokus juga, kalau di itb metalurgi sama material dijadiin jurusan masing2, terus metalurgi itb itu tergolong baru, dibuka tahun 2000an, temenku disana bilang jg dosennya masih dikit sekitar 9 orang kalo ga salah, soalnya emang lagi pada di sekolahin terus balik ngajar. Kalau saranku sih pilih jurusan bukan lihat kampusnya dulu intinya, lihat kualitas pengajar, akreditasi,  lingkungan, dan yang ga kalah penting minat dan tujuan yang jelas :)

Tantangan terberat jadi materials engineer? Kalau material, mungkin lebih ke dukungan pemerintah gitu sih buat riset, sejujurnya untuk riset2 gitu sering kali terkendala di alat2 yg minim, sama ketersediaan materialnya, semisal mau beli TiO2 (bahan dasar pembuatan panel surya) itu belinya di situs alibaba.com, semacam situs bukalapaknya cina, punyanya Jak Ma, orang terkaya di Cina. Entah ada apa ngga ketersediaannya di Indonesia, tapi sejujurnya lebih sulit aja gitu nyarinya di Indonesia :"

30. Bener ga sih kak kalau buat perempuan nanti kerjanya ga terjun langsung gitu? Jadi cuma mantau gitu.
Kalau kerja sih setauku bebas2 aja mau cowok apa cewek, tapi kalau di pertambangan prefer cowok, pernah baca artikel gitu kalau cewek gak direcommend kerja di bawah tanah gitu, soalnya ada kemungkinan ngehirup gas2 atau something yg mempengaruhi si perempuan ini kalau hamil, sama daya tahan perempuan juga kurang baik, oksigen di bawah tanah itu terbatas, seminimalnya lokasi kita berada oksigennya kadarnya sekitar 21%


1 Komentar untuk "Review Jurusan Teknik Metalurgi Dan Material Universitas Indonesia"

  1. Saya mahasiswi jurusan metalurgi lagi ngejalani semester 4 nih kak.. Bingung mau ngambil permintaan nya dimanaa :( mohon pencerahan dikit kak, soalnya pengen ngambil korosi gimana prospek kerjanya kak? Tolong jelasin prosepek kerja dari masing2 perminatan di Metal sama yg dibutuhkan sekarang itu apa? Terimakasih kak

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel