iklan header

Ikuti langkah-langkah Ini, Niscaya Anda Sukses Saat Kuliah Dan Menyusun Skripsi!

Pada artikel ini, saya akan mencoba membagikan Trik dan tips untuk Anda  agar dapat memaksimalkan waktu kuliah dengan sebaik mungkin dan dimanfaatkan dengan mengikuti banyak kegiatan dan Skripsi anda tetap lancar.



Baik tentang bagaimana cara mengatur waktu kuliah, kegiatan-kegiatan di luar akademik, tetap ikut banyak kegiatan dan skripsi anda pun tetap lancar.

Mudah-mudahan trik dan tips pada artikel ini bermanfaat, bila ada perbedaan pendapat maka mohon sikapi dengan baik. 

Tips pertama adalah buatlah jadwal kegiatan sehari-hari, Menurut saya kunci untuk mengatur waktu adalah membuat kegiatan sehari-hari, tujuannya ialah agar kia tahu kegiatan hari ini apa saja yang harus dilakukan misalnya jam 8 kita harus pergi ke kampus, maka anda bisa mengatur waktu kapan anda harus bangun tidur, kapan makan pagi, kapan mandi serta jam berapa anda sudah harus berada di kampus. Sebelum tidur pada malam harinya, maka anda harus sudah memikirkan kegiatan keesokan harinya dan saat itulah waktu yang tepat membuat rundown kegiatan anda.

Kedua, lawanlah rasa malas, niat adalah kunci terpenting untuk menyukseskan tips yang pertama. Jika anda malas dan menunda-nunda suatu pekerjaan maka jadwal yang sudah anda buat sedemikian rupa akan berujung pada penumpukan tugas, dan akhirnya anda akan menyerah dan mengerjakan seadanya karena malas.

Kuatkan diri kamu! jangan tergoda oleh rasa malas dan godaan lainnya!  ketika rasa malas pada diri anda datang, maka teriakkanlah semangat pada diri anda bahwa anda bisa.

Ketiga, jangan biarkan hal buruk menggerogoti pikiran anda, berpikir positif itu penting. Jangan buat diri kalian down, terus penuhilah pikiran anda dengan kalimat-kalimat positif.  Ketika anda lelah dan letih, istirahatlah, tenangkan pikiran, tapi jangan terus-terusan rebahan.

Keempat, buat target. Tentukan tenggat waktu dan waktu pelaksanaan target anda tercapai atau terlaksana.

Jika hal yang sudah anda targetkan belum tercapai, maka ubah lagi dan kajilah kembali. Kemudian pikirkan kapan anda mampu merealisasikan target-target tersebut. Jangan kecewa apabila target tidak sesuai ekspektasi, tetapi koreksilah diri lagi, mengapa target tersebut tidak tercapai.

Faktor eksternal atau eksternal? Misalnya faktor eksternal, dosen pembimbing anda sedang ada kegiatan ke luar kota, apabila karena faktor internal, mungkin anda kurang berusaha, kurang berdoa atau hal lain yang dan anda harus bisa mengatasi hal itu.

Kelima, sering-seringlah berkumpul dengan teman-teman yang memiliki semangat tinggi, ambisius, yang membuat anda menjadi semangat.  Ada di lingkungan yang baik akan berpengaruh untuk diri anda, anda bisa memilih tinggal di sana dan bahkan bisa menjadi rumah untuk mereka supaya punya semangat yang tinggi.

Keenam, cari tempat ternyaman dan kenali diri anda.
Biasanya tempat ternyaman adalah di luar rumah karena di dalam rumah banyak sekali godaan seperti ingin rebahan terus, jadi anda bisa mencari tempat-tempat yang nyaman di luar.

Kenali juga apakah anda lebih nyaman mengerjakan skripsi berkelompok atau sendiri, dan juga lebih nyaman mengerjakan skripsinya pagi, siang atau malam.

Ketujuh, Self rewards!
Berilah reward pada diri anda setelah selesai mengerjakan revisian, setelah selesai bimbingan atau target-target anda telah tercapai. Reward yang sederhana saja, misalnya keliling mall sendiri dan membeli makanan kesukaan. Carilah self reward yang membuat anda senang.

Kedelapan, Bangunlah relasi dengan kakak tingkat.
Selama kuliah, kenali lingkungan kalian, kenali kaka tingkat dan bangun relasi, karena kenal kakak tingkat membantu anda ketika skripsian. Karena terkadang ada beberapa dosen yang karakter saat mengajar dan saat membimbing skripsi berbeda.

Cobalah diskusi masalah skripsi ke kakak tingkat dan seringlah ke perpustakaan untuk melihat skripsi kakak tingkat yang sudah lulus duluan, atau cari referensi skripsi yang memiliki tema yang sama dengan anda.

Selain itu manfaatkanlah waktu kuliah kalian sebaik mungkin, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kampus, dan pengalaman sebaik-baiknya. Ikut UKM, organisasi, cari beasiswa, kepanitiaan, lomba-lomba, voluteer, dan kegiatan di luar kampus yang membuat kalian senang. Dan aturlah dengan sebaik-baiknya, jangan lupa selesaikan tugas kuliah tepat waktu. Perbanyak relasi dari berbagai jurusan kampus dan luar kampus. Jangan sia-siakan masa kuliah.

Ciptakanlah masa kuliahmu setulus mungkin, sebaik mungkin, nikmati setiap prosesnya, nikmati setiap langkah yang kamu ambil. Terus berjuang, jaga kesehatan, jangan lupa berdoa dan minta maaf kepada orang tua atau teman-teman agar aktivitas kalian lancar.

Jangan lupa mendoakan dosen pembimbing setelah ibadah atau sholat lengkap dengan nama beliau dan doa-doa baik seperti sehat selalu, dimudahkan segala urusannya, In shaa Allah berpengaruh.

Tetap Semangat!!!

Belum ada Komentar untuk "Ikuti langkah-langkah Ini, Niscaya Anda Sukses Saat Kuliah Dan Menyusun Skripsi!"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel