iklan header

Tips Jitu Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Banyak sekali mahasiswa yang salah jurusan, bahkan berdasarkan data youth manual, mereka menunjukkan terdapat 90% mahasiswa yang merasa salah jurusan.



Langsung saja saya akan menjabarkan tips-tips untuk memilih jurusan :

  1. Pertama, kamu haruslah suka apa yang akan anda pelajari.
    Sederhana saja, jika anda sudah menyukai suatu bidang maka anda tidak akan mengeluh saat belajar. bahkan kamu pasti akan lebih semangat dan lebih giat kuliah, tentu saja hal ini akan berpengaruh ke nilai anda, yang akan semakin bagus dibandingkan dengan orang-orang yang tidak semangat kuliah,

    Apalagi kalau kamu memiliki dorongan kuat agar bisa berprestasi dan mengharumkan nama almamater, nah hal ini akan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri, tentunya akan membahagiakan orang tua juga.
  2. Kamu harus mengetahui secara detail apa yang akan kamu pelajari saat kuliah, artinya kamu harus tahu secara rinci mata kuliah apa saja yang ditawarkan atau yang akan kamu ambil saat kamu menempuh program studi, dan biasanya meski jurusannya sama tetapi di tiap universitas terdapat perbedaan kurikulum mata kuliah yang ditawarkan.

    Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, saya memiliki teman yang mengambil jurusan psikologi tetapi dia tidak begitu mengetahui sebenarnya psikologi itu ngapain. Yang pada akhirnya dia mengeluh dan kaget karena dia menemukan mata kuliah statistik dan metode penelitian yang banyak.

    Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk tahu apa saja yang akan kamu pelajari saat sudah kuliah, jangan sampai anda masuk psikologi karena mengira dengan masuk jurusan psikologi kamu bisa membaca pikiran orang dan akhirnya kaget dan tidak suka ketika tau bahwa di jurusan psikologi tidak belajar yang seperti itu.

    Pada intinya Do your research, risetlah terlebih dahulu. Di internet telah banyak website yang menyediakan pengetahuan yang kamu butuhkan mengenai jurusan kuliah. 
  3. Setelah tahu, maka cobalah.
    Banyak orang terlalu terburu-buru mencap dirinya menyukai sesuatu, tetapi setelah mencoba belajar lebih dalam, seseorang baru sadar bahwa dia tidak terlalu suka atau tidak suka-suka banget.

    Jadi, kamu harus nyari tau, apa hal yang saat kamu kerjakan, hal tersebut membuat kamu tidak merasa itu sebagai beban. Steve jobs mengatakan bahwa setiap orang harus mengikuti passion mereka. Yang mana passion berasal dari bahasa latin akar katanya "Patio" yang artinya sakit atau menderita.  Kamu kaget bukan?

    Karena kamu harus rela bersakit-sakit untuk belajar dan berkarir terus menerus di hal yang memang passion kamu. Hal yang orang lain tidak suka dan merasakan sakit, yang orang lain pikirkan hal itu malesin, hal yang orang lain pikir ialah beban, malah kamu rasakan sebuah kebahagiaan atau kenikmatan karena hal tersebut adalah passion anda.

    Apabila kamu tak rela dan tak ikhlas, ya maka akan menjadi beban. Ketika itu terasa menjadi beban, maka berarti tak cocok, berarti hal tersebut bukan passion kamu.

    Maka dapat disipulkan trik untuk menyiasati hal ini ialah :
    Pilihlah bidang yang membuat kamu merasa tertantang, membuat kamu penasaran sampai rela untuk mengulik suatu hal sampai malam hingga tak kenal waktu, meski tak dibayar sedikitpun.
    Pilihlah bidang yang tak usah disuruh pun, kamu akan curi-curi waktu untuk belajar sendiri, atau tanpa sadar mencarinya di google. Jadi Pilihlah jurusan yang memicu "sense of wonder" dalam diri kamu.

    Pilih jurusan yang benar-benar akan jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin kamu tekuni sampai akhir hayat. Ketika kamu sudah menemukan bidang yang membuat kamu merinding dan tertantang, maka tak akan ada lagi pertanyaan "kalau masuk jurusan Z entar kerjanya apa ya prospek gajinya gimana?" "Jurusan ini belajarnya ngapain ya" Jika kamu terus berputar-putar dengan pertanyaan seperti itu, kamu layak khawatir berarti kamu termasuk ke dalam kondisi "Mahasiswa Salah Jurusan"

    Sekian trik-trik dari saya, agar kawan-kawan semua tak salah memilih jurusan dan tidak menyia-nyiakan masa 4 tahun yang sangat berharga. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah "

Posting Komentar

Silakan berikan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel