iklan header

Review Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret



Bedah jurusan Teknik Sipil UNS bersama Kak Ziyad Yusuf Khusaini. (Sesi I)

1.kak mana yg lebih besar peluang kerjanya pwk atau teknik sipil?

: Teknik itu semuanya selalu berkaitan dek, jadi tiap ada proyek semua dari teknik itu bekerja sama, ada dari industri, kimia, mesin, pwk, sipil dll. Aku sudah pernah ikut kerja proyek

2. Teknik sipil itu belajarnya seperti apa kak?

: teknik.sipil itu belajar bagaimana merancang dan membangun bangunan dari pondasi hingga atap

3. Ka kalo teknik sipil bnyk ngegambar ga? Trs hrs jago ngegambar apa ngga?

: Enggak dek.. kalo yang berkenaan gambar itu arsitek. Kalo teknik sipil lebih ke perhitungan

4. Kak belajar geologi juga nggak di sipil?

: ada dek.. tapi bukan geologi namanya tapi tentang pertanahan

5.Berarti rumus2 fisika gitu dipakai ya kaa?

: Itu pasti dipakai.. karena anak teknik lebih banyak menyinggung pelajaran fisika dan matematika

6. Prospek kerjanya kaya gmn ka?

: Prospek kerjanya banyak banget dek.. Teknik sipil itu menjadi prospek kerja paling pertama yang dicari di seluruh dunia. Kenapa? Alasannya pasti tiap orang selalu pengin punya rumah, dan masalah rumah itu teknik sipil masternya. Kemudian ada perbaikan juga.. perbaikan itu juga menjadi keahlian teknik sipil, apalagi kalo kalian ingin membangun rumah tangga.. Teknik sipil itu jadi idaman deh.. hehe...

7. Matkulnya apa aja kak? Bisa tlg dijelasin ga kak, garis besarnya aja.

: Matkul secara garis besar mengenai perhitungan.. tapi lebih sedikit untuk kimianya

8. Buat kakak pribadi, tantangan paling berat di teknik sipil apa sih?

: Tantangan terberat itu ya anak teknik itu serba kerja keras.. tapi hasilnya juga diatas ratusan juta

9. Kakak masuk uns dari jalur apa? Kakak ikut ukm nggak? Ukm apa?

: Aku masuk lewat sbmptn.. Aku termasuk orang yang dikecewakan sama snmptn.. karena nilainya lumayan tinggi dan sekolahku juga favorit.. Aku alumni SMAN 1 surakarta program akselerasi.. Satu teman sama Aldo Meyolla mahasiswa termuda

10. Ka kenapa anak teknik sipil sering banyak kejadian ditengah tengah perkuliahan malah memutuskan untuk keluar

: Semua jurusan pasti ada yang begitu.. beberapa alasan biasanya karena sudah dapat di sekolah tinggi negara seperti stan dll.. Teknik sipil mah kerjanya enak.. seperti bos, teknik sipil itu beda dengan tukang. Waktu kalian belajar di teknik sipil nanti juga dipelajari yang namanya manajemen, jadi kalian bisa menjadi bos. Kalo menurutku teknik sipil itu bisa mempelajari semua teknik.. Jadi kayak teknik kimia teknik industri teknik mesin pwk dll itu juga dipelajari.. karena menjadi keahlian untuk teknik sipil

Jurusan Teknik Sipil UNS (Sesi II)

11. Di teknik sipil dikit nggak kak cewenya? Biasanya cewe di teknik sipil gimana sih?

: Banyak dek.. Teknik sipil itu termasuk yang paling banyak ceweknya setelah teknik industri

12. Bagi kiat2 belajar ala kakak dong. Niscaya dengan belajar dari kakak yang sukses sbmptn bisa ikut tertular juga

: Kakak sih tiduran terus sih.. he he.. yang penting jangan lupa tidur aja. Datang kerjakan lupakan..hehe

13. Kak teknik sipil itu sama kaya manajemen konstruksi atau gmn kak?

: Itu menjadi keahlian dari teknik sipil dek .. kalo semester 5 nanti mengambil jurusan seperti itu

14. Kak kalo perencanan jalan dan jembatan itu lebih ke sipil atau geologi kak? Soalnya geologi juga belajar perencanaan jalan dan jembatan kak

: Itu lebih menjadi keahlian dari teknik sipil.. memang geologi mempelajari, tapi geologi hanya menjadi pembantu proyek atau konsultan.. tapi teknik sipil sendiri sudah belajar dari awal sampai selesai pembangunan

15.kak lingkungan di UNS nyaman atau gimana?mahasiswanya disana gimana dan pergaulannya?

: Alhamdulillah UNS termasuk kampus yang baik karena lingkungan didaerah jawa terutama solo yang justru lebih ramah daripada yang lain.. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalo kejahatan juga ada dan sering terjadi

16. ka tapi susah nya teknik sipil itu apa ?

: Susahnya ya yang namanya membangun dan merancang itu susah.. Dan dibutuhkan kreatifitas yang bagus.. Tapi di teknik.sipil itu cuman dasarnya dulu.. pengalaman di proyek itu menjadi ilmu yang sangat bermanfaat. Karena belajar di teknik sipil hanya 10% saja ilmu yang kamu kuasai dari kampus, 90% dari pengalaman proyek

17.jadi teknik sipil bisa dibilang mother of engineering yaa?

: Iya bisa dikatakan seperti itu.. Teknik sipil nanti tidak hanya berkutat pada proyek mengenai teknik sipil, tapi bisa ke teknik.mesin dll

18.kaka udh s1 atau gimana?

: Aku baru lulus tahun ini dek.. Aku kelahiran 98.. hehe

19. kalau teknik industri itu lebih ke apa ka ? kaka tau ga ?

: Teknik industri.Itu lebih ke bagaimana memproses dan menghasilkan

20. Kak, suka duka jadi anak teknik sipil apa ya?

: Suka duka tiap orang berbeda.. sukanya nanti prospek kerjanya banyak dan idaman mertua.. Dukanya yaa prosesnya memang susah..

Jurusan Teknik Sipil UNS ( Sesi III)

21. Ka teknik itu hitungannya harus kuat ya? Teknik lingkungan mirip mirip sama sipil ga ka?

: Yaa untuk semua teknik perhitungannya memang harus perfect karena bisa berakibat fatal

22. Di teknik sipil belajar manajemen juga? Yang di pelajarin apa ajaa kalo tentang manajemen?

: Manajemen proyek dek..Jadi dari estimasi dana untuk bahan, menjadi bos perusahaan konstruksi, dll yang berkenaan dengan teknik sipil.. tapi pada dasarnya ilmu manajemen dipelajari.. dimana supaya menghasilkan yang terbaik dengan harga yang minimal. Karena teknik itu bila salah prosedur maka bisa berakibat melayangkan banyak nyawa, sedangkan dokter itu cuman satu orang.

23. berarti teknik itu memang susah ya ka ?

: Susah itu relatif dek.. Kalo kalian semangat dan punya niat benar.maka semuanya pasti bisa berjalan sesuai dengan niatmu. Ini aku berpesan ya. Kalo kalian kuliah, kalian harus membenarkan niat kuliahmu, Karena pasti banyak godaan. Dan suatu saat kalian akan ada saat dimana rasa malas untuk berangkat kuliah. Maka solusinya yaitu benarkan niatku.. Dan ketika malas, ucapkan lagi niat mu untuk memperkuat semangat kuliahmu. Dan jangan lupa berdoa yaa semoga dikuatkan dalam segala rintangan.. di kampus nanti kalian tidak hanya berteman dengan teman daerah kalian

24. Kak biasanya setelah lulus bisa melamar diperusahaan apa? Dan bisa kerja dia bagian apa dlu kak?

: Biasanya anak teknik sipil itu di perusahaan konstruksi ataupun konsultan karena gajinya tinggi sekitar 5juta an tiap bulan meskipun fresh graduat

25. Ada gaksih kak anak teknik sipil yg dr IPS?

: Semua kemungkinan selalu ada dek.. bahkan.anak ips yang masuk kedokteran aja ada kok. Yang terpenting bagaimana semangat kalian dan wujud usaha kalian. Kemudian serahkan semuanya kepada Allah dan jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua

26. biasa nya perusahaan2 nya itu apa ka ? kaya contoh ya nanti kama mau kerja dimana ?

: Wika, yang menjadi perusahaan langganan pemerintah.. proyeknya banyak banget.. tiada hari tanpa.proyek otu

 27. oh kaya waskita gitu ga ?

: Kalo perusahaan belum banyak yang aku tau. Biasanya butuh.. Dan itu pasti

28. Menurut kk apa kelebihan dan kekurangan fk teknik sipil dibanding dengan fk lain?

: Semuanya ada kelebihan dan kekurangan dek.. disini ada yang tersinggung gak? Mohon maaf yaa sebelumnya.

29. Kalo cewek di teknik sipil kerjanya nanti ngapain aja kak?

: Yaa karena adanya persamaan derajat maka pekerjaan juga sama.. jadi gak memandang jenis kelamin

30. Jurusan teknik2 peluang kerjanya gede gak? Soalnya aku pingin teknik industri he

: Teknik itu banyak yang membutuhkan.. tapi sayangnya keketatan mencari peluang kerja itu tinggi. Tapi kalo menurutku teknik sipil itu banyak yang paling dibutuhkan .. Bahkan menurut cerita dari pengalaman kakak tingkat yang sudah alumni, mereka yang lulusan teknik elektro teknik" lain justru kerja dibidang teknik sipil, karena keahlian teknik sipil itu dibutuhkan. Itu menurut cerita kakak alumni, jangan dimasukkan ke hati yaa bila tersinggung

Belum ada Komentar untuk "Review Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel