iklan header

Review Jurusan Sastra Arab UGM




πŸ‡ΈπŸ‡¦ Bedah Jurusan Sastra Arab- UGM bersama Ka Yogi W πŸ‡ΈπŸ‡¦

sesi 1.
1. kaka lolos jalur apa?
=> Sya lolos jalur UTUL ( Ujian Tulis )

2. kenapa kaka tertarik sm sastra arab kak?
=> Sebenernya sy dulu belajar beberapa Bahasa  Yakni Jepang, Inggris, Arab. Tapi bahasa Arab saya pikir lebih menantang utk dipelajari yaa, jadi saya tertarik karena tantangan itu.

3. sastra arab apa mempelajari ttg arab aja? jd sastra arab mempelajari apa aja kak?
=> Sastra Arab, mudahnya kita bedah karya sastranya Novel, Cerpen, dan Syair2.

4. prospek kerja nya apa aja kak?
=> Utk prospek kerja depand on the student yaa, soalnya maunya masing2 kalau sy lagi ngejar jadi diplomat, hehe

5. apa bisa masuk sastra arab kalau cuma ngerti bahasa arab yg dasar banget?
=> Bisa banget

sesi 2.
1. semua jurusan bisa masuk sastra arab ga kak?
=> bisa, dulu saya jurusan bahasa. teman2 kelas banyak dr jurusan IPA, IPS juga, tapi kayanyaaa cuman saya yg jurusan bahasa hehe.

2. ada niatan lanjut ke madinah gitu ngga kak?
=> Alhamdulillah ada niat ke sana, hehe. Utk ke madinah Lebih ke Agama sih yaa, jadi lain sm Sastra Arab UGM. Kalau saatra Arab UGM muatannya bukan Agama bahkan ada juga salah satu diantara kami yang beda Agama.

3. nnt peminatan sastra arab ada apa aja?
=> Oke, Ada Linguistik, Sastra , Budaya. Utk budaya masih sedikit yg mau mengkaji.

4. semester awal fokus ke sastra arabnya atau pelajaran mendasar?
=> Utk angkatan 2013-sekarang. Mata kuliahnya agak komplek mahasiswa yg belum tahu b.rab sm sekali nanti di bimbing mentornya masing2. Tpi tenang aja, hehe. Utk semester awal biasanya pemanasan dulu, yng mudah2 hehee

5.susah gak sih kak masuk sastra arab?
=> Mudah aja, asal lulus seleksi masuk UGM dulu hwhe

sesi 3
1. sastra arab belajar tentang agama islam juga gak kak?
=> Iya, utk semester 1 aja, 2 SKS nama matkulnya Agama Islam.

2. sastra arab banyak peminatnya gak kak?
=> Setiap tahun ada sekitar 600 siswa ingin bergabung dg jurusan kita. Tapi utk setiap angkatan kita hanya menerima 50-60 siswa saja.

3. kalau pas kuliah,dosennya ngajar pake b.arab atau b.Indo?
=> Bahasa Indonesia, utk full bahasa Arab ada matkul yg namanya percakapan Bahasa Arab dr Semester I - IV.

4.ada dosen yg dari arab langsung?
=> Dulu ada, tetapi krena dirasa kurang maksimal jurusan memulangkan Dosennnya (oops). Tapi tenang, Banyak Mahasiswa mesir yg belajar bahasa Indonesia di FIB sooo, kalian bisa memanfaatkan mereka, oh ya yang jago bahasa Asing lainnya bisa join juga jadi Tutor.

5. kakak udah pernah ikut student exchange?
=> Yapt!! Pertanyaannya bikin inget dulu, jadi ada program exchange tapi yaa gak ketrima duluu yang ketrima temanku 2 org yng memang mateng bisa bahasa Arabnya..

sesi 4
1.sas arab ada prateknya gak kak? kalau ada apa aja prakteknya?
=> Gak ada, praktek di KKN aja biasanya langsung jadi Guru ngaji/ Guru Bahasa Arab. Wkwk.

2. suka duka dii sastra arab apa kak?
=> duka, dukanya kalau skripsi bisa ketahuan seberapa faham kita sm bahasa Arab yg kita pelajari selama kuliah. Sukanya, apa yaa hehe

3. belajar nulis arab juga gak kak? kayak khoth gitu?
=> Ada, itu masuk matkul juga

4. bahasa pengantarnya pake arab ya kak?
=> Gak, sy suda jelasin  di (atas)

5. apa materi yg sulit menurut kakak?
=> Linguistik

sesi 5
1. supaya masuk sas.arab nilai sekolah yg dilihat nilai umum atau nilai agama?
=> Gak dua2nya, nanti temen2 bisa ikut seleksi ujian masuk perguruan tinggi utk nilai rapor tidak sebegitu di pertimbangkan. Bisa ikut SNMPTN, SBMPTN dan UM.

2. apa yg membedakan sas.arab dg sastra lain sehingga kakak tertarik di sas.arab?
=> Tadi sudah di jelaskan di atas.

3. harus punya skiill berbahasa arab gak?
=> Bagus kalau sudah punya bekal sebelumnya (moon grin)

4. apa materi yg paling sulit menurut kaka?
=> skip

5. kak, apa motivasi kaka ikut sastra arab?
=> skip

sesi 6.
1. kak bagaimana pandangan kaka terhadap orang yg menganggap negatif sastra arab?
=> Biasa saja, tetapi kita buktikan lewat prestasi.
Krn sebagus apapun Universitas, kalau kita tidk mau merubah diri sama saja..

2. kalo s1nya sastra arab, s2nya bisaa ambil jurusan apa kak?
=> Sastra Arab masuk Fakultas Humaniora jadi bisa masuk ke Sosial politik, HI - -
Lulusan angkatanku, ada yg ngambil Kajian islam di Metropiltan University, London, LPDP.✨ LPDP, di UI, Kajian Timur Tengah UI dan UGM, Linguistik, s2 Pertahanan Negara.. Dll masing2. Hhee

3. dosennya ada yg diimpor dari arab gak?
=> Kalau utk saat ini blm ada, semalam sudah di jawab soal no.3.

4. ada ga temen sekelas yg bukan org indonesia ?
=> Belum ada,

5. event yang biasa diikuti apa kak?
=> MTQ UI, Festival Kebudayaan di ASIA dan Eropa ( ini BSO jurusan, temen2 bisa check di IG @rampoeUGM ), ~

sesi 7
1. belajar sastra arab diaplikasikannya buat apaa aja kak dalam kehidupan? apa kaya sastra lainnya?
=> Pengaplikasiaannya lebih ke sosial, di mata masyarakat lulusan sastra Arab di anggap Ustad/Ustadah. Yg beragama Islam, sgt berguna bgt.
Tetapi, slm sudah sy bilang kalau ada di antara kita yg non-muslim.

2. Keseruan di Sastra Arab UGM apa aja, kak?
=> Serunya, kita bisa mengeluarkan apa yg kita bisa disana, banyak hal baru kalau sebelumnya blm pernah bljr S.Arab.

3. sastra arab bisa jadi tour guide di indo ga kak?
=> Bisa banget, dr jurusan biasanya menawarkan kalau ada kesempatan buat jadi guide.

4. Ada beasiswa ke luar negri gak, kak? Kalau ada,
=> Utk beasiswa temen2 harus kreatif yaa, mau ngambil di mana gt, InsyaAllah dr jurusan dan fakultas mendukung dg berkonsultasi seblmnya. Saat ini S.Arab Ugm sdh bekerjasma dg 6 Univ luar negeri. Student Exchange setiap tahun ada dri Univ Qanat Suez, Mesir.

5. akreditasi jurusan s.arab UGM apa kak?
=> Alhamdulillah, A.

sesi 8
1. Kak, saat sidang skripsi apakah memakai bahasa Arab?
=> Full Arab.

2. Kenapa kakak memilih Sastra Arab di UGM? Bukan langsung di Universitas semisal LIPIA?
=> Karena UGM slh satu dr Universitas terbaik, dan S. Arab UGM juga sdh berakreditasi A. Dulu sy daftar UGM dan UI. Kalau UI utk membangun jaringan bagus, utk UGM bisa Fleksibel bgt.

3. kak sastra arab bisa kerja dikementrian luar negeri/diplomat/dubes gitu gak?
=> Bisa. Justru lulusan s.Arab ugm disarankan ke sana, soalnya lulusan UGM banyak membantu di bidang pemerintahan, bgtu juga UI.

4. Pergaulan di jurusan Sastra Arab UGM bagaimana, kak?
=> Bagus, dr siswa dan dosen. Lingkungan Fakultas utk belajar, dn organisasi nyaman.

5. Kakak sudah menguasai bahasa apa saja selain bahasa arab?
=> Jawa, Indonesia sudah pasti ya (moon wink)..
Arab, Inggris, jepang sedkit perancis, Parsi, Tirki, Italy, Mandarin karena di Fakultas kita biaa ambil matkul selain S.Arab. Kelas korea, Jg ada.

sesi 9
1. Apakah seni-seni dari Arab dipelajari juga, kak?
=> Iya, trik dan cara membuat Syi'ir dan dilagukan.

2. Kalau yang pinter mengaji, peluang mempelajari Sastra Arab lebih mudah ga, kak? Atau gimana?
=> sudh bisa baca tulisan arab (mengaji) artinya tinggal mempelajti struktur kalimat dan perubahan kata dlm bahasa Arab.

3. Lama studi paling cepat di jurusan Sastra Arab berapa tahun kak?
=> 3 tahun, 2 bulan.

4. Jurusan sastra arab ada di universitas mana aja ya, kak?
=> semua Universtas Islam Negeri, UI, UGM, UMY, selebihnya temen2 cari di Internet yaa

5. Di jurusan Sastra Arab UGM ada ospek jurusan gak, kak? Kalo ada, kegiatannya bagaimana dan berapa lama?
=> Ada, pembekalan mengenai jurusan s.arab, kepemimpinan. Skrg lebih kepada pemberian pengetahuan dan pelatihan. Gak sampai satu minggu

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

CLOSED.

1 Komentar untuk "Review Jurusan Sastra Arab UGM"

  1. Kak kalau gatau bahasa arab sama sekali kira-kira bisa lolos seleksi gak ya?

    BalasHapus
Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel