iklan header

Review Jurusan D3 Kebendaharaan Negara PKN STAN Part 1



💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

Sesi 1
1. yang dipelajarin fokus ke apa, kak?

Kalian ada yang pernah ikut organisasi/event? atau minimal di kelasnya deh, dan kalian jadi Bendaharanya. Nah itu dia, gambaran paling sederhana apa yang kita pelajari di kelas. Kita pelajari tentang uang yang masuk ke negara (Pendapatan Negara) dan uang yang keluar dari kas negara (Belanja), kalau kalian pernah denger, tiap taun tuh pemerintah ngeluarin APBN (http://www.kemenkeu.go.id/apbn2016), di kampus sendiri kita itu jurusan 'paket lengkap' kita belajar pajak, kita belajar efesiensi belanja negara juga


2. suka dukanya anak kebendaharaan negara apa, kak?

suka nya banyak, duka nya aja jadi suka hehe :D. suka nya itu, materi kuliah kita itu nyambung satu sama yang ainnya si, jadi sekali belajar jadi gampang, oh iya, kita itu belajar tentang rencana keuangan dalam satu kegiatan, jadi kuliah berasa lagi organisasi. duka nya? kita ambil referensi langsung dari Undang-undang/peraturan terkait, yang bahasa nya lumayan berbelit-belit biasanya, tapi kalo udah biasa, jadi paham sendiri deh.


3. lebih enakkan ambil d3/d4? alasannya?

fyi, untuk kamu yang baru lulus dari SMA, STAN cuma buka untuk Prodip D1 sama D3 doang yah :D, D4 itu untuk anak-anak yang baru lulus dari D3 STAN nya :D


4. peluang kerja lulusan d3 dan d4 lebih besar yang mana, kak?

Nah ini sebenernya ga nyambung ya, kalo kalian kuliah di STAN (fyi, kalo kalian tanya berapa biaya kuliah di stan, itu gratis ya :D) kalian pasti di tempatin di instansi pemerintahan, yang mana, pendapatan(gaji) kalian itu berbanding lurus dengan pendidikan kalian. peluang kerja nya lebih besar yang mana? guys, percaya atau engga, lulusan STAN pasti di tempatin di instansi Pemerintah, terutama Kementerian Keuangan.


5. prospek kerja kebendaharaan negara bisa jadi apa aja, kak?

Prospek kerja sendiri, kalo kalian tau, di Kementerian Keuangan itu ada yang namanya DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN, dan DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN NEGARA. Pokoknya kalo soal kerjaan kalian ga usah khawatir, itu bergantung kalian di tempatin di bagian mana pas nanti di kantor nya

💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

sesi 2

1. kalo perempuan lebih ke jurusan mana kak di stan?

oke, jadi program diploma stan itu ada :

a. D3 Akuntansi, D3 Pajak, D3 Kebendaharaan Negara, D3 Kepabeanan dan Cukai, D3 Manajemen Aset, D3 Penilai; dan

b. D1 Pajak, D1 Kebendaharaan Negara, dan D1 Kepabeanan dan Cukai

so, perempuan lebih ke jurusan mana? SEMUANYA, kecuali D3 Kepabeanan dan Cukai ya, di stan sendiri mahasiswa dan mahasiswi jumlahnya imbang kok. jadi ga usah khawatir yaaaa,


2. kak, emang sistem di stan kalo nilai turun di DO ya?

kalo nilai turun, engga juga. tapi kalo di stan sendiri, karena kita kuliah gratis dan langsung dapat kerja, tentu ada syaratnya kan ya? nah syaratnya itu IP kita tiap semester nya minimal 2,75, kalo di bawah itu ya emang belum rejekinya di stan, dan syarat lainnya ada beberapa mata kuliah yang emang kita ga boleh dapat nilai D (ini tergantung jurusannya), tapi sebenernya di stan sendiri kuliah sangat sangat sangat enak, percaya deh, terutama ya jurusan saya ini, kalian masuk terus (syarat terhindar dari DO salah satu nya adalah kehadiran minimal 80% tiap semester), dan kalian ga bertindak macem-macem, bisa lah lulus.


3. Kak, perbedaan kebendaharaan negara, perpajakan, dan administrasi negara apa, kak?

perbedaanya? Kebendaharaan Negara kita belajar pajak dasar dan kebijakan perpajakan (tau tax amnesty yang baru di sahkan? dikelas kita banyak diskusi tentang itu loh, udah tepat belom si tax amnesty di keluarin), kalo jurusan pajak dia belajar tentang perhitungan pajak, kalian makan di KFC kena pajak kan? nah, makan ayam yang 25rb aja kena pajak, gimana kamu kalo jadi pengusaha yang punya kekayaan nyampe milyaran tuh? nah orang pajak inilah yang ngitung kamu harus bayar pajak berapa. bedanya sama adminstrasi negara, jelas beda ya, kalo di stan lebih ke aspek KEUANGANnya, kalo administrasi lebih ke perapihan data/dokumen kenegaraan/daerah


4. Kebendaharaan negara harus punya prinsip "matematika dan akuntansi" harus bisa banget dong?

ga juga, walaupun kampus kita berlabel "akuntansi" kita ga sampe mabok kok belajar akuntansi, kita belajar sangat dasar tentang akuntansi, yang kalian ngedip aja itu udah bisa jago. matematika juga ga begitu ribet disini, kita lebih ke gimana kebijakan yang baik untuk Indonesia dari sisi keuangan, kalian tau Menteri Keuangan, nah itu adalah salah satu profesi yang paling cocok untuk lulusan Kebendaharaan Negara ini, karena kita melihat aspek KEUANGAN NEGARA secara luas


5. kak, yang dipelajari di kbn nanti lebih menjurus ke materi apa ya?

fyi, mata kuliahnya sangat sangat asing di telinga kalin. ada perencanaan kinerja anggaran, pelaksanaan belanja negara, pendapatan negara, penatausahaan negara itu beberapa yang sangat menjurus banget, kalo tahun pertama ya mata kuliah dasar kaya manajemen, akuntanis, hukum keuangan. kurang keren apa coba nama mata kuliahnya


💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

sesi 3

1. kak, jurusan kakak ada mirip-miripnya sama administrasi negara gak?

beda dong, kalo administrasi negara lebih ke menerapkan kebijakan pemerintah ke tempat dia kerja, mulai dari penerapan hukum ke tempat dia kerja, gampangnya si kita gambarin kalo administrasi negara itu orang manajemen nya (bisa itu manajemen sdm, atau kinerja) nah kalo Kebendaharaan Negara ini si orang Manajemen Keuangannya, sama kaya tadi, kalo di kelas/organisasi bisa dibilang kalo administrasi negara itu orang sekertarisnya, kalo Kebendaharaan Negara itu orang Bendahara nya. kegambar kan yah?


2. kalau daftar dengan satu tujuan prodi, peluang masuknya sama atau enggak dengan yang mengisi banyak tujuan, kak?

oke, fyi lagi nih, buat kalian yang masih asing dengan STAN, yang udah tahun 2016 tapi masih aja menyelenggarakan KULIAH GRATIS, dannnnn abis lulus LANGSUNG KERJA tanpa harus pergi cari info Loker gtu, untuk daftar ke stan itu, pas pendaftaran kalian wajib tuh pilih SEMUA JURUSAN yang ada di STAN, tinggal kalian ngurutin mau yang mana dulu dari 1 sampe 9 jurusan tadi yang udah saya sebutin sebelumnya.


3. secara khusus kbn itu gimana sih kak?

kaya tadi pas di awal, kalian liat deh Bendahara, yang pegang banyak duit, duit orang tapi yaaaaa, ya itu lah kita, terima uang masuk, catat, kasih uang kalo mau belanja, tapi dengan aturan yang sangat sangat lebih jelas lagi sesuai standar pemerintah


4. kelebihan dari prodi kbn sendiri itu apa, kak?

dibanding jurusan lain di stan, kita belajar hampir semua yang jurusan lain pelajari, jurusan pajak? kita belajar pajak dasar karena terkait dengan uang masuk, akuntansi? kita belajar pencatatannya juga yang dasar yang terkait aja, manajemen aset? karena barang-barang bisa di uangin, penilai, jurusan kebendaharaan negara cuma ada di STAN doang ya? atau ada di tempat pendidikan lain? ... Penilai? Karena kita juga nilai aset.

5. Jurusan Kebendaharaan Negara itu cuma ada di stan ya ga ada tempat lain, fyi nih, semua jurusan di stan itu ilmu ilmu nya udah pada di ujung tanduk ya, udah sangat sangat spesifik, dan semuanya cuma ada di stan, terkecuali akuntansi dan pajak yg udah ada di beberapa kampus lain.


💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

sesi 4

1. kebendaharaan negara itu basic IPA atau IPS?

sejujurnya, semua jurusan di stan itu ga memandang kamu dari IPA IPS Bahasa mau kamu anak SMA Favorit, mau kamu anak SMA biasa, mau kamu dari Madrasah Aliyyah, mau kamu anak SMK jurusan mesin, komputer, akuntansi, tata boga. kalian bisa masuk nih ke stan, ke jurusan manapun. walaupun basic kita emang bahasan tentang Ekonomi dan akuntansi, tapi pas tahun pertama kalian akan belajar tentang dasar semuanya, kaya manusia yang baru mengenal dunia deh. bedanya mungkin anak ips disini lebih banyak yang malah ngajarin anak non-ips pas taun pertama.


2. Selain pelajaran tentang akuntansi ada lagi ngga pelajaran lain yang harus dikuasain?

BUANYAK!!!!!!engga deng becanda. kalian paling belajar akuntansi dasar, ekonomi mikro-makro dasar, manajemen, hukum keuangan negara, udah cukup. itu semua basic nya, pas taun pertama semuanya dapat kok.


3. Kak, tes kesehatannya itu ada maksimal minus mata nggak?

maksimal minus engga ada tuh, terkecuali ya misal kamu minus 4 deh, ya peluang kamu di jurusan Kepabeanan dan Cukai agak berkurang aja, soalnya emang Bea cukai itu terkait barang masuk keluar negara jadi agak konsen ya, coba aja kalian liat Custom Protection di Net TV, itu lah bea dan cukai. selebihnya, asalkan kalian masih bisa melihat, baik itu pakai kacamata, bukan penghalang utk kuliah disini.


4. Ada batasan tinggi badan ngga kak kalo di kebendaharaan negara?

semua jurusan di stan ga ada batasan tinggi badan, yang lumayan bersayarat di stan ini ya cuma Kepabeanan dan Cukai aja minimal cewe 155, cowo 165, kalo jurusan lain, dibawah 155 baik cewe/cowo juga ga masalah kok


5. Kak, tips sukses supaya bisa lolos seleksi stan apa aja?

gampang banget, kalian perhatiin deh, soal usm stan itu taun ke taun SAMA BANGETTTTTTTTTTT, kalian sering latihan soal dan manajemen waktu baik, dan kalian paham maksud soalnya, ya lolos deh masuk stan. intinya banyak latihan soal

💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

sesi 5

1. di jurusan kebendaharaan negara, dominan cewe/cowo kak di kelas?

di semua jurusan imbang kok, kelas saya sendiri ada kebetulan di padatkan kelasnya, jadi ada 23 cowo, dan 16 cewe


2. kemaren pas tes kebugaran, kakak lari berapa putaran kak?

seingat saya itu ada 6 1/4 putaran


3. pas tes kebugaran, ada minimal putaran untuk tes lari gitu ga, kak?

ga ada minimal, tapi menurut perhitungan ya minimal 5 si, yang paling penting itu kalian lari stabil dan ga nyampe pingsan


4. kemaren selain coba tes stan, kakak coba tes apa lagi? hehe

kebetulan saya orangnya malasan ikut tes ini itu, fyi saya ga masuk undangan dan sbmptn, saya ga ikut tes masuk kampus lain, saya cuma ikut kirim transkip nilai rapor ke 2 kampus, di bandung dan di yogyakarta, kebetulan dua-duanya masuk, saya ambil dulu yang di yogyakarta, baru dapat 2 minggu di yogya, eh udah ada pengumuman keterima di STAN :D


5. hal yang paling sulit dilakuin di jurusan kebendaharaan negara apa, kak?

paling sulit ya numbuhin niat buat baca aja paling, karena disini materinya lumayan banyak bacaan, tapi yang bikin asik ya ketika kamu udah tamat baca materi satu mata kuliah, materi mata kuliah lain kebawa juga karena satu sama lain saling bersinggungan


💭Bedah Jurusan D-3 Kebendaharaan Negara(STAN) bersama Kak Dean Riswanto.💭

sesi 6
1. kakak D berapa?
Saya D3 ya seperti perkenalan di awal

2. kak, tkk itu meliputi apa aja ya?
Tes nya sendiri lebih ke matematika dasar, kosa kata kebahasaan, bahas inggris, dan sedikit psikotes gitu yg angka berpola/gambar berpola gitu

3. pilihan pertama kakak dulu apa?
Kebendaharaan Negara dong

4. kata grup sebelah, kebijakan tkk itu setiap daerah berbeda. itu bener ga, kak?
Engga dong, tes masuk stan itu sama semua soalnya, itu hoax ya berita nya

5. kaka dapat penempatan dimana?
Nah kebetulan untuk d3 dan d1 Kebendaharaan Negara semua pendidikannya HANYA ADA DI BINTARO (Jakarta/Tangerang Selatan) , terkecuali untuk D1 itu kita ada beberapa lokasi pendidikan di kota besar Indonesia seperti medan, padang, cimahi, Yogyakarta, Surabaya dsb.



4 Komentar untuk "Review Jurusan D3 Kebendaharaan Negara PKN STAN Part 1"

  1. Kak, masuk jurusan kebendaharaan negara juga ada larinya kak? Terus gapapa kita milih semua jurusan yang ada di STAN?

    BalasHapus
  2. Ka kalo di stan ada juga kan yang nama nya skripsi? Kalo ada kaka gimana tuh menyelesaikannya apakah mudah?

    BalasHapus
  3. kak. jurusan yang paling diminati di stan kk apa?

    BalasHapus

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel